Laporan dari Ningbo

Menyusuri Nantang Old Street di Ningbo, Seolah Masuk ke Zaman China Kuno

Hestianingsih - wolipop Senin, 25 Nov 2019 17:56 WIB
Nantang Old Street di Ningbo. Zhejiang, China. Foto: Hestianingsih/Wolipop Nantang Old Street di Ningbo. Zhejiang, China. Foto: Hestianingsih/Wolipop

Ningbo - Negeri Tirai Bambu punya banyak destinasi wisata yang patut dilirik jika kamu berencana liburan ke tempat berbeda dari biasanya. Jika menurutmu Beijing, Shanghai dan Xi'an sudah cukup mainstream dan ingin mendapatkan pengalaman traveling baru, Kota Ningbo di provinsi Zhejiang mungkin bisa jadi pertimbangan.

Ningbo dikenal sebagai salah satu kota tertua, juga kota perdagangan tempat bernaungnya berbagai perusahaan produsen alat elektronik, tekstil dan peralatan industri. Selain itu kota yang memiliki makna 'Gelombang yang Tenang' ini juga berstatus sebagai kota bersejarah karena memiliki banyak peninggalan dari era 1500-an.

Foto: Hestianingsih/Wolipop


Salah satu 'saksi hidup' perkembangan Ningbo adalah Nantang Old Street, sebuah jalanan kecil yang letaknya tak jauh dari pusat kota. Di tengah bangunan serba modern, Nantang Old Street memang cukup menarik mata pengunjung, karena nuansa tradisional yang cukup kental.

Bangunan di sisi kiri-kanan jalan tetap mempertahankan gaya arsitektur kuno dengan dominasi warna cokelat-merah bata. Banyak pertokoan yang pintu dan dindingnya terbuat dari kayu dan batu bata tanpa semen. Tanpa bermaksud berlebihan, bisa dibilang datang ke Nantang Old Street ini bagaikan memasuki mesin waktu ke ratusan tahun yang lalu.
Foto: Hestianingsih/Wolipop

Meskipun terlihat seperti jalanan kuno, banyak anak muda dan anak kecil yang datang ke sini. Saat Wolipop mengunjungi Nantang Old Street beberapa waktu lalu, terlihat beberapa kelompok anak muda sedang bercengkerama. Ada pula pasangan yang mengajak serta anak-anaknya.

Tempat ini menarik pengunjung lokal maupun turis asing karena menawarkan dagangan yang beragam. Pengunjung bisa menemukan toko-toko yang menjual berbagai makanan tradisional seperti tahu goreng, rice cake, wonton hingga es krim. Ada juga kerajinan dari porselen dan tanah liat.
Foto: Hestianingsih/Wolipop


"Ini semacam tempat untuk jualan makanan lokal dan tradisional. Ada juga toko pernak-pernik. Tempatnya sangat dinamis dan ada pasar malam juga," kata Amber, tour guide dan penterjemah kami selama tur media di Kota Ningbo.

Selain menikmati jajanan tradisional, pengunjung bisa belajar melukis bunga Peony yang merupakan bunga khas China. Bunga ini memiliki makna persahabatan, cinta dan keindahan yang banyak dijadikan seniman sebagai objek lukisan mereka.


Foto: Hestianingsih/Wolipop

Wolipop pun menyempatkan datang ke Ningbo Red Peony International Calligraphy & Painting Museum untuk merasakan pengalaman diajar melukis oleh para seniman senior di sana. Masing-masing diberikan kipas polos berwarna putih sebagai kanvas, lalu perlahan-lahan diberi panduan melukis dengan cat air hingga menghasilkan gambar bunga yang cantik. Setelah selesai, pengunjung bisa membawa pulang hasil karya mereka.
Foto: Hestianingsih/Wolipop
Menyusuri Nantang Old Street di Ningbo, Seolah Masuk ke Zaman China KunoFoto: Hestianingsih/Wolipop

Jika tertarik datang ke sini, Nantang Old Street berlokasi di Chuan Bu Xiang, Haishu, Ningbo. Paling pas berkunjung ke tempat ini setelah kamu mendatangi Tianyige Museum karena letaknya cukup berdekatan. Tianyige Museum merupakan bangunan bersejarah yang menyimpan ratusan ribu buku kuno dari zaman Dinasti Ming.

Simak Video "Kostum Travelling Tim Nigeria Mirip Kostum Black Panther"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)