Viral Kisah Wanita Yogya Bantu Orang Gangguan Jiwa, Setelahnya Dapat Rezeki

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 01 Jul 2020 11:35 WIB
kris alex Foto Kris saat ditolong oleh Lulu. Foto: Twitter @LuLuMustt.
Yogyakarta -

Sebuah kisah kebaikan yang menghangatkan hati viral di Twitter. Adalah seorang wanita di Yogyakarta dengan nama akun Twitter @LuLuMustt mengunggah postingan dirinya memberikan makanan kepada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang merawat lima anak kucing. Seperti apa cuitannya?

"Udah hampir 2 minggu ini sharing makanan sm orang dg gangguan jiwa yg hidup menggelandang. Dia punya basecamp dg atap pohon bambu di belakang casa grande. Jogja," tulisnya @LuLuMustt, pada Jumat (26/6/2020).

Dalam video yang berdurasi 35 detik itu ia memperlihatkan kondisi tempat orang gangguan tersebut beserta anak kucingnya. Menurut Lulu, pria dengan gangguan jiwa itu tinggal bareng lima ekor kucing di belakang perumahan Casa Grande Yogyakarta, dekat tempat pembuangan sampah.


Lulu menemui pria dengan gangguan jiwa tersebut dengan membawa makanan untuk si pria dan kucingnya. Dia pun menyapa hangat pria tersebut dan kucing-kucingnya.

"Kebetulan hari ini ketemu sm masnya. Fyi, dia tinggal bareng kucing. Ada 5 ekor anak kucing yg setia nemenin mas nya. Jadi kalau lagi berkunjung, selain bawa makanan buat masnya, juga bawa makanan buat anabulnya (anak bulu). Aku gatau kucing ini dibuang atau ditinggal induknya. Positifnya aja, induknya lahirin mereka disini, tapi mungkin ada halangan yang membuat induknya ini ga pulang lagi. Jadi dirawatlah sama masnya," kata wanita bernama lengkap Lu'lu'atul Mustaghfiroh atau biasa dipanggil Lulu itu di akun Twitternya @LuLuMustt.

Wanita berhijab ini pun menjelaskan kondisi pria dengan gangguan jiwa tersebut dengan anak-anak kucingnya sudah dekat dan saling bergantung. "Anabul dan masnya sdh seperti keluarga yg saling bergantung. Masnya mungkin kesepian, dia bahkan rela berbagi makanan yg dia temukan di jalan. Kalau siang Masnya biasanya pergi "bekerja" mencari sesuap nasi untuk dirinya dan anak-anaknya "di rumah". Anabulnya pun bergantung pada masnya sebagai tempatnya berlindung dan mencarikan nafkah. Bahkan mereka dengan keterbatasan seperti itu bisa saling menjaga dan melindungi. Masnya ini enggak agresif, jadi jangan takut untuk deketin dia. Dia tidak bicara, cuma ngomong satu huruf," tulis Lulu.

Melalui cuitannya, Lulu juga menyampaikan pesan kepada warga Yogyakarta jika betemu dengan pria gangguan jiwa tersebut, sebaiknya memberi bantuan berupa makanan. "Kadang dia duduk di pinggir jalan. Sekali kamu bantu, langsung menolong 6 nyawa. Semoga masnya dan anabul selalu dilingui Tuhan YME."

kris alexLulu saat menolong ODGJ. Foto: Twitter @LuLuMustt.


Cuitan inspiratif Lulu yang viral ini hingga kini sudah mendapat 10.000 Likes dan 5.400 komentar. Warganet yang membanjiri kolom komentar, ada yang memuji aksi Lulu dan bertanya bagaimana jika ingin memberi bantuan melalui wanita tersebut.

"Wuih...Mantul.... Semoga berkah, bisa istiqomah... Aamiin..." ujar pengguna Twitter Abenk @z_hakim05.

"Mba bantu tf kemanaa yaaaa," tanya akun @yelloweaj.

"mau titip makan buat meng nya," kata akun @kevinJKT48__.

Lulu sendiri selanjutnya juga berkisah dari aksinya memberikan makan pria dengan gangguan jiwa dan kucing-kucingnya tersebut dia merasakan hal tidak terduga. Wanita yang baru merintis bisnis kecap grosir itu mendapatkan rezeki yang tak disangkanya.

kris alexFoto Kris yang ditolong oleh Lulu. Foto: Twitter @LuLuMustt.



"Sedekah adalah koentji. Ada kejadian menarik tepat setelah kemarin saya berbagi makanan dengan ODGJ dan anabul. Aku mau pulang ke arah Kledokan, dekat seturan. Pas banget di lampu merah UPN, handphoneku berdering. Gatau tuh nomer baru. Ragu juga mau angkat takutnya nagih hutang kan. Tapi waktu itu saya angkat telponnya. Singkat cerita orang ybs tanya2 ttg kecap yg aku jual, dan bermaksud beli grosir. Saat itu juga. Langsung ku sambut dong rejeki ini. Saya pulang ambil barang, lalu antar . Kebetulan lokasi dekat stadion maguwoharjo, yang mana ngelewatin lokasi si mas yang tadi. Sambil lewat, aku berbisik, bilang "Makasih ya mas". Karena sebenarnya, bukan aku yang bantu dia. Tapi dia yang bantu aku, bantu mendoakan dengan dibalas rezeki tidak terduga. Di saat yang sama mataku merah, terharu," ujarnya.

Saat dikonfirmasi Wolipop, Lulu mengaku tak mengira bahwa postingannya di Twitter bisa menjadi viral. Dia sebenarnya hanya ingin berbagi pengalamannya saja saat membantu ODGJ dan anak kucing.

"Sebenarnya cerita tentang ini tuh aku nggak kepengen viral atau gimana. Saya ingin berbagi pengalaman saja karena sebelum-sebelumnya saya juga membantu orang tapi nggak diceritain. Yang kemarin mungkin viral karena habis bantuin mas itu terus aku dapat rezeki," ujarnya kepada Wolipop.

kris alexFoto: Twitter @LuLuMustt.


Simak Video "RIP Bob Trending, Kucing yang Bantu Majikannya 'Melawan' Narkoba"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)