ADVERTISEMENT

Simak 5 Tips Kelola Gaji biar Bebas Drama di Akhir Bulan

Nada Zeitalini Arani - wolipop Rabu, 16 Feb 2022 17:22 WIB
Ilustrasi Bebas Drama Finansial Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Akhir bulan memang seringkali membuat hidup penuh dengan drama. Saat teman mengajak hangout ke kafe atau restoran misalnya, dompet yang sudah mulai menipis membuat keinginan tersebut buyar seketika.

Nah, biar akhir bulan tidak banyak drama, ada lho beberapa cara yang bisa dilakukan saat kamu baru saja menerima gaji di awal bulan. Salah satunya adalah dengan mengatur keuangan dan mencatat setiap pengeluaranmu setiap bulannya.

Saat bisa mengatur uang dengan baik maka akan lebih memudahkan hidupmu. Terutama jika sumber keuanganmu hanya berasal dari gaji yang diterima satu kali dalam satu bulan. Maka mengelola keuangan secara detail dan terstruktur adalah cara paling ampuh bikin akhir bulanmu bebas drama karena tidak bisa hangout bersama teman. Berikut tips mengelola uang yang lebih baik untukmu!

1. Buatlah Catatan Anggaran

Banyak orang tidak menganggarkan keuangan karena dianggap proses yang membosankan untuk membuat daftar pengeluaran, menjumlahkan angka, dan memastikan semuanya sesuai. Namun jika kamu kurang bisa mengatur uang maka tidak ada alasan untuk tidak membuat catatan anggaran. Hal ini juga bisa untuk membatasi pengeluaran yang kurang atau tidak diperlukan dan dianggarkan. Misalnya sisa uang dari yang dianggarkan, bisa digunakan untuk menyenangkan diri namun batasi pengeluarannya.

2. Hindari Pinjaman Berulang

Jangan hanya karena pendapatan dan kreditmu memenuhi syarat untuk pinjaman tertentu, maka kamu melakukan pinjaman atau cicilan berulang-ulang setiap bulan. Sebab penyedia pinjaman mungkin hanya mengetahui penghasilanmu dan kewajiban utang yang tercantum dalam laporan kreditmu. Mereka tidak tahu kewajiban lain yang dapat membuatmu telat membayar kredit.

3. Manfaatkan Promo

Untuk mengatur keuangan dan menghemat agar uang di akhir bulan tidak bikin cemas, kamu bisa memanfaatkan diskon, kupon, dan alternatif yang lebih murah.

4. Batasi Penggunaan Kartu Kredit

Kartu kredit adalah musuh terburuk untuk seseorang yang boros. Jika kamu di antaranya, maka mulailah menghindari penggunaan kartu kredit. Tahan keinginan menggunakan kartu kredit untuk membeli barang-barang yang belum mampu kamu beli, terutama barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

5. Rutin Menabung

Menyetorkan uang ke rekening tabungan setiap bulan dapat membantu membangun kebiasaan keuangan yang sehat. Pilihlah tabungan otomatis sehingga uang secara otomatis ditransfer dari rekening giro ke rekening tabungan. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengingat untuk melakukan transfer.

Itulah beberapa tips mengatur keuangan yang bisa kamu lakukan agar tidak mengalami drama di akhir bulan sebelum gajian. Supaya kamu bisa #BebasDrama finansial, kamu juga bisa banget lho pakai aplikasi DANA yang memudahkan setiap transaksi, mulai dari bayar ini itu hingga mengatur uang biar nggak bokek saat akhir bulan.

Ilustrasi Bebas Drama FinansialFoto: Dok. DANA

Dengan pakai DANA, kamu bisa Bebas Ribet sisihkan & rencanakan uang kamu pakai DANA Goals, Bebas Bokek saat transfer karena pakai DANA bebas biaya admin, Bebas Gaptek saat saldo kurang karena bisa gabung cara pembayaran pakai Saldo DANA & Kartu Bank di DANA jadi gak perlu pinjam sana sini, dan tentunya bisa bikin Bebas Cemas juga karena transaksi di DANA dilindungi oleh DANA Protection.

Pasti nggak mau dong batal hangout atau belanja bareng teman karena kehabisan uang di akhir bulan? Yuk buruan download & pakai DANA yang praktis, hemat, canggih & aman. Bikin kamu terhindari dari drama-drama saat bertransaksi, atau #BebasDrama deh pokoknya!

(akd/eny)
Live Breaking News
×
Update Bom Astana Anyar
Update Bom Astana Anyar Selengkapnya