Dear Pengantin Baru, Hindari Kesalahan Ini Biar Bebas Drama Finansial

Erika Dyah Fitriani - wolipop Senin, 07 Mar 2022 17:05 WIB
Ilustrasi perencanaan keuangan. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Momen pernikahan umumnya dipenuhi dengan hal-hal manis yang membahagiakan. Namun, kehidupan pernikahan setelahnya bisa saja menjadi tantangan tersendiri bagi dua pasangan yang berpadu jadi satu, terutama ketika mengatur urusan finansial.

Saat menikah, sudah sepatutnya kamu dan pasangan siap berbagi segala hal, termasuk soal finansial. Hal ini terbilang sulit bagi beberapa pasangan pengantin baru, mengingat topik keuangan dinilai cukup sensitif dan bisa berpotensi memicu pertengkaran.

Namun bukan berarti urusan finansial tak bisa dikompromikan. Untuk menghindari drama finansial antar pasangan, ada baiknya untuk kamu hindari 5 kesalahan finansial berikut ini yang dilansir dari berbagai sumber.

Tidak Membicarakan Kondisi Keuangan

Komunikasi merupakan kunci langgengnya pasangan. Bicara soal keuangan, ada baiknya komunikasi terkait finansial ini juga dibicarakan sebelum menikah lho.

Dengan membuka komunikasi soal kondisi keuangan, kamu dan pasangan bisa saling mengetahui kondisi keuangan masing-masing dan memetakan strategi keuangan di masa mendatang.

Misalnya, kamu dapat membuat rekening bersama dengan pasangan atau memilih untuk mengelola pendapatan dan pengeluaran masing-masing di rekening di pribadi. Yang terpenting adalah mendiskusikannya dengan baik dan memutuskan cara yang paling nyaman untukmu dan pasangan.

Tidak Transparan

Transparansi atau keterbukaan soal finansial juga penting untuk diperhatikan para pasangan pengantin baru. Transparansi ini bukan berarti pasangan saling mengendalikan keuangan satu sama lain, tapi dimaksudkan agar pasangan saling mengetahui kondisi keuangan masing-masing.

Janganlah sekali-kali berusaha menutupi kondisi keuangan, terlebih jika kamu atau pasangan memiliki hutang. Dengan saling transparan, kamu dan bisa mencari cara pengaturan keuangan yang tepat dan juga saling membangun kepercayaan di kehidupan pernikahan ke depannya.

Tidak Menyiapkan Dana Darurat

Sebagaimana kita tahu, hidup selalu dipenuhi dengan kejutan. Karenanya, jangan sampai kamu dan pasangan tidak menyiapkan dana darurat yang bisa bikin pusing sendiri saat situasi genting terjadi. Sebagai pasangan baru, dana darurat ini harus dibicarakan bersama sejak awal agar kamu dan pasangan bisa memutuskan cara menyisihkan uang yang tepat untuk pos keuangan ini. Tentukan juga kondisi apa saja yang bisa dikategorikan sebagai situasi darurat bagi kamu dan pasangan, misalnya kecelakaan, kehilangan pekerjaan, atau lain sebagainya.

Terlalu Boros

Kebiasaan boros seseorang bisa jadi penyakit dalam urusan finansial, namun hal itu juga dapat memicu pertengkaran di rumah tangga jika tak diantisipasi sejak awal. Agar tidak boros, kamu dan pasangan bisa mulai siapkan anggaran sejak awal dan menentukan anggaran apa saja yang harus diprioritaskan.

Hal boros ini juga bisa terjadi ketika kamu dan pasangan tergoda untuk membeli perabotan rumah baru atau kendaraan baru setelah menikah. Meski tampak menggoda, ada baiknya untuk pertimbangkan kembali keinginan tersebut sembari menghitung kembali keuangan rumah tangga yang kini dimiliki.

Tidak Memiliki Rencana Keuangan

Kesalahan paling gawat yang mungkin terjadi antar pasangan baru adalah tidak memiliki rencana keuangan. Hal ini sebaiknya dihindari karena bisa memicu berbagai masalah di masa mendatang, misalnya kehabisan tabungan atau bahkan terlilit hutang. Karenanya, kamu dan pasangan harus memiliki rencana jangka pendek hingga jangka panjang.

Penasihat keuangan umumnya memberi saran untuk kamu menentukan pos keuangan, mulai dari biaya hidup, tabungan, asuransi, amal, hingga investasi. Namun sesungguhnya, tidak ada cara paling benar dalam menentukan rencana keuangan karena hal ini bisa disesuaikan dengan kondisi para pasangan.

Nah, supaya lebih mudah dan praktis dalam merencanakan keuangan, kamu bisa pakai fitur DANA Goals dari dompet digital DANA. Fitur ini bantu kamu #BebasDrama saat harus menyisihkan dan merencanakan keuangan bersama pasangan.

DANA Bebas Drama.DANA Bebas Drama. Foto: dok. DANA

Selain itu, DANA punya beragam fitur lain yang mempermudah berbagai urusan transaksi digital. Mulai dari banyaknya ragam pilihan metode pembayaran yang bikin transaksi Bebas Ribet, serta transfer dengan gratis biaya admin yang bikin Bebas Bokek. Dengan DANA, kamu juga Bebas Gaptek saat saldo kurang karena bisa gabung cara pembayaran pakai saldo DANA dan Kartu Bank di DANA. Tentunya, transaksi lewat DANA juga bikin Bebas Cemas karena telah dilindungi oleh DANA Protection.

Yuk, mulai ajak pasangan bahas urusan finansial dan buat rencana keuangan bareng DANA. Yuk, download dan pakai DANA yang praktis dan aman biar kamu dan pasangan #BebasDrama finansial.



Simak Video "Dear Bucin, Yuk Kenali 'Toxic Financialship' saat Berpacaran!"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)