Viral Kisah Penjaga Kantin yang Malah Rajin Sedekah Saat Pendapatan Menurun

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 15 Des 2020 06:00 WIB
Foto: Twitter @dittameliaa Foto: Twitter @dittameliaa
Jakarta -

Pandemi Corona membuat pertumbuhkan ekonomi menurun. Mencari pekerjaan pun semakin sulit. Ditambah lagi dengan ketidakpastian kapan pandemi ini akan berakhir membuat sebagian orang merasa tak memiliki harapan di masa depan.

Saat sebagian dari kita kehilangan harapan dan optimisme, kisah pria berhati tulus ini viral karena menjadi pengingat dan penyemangat di tengah pandemi Corona ini. Cerita yang viral itu dibagikan oleh akun Twitter @dittameliaa. Pemilik akun Twitter tersebut yaitu Ditta Amelia Saraswati membuat thread dengan mengunggah ulang dari Instagram Story @noviangelang, kisah pria bernama Pak Aan.

Dalam unggahan tersebut disebutkan bahwa Pak Aan yang pendapatannya jauh berkurang selama pandemi karena hanya bekerja sebagai penjaga kantin dan berjualan makanan di kantin kantor, malah bersedekah setiap minggu untuk mereka yang membutuhkan.

Wolipop sudah mengkorfimasi kepada Ditta soal unggahannya tentang Pak Aan yang viral ini. Ditta memberikan izin untuk membagikan kisah Pak Aan agar lebih banyak orang yang terinspirasi.

Kisah Andriyan Bima alias Pak Aan yang bersedekah dan menyalurkan bantuan setiap JumatKisah Andriyan Bima alias Pak Aan yang bersedekah dan menyalurkan bantuan setiap Jumat. Foto: Twitter @dittameliaa

"Tadi aku dapat cerita dari @noviangelang di Ig story dia tentang seseorang yang menurutku pantas untuk dibagikan dan mendapat apresiasi lebih. Di saat semua situasi sedang sulit, ternyata masih ada orang baik. Aku sudah ijin Novian untuk membagikan cerita ini ke kalian," begitu tulis Ditta di akunnya @dittameliaa.

Dalam unggahannya itu Ditta juga menuliskan nama Presiden Jokowi. Dia ingin Jokowi mengetahui kisah inspiratif seorang penjaga kantin kantor yang kini tidak bisa berjualan akibat pandemi namun tetap tidak melupakan sesama. Dalam unggahannya Ditta membandingkan sosok Pak Aan dengan mantan Menteri Sosial Juliari Batubara yang kini tersandung kasus korupsi bantuan sosial.

"Dear pak @jokowi, saya mau berbagi sedikit cerita tentang ketulusan tanpa pamrih dari seorang warga bapak yang layak bapak beri penghargaan. Disaat yang berkecukupan merasa kurang dan haus akan kenikmatan. Perkenalkan Andriyan Bima alias Pak Aan. Seorang penjaga kantin di kantor saya. Ayah dari 5 orang anak. Yang kini tidak bisa berjualan lagi di kantor semenjak pandemi," lanjutnya.

Kisah Andriyan Bima alias Pak Aan yang bersedekah dan menyalurkan bantuan setiap JumatKisah Andriyan Bima alias Pak Aan yang bersedekah dan menyalurkan bantuan setiap Jumat Foto: Twitter @dittameliaa

Pak Aan yang tidak bisa berjualan lagi di kantin kantor tetap bersemangat mencari rezeki untuk menafkahi keluarganya. Dia berinisiatif menjual makanannya lewat WhatsApp.

"Selamat pagi pelanggan setia. Makan siang : nasi, empal daging, sayur, kerupuk Rp 25 ribu. Nasi, ayam woku, sayur, kerupuk Rp 25 ribu. Diantar jam 11.30 wib," demikian isi WhatsApp pak Aan yang ditampilkan Ditta dalam threadnya di Twitter.

Pak Aaan tetap berjualan makanan untuk karyawan kantor tempatnya bekerja via WhatsApp. Selain itu, selama pandemi Corona ini, dia juga memutar otak dengan membuat kemasan yang kekinian dengan konsep ricebowl. Sayangnya karena pandemi, karyawan yang bekerja di kantor jumlahnya dibatasi, alhasil, makanan yang dijual Pak Aan kerap tidak habis.

Kisah Andriyan Bima alias Pak Aan yang bersedekah dan menyalurkan bantuan setiap JumatKisah Andriyan Bima alias Pak Aan yang bersedekah dan menyalurkan bantuan setiap Jumat Foto: Twitter @dittameliaa

Dalam thread yang dibagikan Ditta itu juga terungkap Pak Aan hanya bisa menjual 3 - 5 kotak nasi. Dan dia hanya berjualan pada Senin hingga Kamis. Sedangkan di hari Jumat, Pak Aan melakukan hal yang membuat netizen terkagum-kagum saat membaca thread Ditta.

"Setiap Jumat beliau membagikan makanan entah itu gorengan atau kue buat kami di kantor secara Gratis. Dan Jumat ini beliau membawa nasi kuning lengkap beserta add-onnya untuk dimakan bersama di kantor. Masih belum terkejut? Sebentar," begitu Ditta menulis di Twitter yang membuat rasa penasaran.

Apa hal lainnya yang dilakukan Pak Aan yang membuat terkejut? Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Aeshnina, Gadis Pemberani Asal Gresik yang Surati Pemimpin Dunia"
[Gambas:Video 20detik]