Dear Couple, Ini Arti Penting Sematkan Cincin Nikah di Jari Manis

Yudistira Imandiar - wolipop Senin, 26 Apr 2021 14:31 WIB
cincin Foto: Frank & co
Jakarta -

Menyematkan cincin di jari pasangan menjadi salah satu tradisi yang dilakukan di acara pernikahan. Pemberian cincin merupakan tanda pengikat cinta abadi antara dua insan. Cincin nikah umumnya dipasangkan di jari tengah. Ternyata, ada alasan di balik penyematan cincin pernikahan di jari manis.

Melansir The Knot, tradisi memasangkan cincin di jari manis tangan kiri sudah berlangsung sejak zaman Romawi dan Mesir kuno. Ada kepercayaan, jari manis tangan kiri memiliki pembuluh darah yang terhubung dengan jantung. Cincin di jari manis menandakan dua insan yang saling mencinta terikat hingga ke sumber kehidupan mereka.

Meskipun belakangan diketahui faktanya tidak ada pembuluh darah atau saraf di jari manis tangan kiri yang menyambung langsung dengan jantung, namun banyak orang yang masih beranggapan cincin di jari manis merupakan simbol ikatan cinta abadi.

Adapun pilihan jari manis tangan kanan atau kiri yang ingin dipasangkan cincin, sepenuhnya menjadi pilihan mempelai. Tak ada tradisi atau bahkan aturan mutlak ihwal pemilihan tangan kanan atau kiri. Pengantin bisa menentukan tangan mana yang lebih nyaman untuk dipasangkan cincin nikah, agar tak mengganggu saat beraktivitas.

Selain itu, jika pengantin sudah memakai cincin pertunangan di jari manis salah satu tangan maka ada beberapa pilihan untuk memakaikan cincin pernikahan. Mereka bisa memasangnya di jari manis tangan lainnya atau menumpuk kedua cincin di jari yang sama, asalkan tetap merasa nyaman. Pilihan lainnya, pengantin bisa bersepakat untuk melebur cincin tunangan untuk dijadikan satu dengan cincin pernikahan.

Adapun material untuk cincin pernikahan beragam, bisa emas, perak, atau berlian. Masih menurut The Knot, sebagian orang meyakini berlian adalah pilihan terbaik untuk dijadikan cincin nikah. Berlian melambangkan percintaan yang kokoh dan abadi, sesuai dengan karakteristik material berlian yang kuat dan tahan lama. Tapi sesungguhnya material apapun tetap indah untuk dijadikan cincin pernikahan.

Jika kamu bingung mencari cincin untuk pernikahan, cincin Frank & co. merupakan pilihan yang pas untuk kamu jadikan sebagai simbol pengikat cinta. Frank & co. telah 25 tahun memberikan perhiasan sebagai symbol of love untuk banyak pasangan yang telah melewati petualangan cinta mereka.

Cincin dari Frank & co. dapat jadi simbol pernyataan cinta yang tulus setelah melewati perjalanan panjang bersama pasangan.

Tidak hanya menghadirkan cincin berlian, Frank & co. juga menghadirkan cincin tunangan berlian (diamond engagement ring) maupun perhiasan wanita lainnya yang dapat diberikan kepada pasangan maupun sebagai hadiah kepada teman yang melangsungkan hari bahagia.

(mul/ega)