6 Perawatan Rambut Rontok dan Ketombe Secara Alami

Lukita Wardhani - wolipop Jumat, 03 Des 2021 09:15 WIB
Asian woman hair having problem with dandruff hand itching her dry skin on head Perawatan rambut rontok dan ketombe. Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur
Jakarta -

Ketombe dan rambut rontok adalah masalah paling umum yang dihadapi wanita ataupun pria. Bagaimana perawatan rambut rontok dan ketombe?

Ketombe adalah kondisi umum yang menyebabkan kulit terkelupas di kulit kepala kamu. Kulit ini sering rontok, meninggalkan serpihan putih. Ketombe umumnya terjadi karena kulit kering dan teriritasi.

Dalam kebanyakan kasus, ketombe tidak secara langsung menyebabkan rambut rontok. Namun, rasa gatal yang ditimbulkannya dapat menyebabkan garukan. Ini dapat melukai folikel rambut kamu, yang menyebabkan kerontokan rambut, meskipun bukan kebotakan total. Namun, jika didiagnosis dengan benar, kamu dapat mengontrol ketombe dan rambut rontok dengan pengobatan yang alami.

Berikut cara perawatan rambut rontok dan ketombe secara alami:

1. Teh Hijau

Khasiat Teh Hijau, Menangkal Virus Corona Hingga Sehatkan JantungPerawatan rambut rontok dan ketombe alami dengan teh hijau Foto: Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis

Seduh secangkir teh hijau dan campurkan 2-3 tetes minyak esensial peppermint. Tambahkan satu sendok teh cuka putih ke dalam campuran dan biarkan dingin. Basahi rambut kamu di bawah air mengalir, tuangkan campuran teh hijau dan pepermint tadi ke rambut. Pijat ke kulit kepala selama sekitar lima menit, sebelum membilasnya dengan shampo dan kondisioner ringan. Teh hijau memiliki banyak manfaat untuk perawatan rambut

2. Daun Mimba

Seduh dua genggam daun mimba dalam 4-5 gelas air panas. Biarkan semalaman. Keesokan paginya, saring cairan tersebut dan gunakan untuk membilas rambut kamu. Oleskan ke kulit kepala kamu dan biarkan selama sekitar satu jam sebelum membilasnya dengan air.

3. Jus Lemon

yellow lemonPerawatan rambut rontok dan ketombe dengan jus lemon Foto: Getty Images/iStockphoto/phongsathon Uengamphon

Pijat dua sendok makan jus lemon segar ke kulit kepala kamu dan biarkan selama satu menit. Campurkan satu sendok teh jus lemon ke dalam satu cangkir air dan bilas rambut kamu dengan itu. Lakukan perawatan rambut rontok dan ketombe ini tepat sebelum mandi setiap hari untuk hasil terbaik.

4. Masker Telur

Telur kaya akan protein yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Pisahkan satu putih telur dalam mangkuk dan tambahkan satu sendok teh minyak zaitun dan madu. Kocok untuk membuat pasta dan oleskan dari akar ke ujung rambut. Setelah 20 menit, bilas dengan shampo. Masker telur adalah cara yang bagus untuk memberikan kilau alami pada rambut kamu.

5. Masker Teh Hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan, yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut. Rendam 2-3 teh celup dalam satu-dua cangkir air panas tergantung pada panjang rambut kamu. Saat dingin, tuangkan air rendaman teh hijau ini ke kulit kepala dan rambut, sambil memijat dengan lembut. Bilas dengan air dingin setelah satu jam.

6. Masker Jus Bawang

Jus bawang meningkatkan pertumbuhan dan mengontrol kerontokan rambut. Untuk mengekstrak jus bawang, giling bawang dan kemudian peras jusnya. Celupkan bola kapas ke dalam jus bawang dan oleskan ke kulit kepala kamu. Biarkan selama 20 hingga 30 menit lalu bilas menggunakan air dan shampo. '

Selain dengan bahan alami seperti di atas, perawatan rambut rontok dan ketombe yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengelola stres. Meskipun tidak secara langsung menyebabkan ketombe, stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dari waktu ke waktu. Hal ini dapat membuat kulit kepala lebih sensitif terhadap jamur malassezia yang terjadi secara alami.

Cobalah untuk mengelola stres kamu dengan mempraktikkan teknik relaksasi, seperti yoga atau meditasi. Bahkan berjalan-jalan di sekitar rumah atau melakukan pernapasan terkontrol selama satu atau dua menit, juga dapat membantu.

Kamu juga bisa menghindari produk rambut yang mengiritasi seperti pewarna rambut dan produk lainnya mengandung bahan yang dapat mengiritasi kulit sensitif. Hal ini dapat menyebabkan dermatitis. Pengawet dan wewangian adalah penyebab umum dermatitis kontak pada kulit kepala kamu.

Itulah berbagai perawatan rambut rontok dan ketombe secara alami. Jika ketombe tidak juga hilang dan membuat rambut rontok parah, sebaiknya datangi ahli atau dokter kulit untuk pengobatan terbaik.



Simak Video "Pangeran Harry Takut Bawa Anak-anaknya ke Inggris, Ada Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)