Biar Nggak Seperti Miliarder Tuban, Lakukan 4 Hal Ini Jika Kamu Kaya Mendadak

Tim Beautynesia - wolipop Jumat, 04 Feb 2022 10:33 WIB
Happy young asian woman holding dollar money and throw in the air celebrate happiness dance wealth lottery money rain drop. Winner Success business woman throw cash flow Happy money smiling face Ilustrasi wanita kaya mendadak. Foto: Getty Images/iStockphoto/howtogoto
Jakarta -

Warga kampung miliarder Tuban kembali jadi sorotan. Namun kali ini bukan karena aksi mereka memborong mobil setelah tanah mereka dibeli PT Pertamina.

Beberapa waktu lalu, melansir dari CNN Indonesia, PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP) kilang Grass Root Refinery (GRR) membeli tanah warga Tuban dengan kisaran harga Rp 600 ribu - Rp 800 ribu per meter atas pembebasan lahan dari Pertamina untuk proyek New Grass Root Refinery (NGRR). Terdapat 225 warga yang menerima pembayaran atas pembebasan lahan tersebut. Kegembiraan warga tersebut lantas diekspresikan dengan membeli mobil mewah bersama-sama mulai dari Sport Utility Vehicle (SUV) hingga pikap dan mobil pribadi.

Sayangnya, beberapa warga yang mayoritas berprofesi menjadi petani ini kehilangan mata pencahariannya dan kesulitan untuk mencari pekerjaan. Uang yang telah mereka terima kini habis untuk keperluan membeli tanah dan rumah baru hingga mobil mewah. Salah satu warga pun mengaku uangnya kini tersisa hanya Rp 50 juta dari miliaran rupiah yang telah mereka terima.

Nah agar kamu tidak bernasib seperi para miliader Tuban ini, jika suatu hari nanti kamu kaya mendadak, sebaiknya lakukan empat hal ini:

Alokasi Dana Darurat

Hal terpenting saat kamu tiba-tiba mendapat rejeki tidak terduga adalah siapkan dana darurat untuk jangka waktu yang lebih lama. Dana darurat adalah dana cadangan yang kamu siapkan tanpa tujuan tertentu yang biasanya akan digunakan saat kondisi darurat.

Besarnya dana darurat biasanya enam kali pengeluaran tiap bulan. Sebagai contoh, jika pengeluaranmu setiap bulan adalah Rp 2 juta, maka dana darurat yang kamu siapkan adalah Rp 12 juta.

Nah, jika uang yang kamu dapatkan cukup banyak, kamu juga perlu menyiapkan dana darurat tidak hanya untuk enam bulan saja. Siapkan juga untuk beberapa tahun mendatang. Tinggal dikalikan saja dengan besar pengeluaranmu setiap bulan. Tapi ingat, uang tersebut hanya kamu gunakan untuk keperluan darurat saja, ya!

Investasi Produk Keuangan

Setelah memahami tentang dana darurat, kamu juga perlu memahami tentang investasi produk keuangan. Carilah yang sesuai dengan profil risiko. Pelajari baik-baik produk keuangan yang ingin kamu pilih dan pastinya cari yang terpercaya.

Jangan tergiur dengan investasi abal-abal yang menjanjikan return tinggi. Ada beberapa opsi seperti reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap atau obligasi maupun saham. Cari nilai return yang sesuai dengan profil risiko. Dijamin, uang tersebut akan bekerja untukmu!

Apalagi yang harus dilakukan jika kamu kaya mendadak? KLIK DI SINI untuk mengetahuinya.



Simak Video "Dear Bucin, Yuk Kenali 'Toxic Financialship' saat Berpacaran!"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)