10 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami yang Ampuh dan Cepat

Vina Oktiani - wolipop Minggu, 12 Jan 2020 10:32 WIB
Ilustrasi cara menghilangkan ketombe. Foto: iStock
Jakarta -

Ketombe merupakan salah satu masalah kulit kepala yang sering dialami banyak orang. Ketombe sendiri bisa disebabkan karena banyak faktor, seperti terlalu sering ganti produk sampo atau kurangnya kebersihan.

Terkadang ketombe bisa sangat membandel dan gatal di kepala. Hal itu tentu akan membuat kita merasa tidak nyaman. Ada beberapa cara menghilangkan ketombe yang ampuh dan cepat menggunakan bahan-bahan alami. Salah satunya menggunakan lemon, yang dikenal mengandung anti-bakteri dan anti-jamur.

Oleh karena itu, penggunaan lemon masih digemari untuk menghilangkan ketombe secara alami, ampuh, dan cepat walau cukup rumit untuk diaplikasikan. Namun sekarang ada solusi praktis untuk memperoleh manfaat lemon bagi rambut, yaitu dengan menggunakan sampo HEAD & SHOULDERS LEMON SEGAR.

Presented by Head & ShouldersPresented by Head & Shoulders

HEAD & SHOULDERS LEMON SEGAR merupakan sampo anti ketombe terpercaya yang mengandung ekstrak lemon. Selain ampuh membersihkan ketombe dan minyak dari kulit kepala sejak pertama kali keramas, HEAD & SHOULDERS LEMON SEGAR juga membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Rasakan sensasi kesegaran untuk kulit kepada dengan HEAD & SHOULDERS Lemon Segar, agar ketombe dan gatal tuntas!


Selain lemon, berikut ini terdapat cara-cara lainnya yang jika diikuti secara rutin bisa bantu menghilangkan ketombe:


1. Minyak Tea Tree

Minyak tea tree bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Foto: Thinkstock


Cara menghilangkan ketombe membandel bisa dengan menggunakan bahan alami yaitu minyak tea tree. Minyak esensial ini dikenal memiliki segudang manfaat. Selain dapat mengatasi permasalahan pada kulit, ternyata minyak tea tree juga bisa dijadikan salah satu cara menghilangkan ketombe.

Minyak tea tree mengandung senyawa yang disebut terpinen 4-ol. Senyawa ini memiliki sifat antimikroba yang kuat. Penggunaan terpinen 4-ol dengan konsentrasi tinggi dapat membantu mengurangi ketombe dengan menekan pertumbuhan jamur dan bakteri di kulit kepala. Cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan minyak tea tree cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan beberapa tetes minyak esensial tea tree pada sampo yang akan digunakan. Jangan mengoleskan minyak tea tree secara langsung di kulit kepala karena justru dapat menyebabkan iritasi dan peradangan.

2. Minyak Serai

Minyak serai bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe secara alami. Foto: iStock


Cara menghilangkan ketombe secara alami adalah menggunakan minyak serai. Sejak dulu, minyak serai memang banyak digunakan sebagai pengobatan, seperti untuk darah rendah dan menghilangkan stress. Minyak serai memiliki kandungan anti bakteri dan anti peradangan sehingga sangat baik untuk dijadikan salah satu cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami.

Cara menghilangkan ketombe menggunakan minyak serai adalah dengan mencampurkan beberapa tetes minyak serai pada air atau shampoo yang akan dipakai. Sama seperti minyak tea tree, penggunaan minyak serai secara langsung di kulit kepala dapat menyebabkan iritasi atau alergi. Cara menghilangkan ketombe dengan minyak serai ini bisa mengurangi ketombe hingga 81% selama dua minggu.

3. Lidah Buaya

Cara menghilangkan ketombe membandel secara alami bisa dengan lidah buaya. Foto: iStock


Cara menghilangkan ketombe membandel secara alami dan permanen selanjutnya adalah dengan menggunakan gel lidah buaya. Gel lidah buaya terkenal memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk menghilangkan ketombe. Gel lidah buaya terkenal akan kemampuannya untuk menyembuhkan.

Gel lidah buaya memiliki kandungan asam amino dan antioksidan yang dapat mengurangi ketombe. Selain itu, gel lidah buaya juga memiliki kandungan anti jamur dan dapat menyembuhkan peradangan sehingga sangat cocok untuk dijadikan salah satu cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami. Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya tergolong aman karena bisa langsung dioleskan ke kulit kepala tanpa menyebabkan iritasi atau peradangan.

