5 Arti Pakai Cincin di Setiap Jari, Jempol sampai Kelingking

Hestianingsih - wolipop Kamis, 17 Jun 2021 05:30 WIB
ilustrasi menikah Ilustrasi cincin. Foto: iStock
Jakarta -

Cincin bukan sekadar perhiasan untuk mempercantik penampilan. Pemakaian cincin juga menyiratkan makna yang ingin diperlihatkan pemiliknya.

Misalnya saja yang paling umum cincin di jari manis. Memakai cincin di jari manis kiri menandakan seseorang sudah bertunangan. Sementara cincin di jari manis kanan adalah simbol status pernikahan.

Tak hanya di jari manis, pemakaian cincin pada masing-masing jari juga mengandung makna tersendiri. Ini penjelasannya seperti dikutip dari Diamonds Factory.

1. Cincin di Kelingking

Close up of an antique gold ring with a large shiny blue gemstone on the soft woman hand placed in the water.Cincin di kelingking. Foto: iStock

Pada abad 19 hingga awal 20-an, populer di kalangan pria memakai cincin di kelingking kiri sebagai status pernikahan. Namun seiring perkembangan zaman pemakaian cincin di kelingking kiri untuk menunjukkan seorang pria sudah menikah sudah jarang dilakukan.

Kini memakai cincin di kelingking kiri lebih sering diasosiasikan dengan mafia. Dalam mitologi Yunani, kelingkin menyimbolkan intuisi, inteligensia dan persuasi.

2. Cincin di Jari Manis

ilustrasi menikahCincin di jari manis. Foto: iStock

Dalam budaya Inggris, cincin di jari manis kiri menandakan seorang wanita sudah terikat pertunangan. Sementara di negara-negara Barat khususnya Amerika Serikat, bisa juga berarti status pernikahan dan pertunangan. Memakai cincin di jari manis kiri juga bisa berarti sebuah ikatan janji, tergantung dari preferensi pemakainya.

Cincin di jari manis juga merupakan simbol pernikahan. Tapi biasanya di budaya Asia atau Timur, cincin yang menandakan seseorang sudah menikah dipakai di jari manis kanan.

Jari manis dalam mitologi Yunani bermakna cinta sejati, kreativitas dan kecantikan.

3. Cincin di Jari Tengah

Close up of an antique gold ring with a large shiny blue gemstone on the soft woman hand placed in the water.Cincin di jari tengah. Foto: iStock

Tidak ada makna tertentu ketika seseorang memakai cincin di jari tengah kiri. Biasanya pemakaian cincin di jari ini hanya untuk memperlihatkan perhiasan dan menarik perhatian.

Namun berdasarkan mitologi Yunani, jari tengah memiliki makna. Jari tengah merupakan simbol tanggung jawab dan keseimbangan.

4. Cincin di Jari Telunjuk

Close up of an antique gold ring with a large shiny blue gemstone on the soft woman hand placed in the water.Cincin di jari telunjuk. Foto: iStock

Jari telunjuk menyimbolkan ambisi, kepemimpinan dan kepercayaan diri. Orang yang memakai cincin di jari telunjuk sering diasosiasikan dengan kaum bangsawan atau kerajaan.

Bagi orang awam, jari telunjuk umumnya dijadikan tempat untuk memasang cincin berdesain unik dan bold. Sebagai sebuah fashion statement saat mengenakan perhiasan.

5. Cincin di Jempol atau Ibu Jari

Close up of an antique gold ring with a large shiny blue gemstone on the soft woman hand placed in the water.Cincin di ibu jari. Foto: iStock

Cincin di ibu jari merupakan simbol status yang biasanya dipakai kalangan elit, orang kaya atau kelas atas. Hal ini disebabkan, cincin untuk ibu jari biasanya lebih besar sehingga diperlukan material logam mulia yang lebih banyak dan berat, yang membuat harganya pun lebih mahal.

Secara mitologi, ibu jari dipercaya sebagai simbol ketekunan, tekad kuat dan penonjolan diri.

Kalau kamu, suka pakai cincin di jari yang mana?

(hst/hst)