Riset dari Sabang hingga Merauke, Anita Tanjung Rilis Buku Pesona Indonesia

Silmia Putri - wolipop Senin, 05 Nov 2018 08:05 WIB
Foto: Silmia Putri/Wolipop
Jakarta - Anita Ratnasari Tanjung, istri pengusaha sukses Chairul Tanjung merilis buku keduanya pada hari Minggu (04/11/2018) di The Westin, Kuningan Jakarta Selatan. Ketua CT Arsa Foundation itu merilis buku terbarunya bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-50.

Sebelumnya Anita sudah lebih dulu menulis tentang kota Solo dalam buku berjudul 'Pesona Solo' pada tahun 2013. Buku keduanya ini lebih kompleks karena ia menggali potensi budaya dan alam dari Sabang hingga Merauke.

Keinginan untuk menulis berawal dari kegiatannya di CT Arsa Foundation. Anita mengunjungi berbagai daerah di Indonesia mulai dari Sumatera hingga Papua untuk melakukan kegiatan sosial. Sayang rasanya jika keindahan yang ia lihat tidak dituangkan ke salam buku.

"Saya melihat potensi alam Indonesia yang luar biasa. Kita menjadi salah satu The Best Archipelago in the world. Di mana kita punya 300 kelompok etnik dan 700 perbedaan bahasa. Dari Sabang sampai Merauke daratannya 1,95 juta km. Itu masih Indonesia," ungkapnya di sela acara perayaan ulang tahun ke-50.

Menyempurnakan buku tersebut, Anita melakukan riset dari Sabang hingga Merauke dalam waktu yang cukup lama. Karena diperlukan data yang kuat untuk menggambarkan keelokan nusantara.

"Saya mencintai, dan karena mencintai akhirnya saya mempelajari. Sesudah mempelajari akhirnya menuangkan dalam sebuah buku yang melukiskan keindahan alam Indonesia yaitu buku Pesona Indonesia," ungkap pendiri Sekolah Unggulan CT Arsa untuk siswa kurang mampu ini.

Melalui buku ini Anita ingin mengajak supaya kita lebih mencintai, menghargai, melestarikan kekayaan alam dan budaya Indonesia. Anita juga ingin merangkul generasi millenials untuk lebih mencintai budaya Indonesia.

"Saya mengajak mereka untuk menjadi volunteer di CT Arsa Foundation. Jadi tidak hanya memberikan materi saja tapi juga tenaga, dan pengalaman. Jadi saya ingin 'Giving is a part of millenials lifestyle', begitu," tutur ibu dua anak ini.

Selain menginspirasi banyak orang. Anita juga mengaku sangat terinspirasi oleh para wanita Indonesia. Ia banyak menemui wanita yang bekerja tanpa pamrih. Semuanya ia tuangkan dalam buku terbitan Gramedia ini.

"Alhamdulillah di 50 tahun ini selesai buku saya. November ini juga tepat 13 tahun usia CT Arsa Foundation. Saya harap CT Arsa ini terus berjalan dengan lancar sampai nantinya akan dilanjutkan oleh anak cucu saya," tutup Anita Tanjung. (sil/ami)