9 Cara Menghilangkan Ketombe, Aman dan Mudah Dilakukan di Rumah

Anggi Mayasari - wolipop Selasa, 12 Apr 2022 13:45 WIB
Cara menghilangkan ketombe. Foto: Getty Images/iStockphoto/champja Cara menghilangkan ketombe. Foto: Getty Images/iStockphoto/champja
Jakarta -

Ketombe bisa menjadi masalah yang mengganggu. Bagaimana cara menghilangkan ketombe? Di bawah ini, beberapa tips dan trik tentang cara menghilangkan ketombe dengan mudah

Ketombe disebabkan oleh jamur yang disebut malassezia. Seperti dikutip dari The Cut, menurut Dr. Zenovia Gabriel dari Zena Medical, Malassezia hidup secara alami di kulit bagi banyak orang, tetapi pertumbuhan berlebih atau ketidakseimbangan jamur menyebabkan ketombe.

Tubuh terus-menerus melepaskan sel-sel kulit mati, tetapi peningkatan malassezia memicu tubuh untuk memproduksi dan melepaskan sel-sel kulit lebih cepat dan pada tingkat yang merugikan. Pertumbuhan berlebih Malassezia dapat disebabkan oleh banyak hal termasuk usia, hormon, atau stres.

Ketombe yang muncul sebagai serpihan putih, adalah bentuk dermatitis seboroik yang ringan dan umum. Jadi, bagaimana cara kamu menghilangkan ketombe?

Berikut ini cara menghilangkan ketombe yang mudah dilakukan di rumah:

1. Ubah Pola Makan

Menurut Dr. Macrene Alexiades-Armenakas, dokter kulit yang berbasis di New York, nutrisi yang buruk dapat menyebabkan ketombe. "Makanan tinggi karbohidrat dapat menyebabkan penumpukan glikogen di kulit.Meskipun ada sedikit data, makanan yang sama yang memicu jerawat dapat memperburuk ketombe."

Makanan manis dan susu merangsang kelenjar sebaceous, yang menghasilkan lebih banyak minyak pada kulit. Salah satu cara menghilangkan ketombe mungkin kamu perlu mencoba mengurangi karbohidrat dan gula.

2. Cuci Rambut Lebih Sering

Cara menghilangkan ketombe yang bisa dilakukan di rumah dengan mudah adalah dengan mencuci rambut lebih sering. Minyak dan sel kulit mati semakin menumpuk sebagai akibat dari jarangnya mencuci rambut. Orang yang rentan terhadap ketombe atau dermatitis seboroik harus secara teratur mencuci rambut beberapa kali seminggu minimal untuk mengurangi penumpukan.

3. Eksfoliasi Kulit Kepala

Eksfoliasi kulit kepala biasanya menghilangkan kulit mati dengan sedikit asam salisilat. Ini sangat membantu dalam menghancurkan sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala dan menyebabkan pengelupasan. Dr. Gabriel merekomendasikan untuk menggunakan scrub pengelupasan rambut pada rambut yang basah dan dikeramas dua kali seminggu.

4. Gunakan Shampo Khusus

Sampo khusus ketombe dipercaya sebagai cara paling efektif dan tercepat untuk menghilangkan ketombe. Ini juga mudah dijumpai di toko-toko yang mengandung seng atau belerang.

"Sampo dengan asam salisilat sudah cukup. Jika kamu mengalami kemerahan dan iritasi, cobalah yang mengandung zinc pyrithione, ketoconazole dan selenium sulfide," ungkap Dr. Weiser.

5. Gunakan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel bisa digunakan sebagai obat rumahan untuk menghilangkan ketombe. Cuka sari apel memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi untuk menurunkan tingkat ragi pada kulit dan menenangkan peradangan. Kamu bisa menggabungkan setengah cangkir cuka sari apel dengan satu setengah cangkir air dingin. Tuangkan campuran ke rambut di kamar mandi setelah keramas dan bilas.

Cara menghilangkan ketombe, bisa dengan minyak kelapa. KLIK HALAMAN SELANJUTNYA untuk caranya.

Selanjutnya
Halaman
1 2