Daftar 20 Jurusan Kuliah dengan Tingkat Kepuasan Tertinggi Saat Bekerja

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 13 Mar 2021 07:00 WIB
A portrait of an Asian college student on campus Ilustrasi jurusan kuliah. Foto: iStock
Jakarta -

Jurusan kuliah kadang bukan hanya soal minat dan bakat jadi juga pertimbangan masa depan. Beberapa orang merasa kurang puas bahkan menyesal setelah lulus universitas karena merasa salah pilih bidang studi. Bukan hanya karena uang atau kesulitan dalam menjalani profesinya, sebagian juga mengeluhkan kurangnya 'makna' dalam pekerjaan mereka.

Beberapa waktu lalu sebuah penelitian pun dilakukan untuk mengetahui jurusan-jurusan apa saja yang membawa para mahasiswanya kepada pekerjaan dengan kepuasan tertinggi. Studi yang dilakukan Payscale's College Salary Report itu dilakukan di lebih dari seribu sekolah dan mencakup 80% jurusan kuliah. Meski dilakukan di AS, kamu bisa menjadikan daftar 20 jurusan kuliah dengan tingkat kepuasan kerja tertinggi ini sebagai pertimbangan.

20. Jurusan Kinesiologi

Kinesiologi adalah ilmu yang mempelajari gerakan tubuh manusia maupun bukan. Orang yang belajar ilmu tersebut biasanya bekerja di manajemen olahraga, sebagai trainer fitness, atau spesialis olahraga. Berdasarkan studi, tingkat kepuasan lulusannya mencapai 71%.

19. Jurusan Mikrobiologi

71% responden yang belajar Mikrobiologi juga merasa cukup puas dengan jurusan kuliah mereka. Orang-orang yang mempelajari bidang studi ini umumnya bekerja di lab mikrologi, sebagai supervisor atau asisten riset.

18. Jurusan Theologi

Dalam riset lain disebutkan jika Theologi menjadi jurusan yang paling disesali karena pekerjaan mereka dianggap kurang diapresiasi. Namun dalam penelitian ini mereka yang belajar theologi dan jadi pastur atau dosen justru merasakan kepuasaan dalam pilihan mereka.

17. Jurusan Sains Olahraga

Olahraga diketahui menjadi salah satu pereda stres. Tampaknya hal tersebut membuat jurusan sains olahraga menjadi salah satu yang paling bahagia. Umumnya setelah lulus, para mahasiswa berkarier sebagai pelatih pribadi.

16. Jurusan Sains Kesehatan

Masih berhubungan dengan kesehatan, jurusan kuliah ini juga dianggap potensial karena tingkat kepuasaan kerjanya tinggi. Para lulusan biasanya bekerja di bagian promosi kebugaran atau meresepkan atau merencanakan program olahraga.

15. Jurusan Bioteknologi

Meski sering dikeluhkan karena bikin stres tampaknya kebanyakan orang yang lulus dari bioteknologi puas dengan profesi karena gajinya cukup tinggi. Sebanyak 73 responden mengaku senagn dengan pekerjaan mereka.

14. Jurusan Biologi Molekuler

Mereka yang belajar di jurusan ini biasanya bekerja sebagai ahli teknologi di bidang medis atau laboratorium klinis. Meski lapangan kerjanya terbatas, sebanyak 73% lulusan biologi molekuler puas dengan profresinya.

13. Jurusan Administrasi Kesehatan

Sebanyak 73% lulusan Adminstrasi Kesehatan menemukan makna dalam pekerjaan mereka. Setelah lulus dari bidang studi ini, mahasiswa bisa mengejar karier dalam adminstrasi keperawatan, adminstrasi perawatan kesehatan, atau konsultan.

12. Jurusan Teknik Perminyakan

Walau menuntut cara kerja yang tidak biasa, diketahui jika teknik perminyakan bisa menghasilkan penghasilan tidak sedikit. Kebanyakan mereka yang lulus dari jurusan ini akan menjadi insinyur perminyakan.

11. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar

Guru SD bisa menjadi profesi yang melelahkan. Tapi kebanyakan dari mereka puas dan menemukan makna dalam pekerjaan sehari-hari.

10. Jurusan Kesehatan Publik

75% mereka yang memilih jurusan Kesehatan Publik juga merasa bahagia saat bekerja. Umumnhya lulusannya akan bekerja di lingkungan kesehatan, obat, adminstrasi, atau sebagai pekerja pemerintahan untuk membuat kebijakan.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Disesali Beserta Alasannya

9. Jurusan Agama

Orang-orang yang belajar agama atau kitab suci umumnya akan bekerja di bidang pendidikan atau kementerian. Kebanyakan dari mereka pun merasa hidupnya bermakna saat menjalani karier.

8. Ahli Nutrisi

Jurusan yang berhubungan dengan kesehatan tampaknya mendatangkan banyak kepuasan dalam bekerja. 77% lulusan ahli nutrisi menemukan makna dari profesinya yang kebanyakan bekerja sebagai pakar diet.

7. Studi Anak dan Keluarga

Mereka yang belajar ilmu ini biasanya bekerja di bidang edukasi, kesehatan mental, jasa sosial, hingga berurusan dengan lembaga pemasyarakatan khusus anak. Karena itu, kebanyakan mereka merasa pekerjaannya punya tujuan.

6. Pekerja Sosial

Walau tidak selalu dibayar mahal dan cenderung banyak tantangan, para pekerja sosial merasa puas dengan profesinya yang membantu banyak orang. 78% dari responden bekerja di bidang ini merasa demikian.

5. Pelatih Atlet

78% orang yang bekerja sebagai pelatih atlet atau olahraga juga merasakan jika profesinya bermakna. Kamu yang jago olahraga patut mempertimbangkannya.

4. Jurusan Teknik Biomedis

Jurusan teknik lain yang punya tingkat kepuasan tinggi setelah lulus dan bekerja adaalh Teknik Biomedis. Lulusan dari bidang ini umumnya bekerja di fasilitas riset, rumah sakit, dan universitas.

3. Teknologi Medis

Sebanyak 80% lulusan Teknologi Medis yang menjadi responden studi mengaku puas dengan jurusannya. Para ahli teknologi medis ini merasa menemukan panggilan apalagi gajinya juga cukup tinggi.

2. Jurusan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Mengajarkan anak berkebutuhan khusus tak hanya butuh ilmu tapi panggilan dari hati. Mungkin karena itu, kebanyakan mereka yang jadi guru anak spesial menganggap pekerjaaannya punya tujuan tersendiri.

1. Jurusan Keperawatan

Keperawatan menjadi jurusan kuliah dengan tingkat kepuasan kerja paling tinggi yakni 86%. Seperti namanya, para lulusan akan bekerja sebagai perawat yang berjasa dalam membantu orang sakit.

(ami/ami)