4. Cuka

Cara menghilangkan ketombe membandel bisa dengan cuka. Foto: Thinkstock


Cara menghilangkan ketombe membandel selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka. Cuka dikenal dapat membantu merawat kulit yang gatal dan kering, serta dapat membantu membunuh jamur. Cara menghilangkan ketombe menggunakan cuka dianggap cukup ampuh untuk membunuh bakteri penyebab ketombe. Cuka memiliki kandungan asam yang sangat bermanfaat untuk mengurangi pengelupasan secara drastis. Cara menghilangkan ketombe menggunakan cuka dapat dilakukan dengan mencampurkan air dan cuka dengan kadar yang sama yaitu 1:1. Oleskan pada kulit kepala dan diamkan sekitar setengah jam lalu cuci hingga bersih.

5. Baking Soda

Baking soda bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Foto: iStock


Baking soda dapat dijadikan salah satu cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami. Baking soda bertindak sebagai scrub yang dapat mengeksfoliasi kulit mati di kulit kepala tanpa menyebabkan iritasi. Eksfoliasi adalah salah satu cara untuk membuat ketombe semakin tersamarkan dan menghilang. Selain itu baking soda juga mengandung anti jamur, dapat melembutkan, dan mengurangi kemerahan pada kulit kepala. Cara menghilangkan ketombe dengan baking soda atau soda kue sangatlah mudah yaitu cukup dengan mencampurkannya pada shampoo yang akan dipakai. Cara mengilangkan ketombe ini bisa lebih efektif jika kamu rutin menggunakannya.

6. Bawang Putih

Bawang putih bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe secara alami. Foto: iStock


Bau yang ditimbulkan dari bawang putih mungkin akan sedikit mengganggu tapi cara menghilangkan ketombe menggunakan bawang putih cukup ampuh dan efektif. Bawang putih memiliki kandungan anti jamur yang dapat membunuh bakteri penyebab ketombe. Cara menghilangkan ketombe menggunakan bawang putih adalah dengan mengambil beberapa siung bawang putih lalu campurkan dengan air dan oleskan pada kulit kepala. Cara menghilangkan ketombe dengan bawang putih ini bisa juga dicampur madu atau jahe.

7. Garam

Bahan alami lainnya untuk menghilangkan ketombe adalah garam. Foto: iStock


Cara menghilangkan ketombe membandel secara alami selanjutnya adalah dengan garam. Garam dapat bertindak sebagai eksfoliasi yang mengangkat sel-sel kulit mati. Cara menghilangkan ketombe dengan garam cukup ampuhn jika kamu melakukannya secara rutin. Cara menghilangkan ketombe dengan garam cukup mudah, yang kamu perlukan hanyalah garam dan shampoo. Langkah pertama pijat kulit kepalamu menggunakan beberapa sendok garam untuk menghilangkan ketombe. Setelahnya aplikasikan shampoo dan cuci kulit kepalamu hingga bersih.

8. Lemon

Gunakan perasan air lemon atau jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe secara alami. Foto: iStock


Lemon dapat dijadikan salah satu cara menghilangkan ketombe. Lemon kaya akan antioksidan, vitamin esensial, dan asam citric. Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, lemon juga dipercaya bisa menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe. Lemon dapat mengurangi minyak pada kulit kepala dan memperkuat akar rambut, sehingga lemon juga bisa dijadikan solusi bagi pemilik rambut rontok. Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis atau lemon dapat dilakukan dengan mengaplikasikan secara langsung air perasannya ke kulit kepala atau bisa juga dengan mencampurkannya dengan minyak kelapa dan gula.

9. Baby Oil

Baby oil bisa jadi salah satu bahan untuk menghilangkan ketombe secara alami. Foto: iStock


Baby oil dapat digunakan untuk berbagai masalah kulit, salah satunya masalah kulit kepala yang bisa menyebabkan ketombe. Melembabkan kulit kepala dapat membuatnya terhindar dari kekeringan dan masalah ketombe. Cara menghilangkan ketombe dengan baby oil adalah mengoleskannya secara langsung ke kulit dan akar rambut. Setelah didiamkan beberapa menit, bilas hingga bersih.

10. Daun Sirsak

Daun sirsak bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe. Foto: Thinkstock


Kandungan Acetogenin yang terdapat dalam daun sirsak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk mengatasi ketombe membandel dan gatal. Acetogenin merupakan kumpulan senyawa aktif yang dapat membunuh racun di dalam tubuh. Cara menghilangkan ketombe menggunakan daun sirsak adalah dengan menumbuk daun sirsak sampai halus lalu tambahkan sedikit air. Gunakan campuran tersebut sebagai masker untuk rambut. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air sampai bersih.

Demikianlah 10 cara menghilangkan ketombe menggunakan bahan-bahan alami. Lamanya proses hingga ketombemu hilang tergantung pada tingkat keparahan yang kamu alami. Namun jika merasa telah mencoba semua cara menghilangkan ketombe di atas tapi tidak juga berhasil , maka kamu bisa langsung menemui dokter agar masalah ketombe cepat selesai.



Simak Video "Tradisi Nimung Rame, Bentuk Syukur Masyarakat di Pulau Sumbawa "
[Gambas:Video 20detik]
(vio/hst)