10 Jurusan Kuliah dan Profesi yang Akan Semakin Diminati 10 Tahun Lagi

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 23 Mar 2021 18:45 WIB
Divers group of high school of college graduates smiling during the graduation ceremony. They are standing in a row. Foto: iStock
Jakarta -

Jurusan kuliah memang tidak selalu menentukan pekerjaan seseorang setelah lulus universitas. Tapi kebanyakan orang akan menyesuaikan jalan karier mereka dengan bidang studi yang telah dipelajari secara akademis. Karena itu, penting untuk bisa memilih jurusan kuliah yang sesuai minat sekaligus melihat potensinya. Jika kamu sedang mempertimbangkannya, berikut 10 jurusan kuliah yang diprediksi akan semakin banyak dicari di 2021 berdasarkan analisa data dan studi.

1. Akuntansi
Akuntansi memang bukan ilmu yang asing. Namun berdasarkan data dari Biro Statistik Tenaga Kerja, profesi akuntan dan auditor diprediksi akan mengalami peningkatan pencarian sebanyak 6% hingga tahun 2028. Hal tersebut dipengaruhi oleh perubahan ekonomi yang membuat layanan keuangan semakin dibutuhkan.

2. Periklanan
Berdasarkan pasarnya, periklanan diekspektasi akan berkembang pesat 10 tahun ke depan. Karena itu, dibutuhkan talenta-talenta dalam periklanan seiring dengan permintaan yang meningkat. Kamu yang punya ketertarikan di bidang ini bisa mempertimbangkan diri untuk melirik jurusan komunikasi periklanan.

3. Teknik Sipil
Industri teknik sipil juga dikatakan mengalami peningkatan positif sejak 2018 dan diprediksi akan semakin berkembang hingga delapan tahun lagi. Selain talenta-talentanya makin banyak dicari, penghasilan yang diterima juga diketahui tidaklah sedikit. Apa yang dipelajari dalam teknik sipil sendiri umumnya adalah perencanaan pembangunan gedung dan infrastruktur.

4. Sains Komputer
Bukan rahasia lagi jika perkembangan zaman membuat ilmu komputer sangat dibutuhkan. Berdasarkan analisa data, pekerjaan-pekerjaan di bidang desain sistem komputer akan semakin berkembang 10 tahun lagi. Hal ini bisa menjadi referensi kamu yang sedang memilih jurusan kuliah.

5. Manajemen Konstruksi
Disebutkan pula jika karier terkait konstruksi bakal berkembang dan semakin banyak dicari. Menurut Investopedia, beberapa tahun ini pekerjaan konstruksi dan renovasi meningkat sebanyak 14%. Selain berhubungan dengan perancangan gedung, kemampuan untuk menguasai manajemen konstruksi juga diperlukan terutama untuk posisi-posisi senior.

6. Arsitektur Landscape
Tak hanya rumah dan gedung, arsitek juga dibutuhkan untuk merancang landscape. Berdasarkan analisa data, industri ini akan berkembang sebanyak 4% di 2028. Sedangkan penjualan dalam industri arsitektur landscape beberapa tahun ini meningkat sebanyak 14%.

7. Linguistik
Kamu yang memilih atau sedang mempertimbangkan jurusan bahasa bisa mengincar profesi interpreter atau penerjemah. Diprediksi jika profesi tersebut akan meningkat hingga 19% 10 tahun mendatang mengingat globalisasi di berbagai industri kerja. Selain kuliah jurusan bahasa, biasanya pekerjaan ini membutuhkan sertifikasi.

8. Hukum
Jurusan hukum selalu difavoritkan. Tapi kamu tidak harus selalu lulus untuk menjadi pengacara. Dilansir Investopedia, lapangan pekerjaan terkait jasa legal yang dipelajari selama perkuliahan akan meningkat hingga 50 ribu di 2028. Meski begitu, kamu juga perlu mempersiapkan diri untuk mengambil studi lanjutan.

9. Keperawatan
Profesi perawat memang sudah tidak asing lagi. Kamu yang berminat dalam bidang kesehatan bisa mempertimbangkan jurusan tersebut yang dikatakan akan semakin dibutuhkan ke depannya. Selain jalan karier yang sudah jelas, umumnya pekerjaan ini tidak terlalu membutuhkan studi lanjutan.

10. Kesejahteraan Sosial
Jurusan kuliah tak biasa yang diprediksi akan berkembang dalam 10 tahun ke depan adalah kesejahteraan sosial. Untuk bekerja di bidang ini, umumnya akan dicari mereka yang lulus S1. Diprediksi jika profesi dalam industri tersebut bakal berkembang sebanyak 11%.

(ami/ami)