ADVERTISEMENT

10 Cara Menghilangkan Ketombe, Alami dan Gampang Dilakukan di Rumah

Anggi Mayasari - wolipop Selasa, 27 Des 2022 05:00 WIB
Cara menghilangkan ketombe. Foto: Getty Images/iStockphoto/Jay_Zynism Cara menghilangkan ketombe. Foto: Getty Images/iStockphoto/Jay_Zynism
Jakarta -

Ada berbagai cara menghilangkan ketombe, mulai dari sampo obat dan kortikosteroid hingga pengobatan alternatif seperti tea tree oil dan soda kue. Di bawah ini ada cara menghilangkan ketombe secara alami dan mudah dilakukan di rumah.

Ketombe ditandai dengan serpihan kulit putih yang gatal di kulit kepala membuat tidak nyaman dan memalukan untuk dihadapi. Ketombe disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kulit kering, dermatitis seboroik, kepekaan terhadap produk rambut, dan pertumbuhan jenis jamur tertentu yang hidup di kulit kepala.

Meskipun ada banyak produk dijual di toko terdekan yang dirancang untuk mengatasi ketombe, pengobatan alami seringkali sama efektifnya. Apa saja?

Berikut 10 cara menghilangkan ketombe secara alami dengan pengobatan rumahan sederhana:

1. Tea Tree Oil

Secara historis, tea tree oil telah digunakan untuk mengobati penyakit seperti jerawat dan psoriasis. Ini juga terbukti memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang kuat, yang dapat membantu meringankan gejala ketombe.

Seperti dikutip dari Healthline, tea tree oil efektif melawan jenis jamur tertentu yang dapat menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe. Dalam penelitian kepada 126 orang dengan ketombe menggunakan sampo yang mengandung tea tree oil 5% atau plasebo setiap hari. Setelah 4 minggu, tea tree oil mengurangi keparahan gejala hingga 41%

2. Minyak kelapa

Terkenal karena berbagai manfaat kesehatannya, minyak kelapa juga digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan ketombe. Ini dapat bekerja dengan meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah kekeringan, yang dapat memperburuk ketombe.

Menurut beberapa penelitian, minyak kelapa sama efektifnya dengan minyak mineral dalam meningkatkan hidrasi kulit saat dioleskan sebagai pelembab. Penelitian lain menunjukkan bahwa minyak kelapa membantu pengobatan eksim, suatu kondisi kulit yang dapat menyebabkan ketombe.

3. Lidah buaya

Lidah buaya adalah sukulen yang sering ditambahkan ke salep kulit, kosmetik, dan losion. Jika dioleskan ke kulit, lidah buaya dapat membantu merawat kondisi kulit seperti luka bakar, psoriasis, dan luka dingin.

Menurut sebuah ulasan, sifat antibakteri dan antijamur lidah buaya juga dapat melindungi dari ketombe. Demikian pula, beberapa penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa lidah buaya mungkin efektif melawan beberapa spesies jamur dan dapat membantu mengendalikan infeksi jamur tertentu

4. Minimalkan Tingkat Stres

Stres diyakini memengaruhi banyak aspek kesehatan dan kebugaran, memengaruhi segalanya mulai dari kondisi kronis hingga kesehatan mental. Meskipun stres itu sendiri tidak menyebabkan ketombe, hal itu dapat memperburuk gejala seperti kekeringan dan gatal

Tingkat stres tinggi jangka panjang dapat mengubah atau menekan aktivitas sistem kekebalan, yang dapat merusak kemampuan tubuh untuk melawan beberapa infeksi jamur dan kondisi kulit yang menyebabkan ketombe. Faktanya, dalam sebuah penelitian pada 166 orang dengan dermatitis seboroik - salah satu penyebab ketombe yang paling umum - sekitar 28% melaporkan bahwa stres menjadi pemicu gejala dermatitis. Untuk menjaga agar tingkat stres tetap terkendali, kamu bisa mencoba teknik pengurangan stres seperti meditasi, yoga, pernapasan dalam, atau aromaterapi.

5. Cuka sari apel

Cuka sari apel telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan dan sering digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe. Itu karena keasaman cuka dipercaya membantu merangsang pengelupasan sel kulit mati di kulit kepala.

Cuka sari apel juga dikatakan menyeimbangkan pH kulit untuk mengurangi pertumbuhan jamur dan dengan demikian melawan ketombe. Namun, tidak ada penelitian yang mendukung klaim tersebut. Banyak manfaat cuka sari apel untuk ketombe didasarkan pada bukti anekdotal.

Jika kamu ingin mencoba cuka sari apel, tambahkan beberapa sendok makan ke sampomu atau gabungkan dengan minyak esensial dan semprotkan langsung ke rambut kamu.

Cara menghilangkan ketombe dengan aspirin hingga soda kue, KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2