Asal Usul Gaun Pengantin Warna Putih Rupanya dari Ratu Victoria

Abu Ubaidillah - wolipop Senin, 03 Mei 2021 11:32 WIB
Young beautiful brunette woman with bouquet posing in a wedding dress Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Sadar nggak sih, kalau gaun pengantin, khususnya yang dikenakan pengantin wanita rupanya kerap menggunakan kain berwarna dominan putih. Meski ada beberapa juga yang menggunakan warna lain.

Dilansir dari Insider, gaun pengantin warna putih telah lama menjadi tren, terutama di negara-negara barat. Tren ini awalnya dimulai dari pernikahan Ratu Victoria dengan Pangeran Albert pada 10 Februari 1840.

Pada hari bahagia mereka, pengantin wanita Kerajaan Inggris tersebut memilih gaun berwarna putih yang dia rancang sendiri. Padahal pada saat itu gaun pengantin kerajaan biasanya berwarna merah.

Bahkan 12 pengiring pengantin Ratu Victoria juga mengenakan pakaian berwarna putih. Perubahan mengejutkan yang diinisiasi Ratu Victoria tersebut telah berpengaruh besar dalam perkembangan dunia fesyen dan pernikahan.

Pada tahun-tahun berikutnya setelah pernikahan kerajaan, gaun pernikahan putih perlahan menjadi tren. Majalah asal Amerika Serikat, Godey's Lady's Book bahkan pada tahun 1849 menyebut gaun pengantin putih harusnya dikenakan selama ini.

Dalam majalah tersebut dikatakan gaun pengantin putih adalah warna yang paling pas karena melambangkan kemurnian dan kepolosan seorang gadis. Selain itu juga melambangkan hati tanpa noda yang ia serahkan kepada mempelai pria.

Namun perlu dicatat, Ratu Victoria bukan satu-satunya pengantin Kerajaan Inggris yang mengenakan warna putih. Pada tahun 1406, Putri Philippa disebut-sebut sebagai yang pertama mengenakannya namun tak menjadi tren dunia di tahun-tahun berikutnya.

Selain gaun, tren pernikahan lain yang masih bertahan hingga kini adalah penggunaan cincin kawin di jari manis saat pernikahan. Cincin kawin dianggap sebagai pengikat janji antara kedua mempelai.

Bagi yang hendak mengikat janji dengan pasangan menggunakan cincin kawin, kamu bisa memilih cincin kawin dari Frank & co. yang telah 25 tahun menghadirkan perhiasan sebagai symbol of love untuk banyak pasangan di Indonesia.

Tidak hanya menghadirkan cincin berlian, Frank & co. juga menghadirkan cincin tunangan berlian (diamond engagement ring) maupun perhiasan wanita lainnya yang dapat diberikan kepada pasangan maupun sebagai hadiah kepada teman yang melangsungkan hari bahagia.



Simak Video "Ini Resep Langgeng Rumah Tangga Roy Marten"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)