8 Bahan Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat, Diakui Dokter Kulit

Hestianingsih - wolipop Jumat, 08 Jan 2021 05:30 WIB
Skin Problems : Asian woman covering pimple scars and acne with powder foundation Ilustrasi menghilangkan bekas jerawat. Foto: iStock
Jakarta -

Bahan skincare tertentu dipercaya efektif untuk menghilangkan bekas jerawat. Baik itu bekas jerawat kemerahan, kehitaman atau bertekstur.

Meskipun tidak bisa hilang seratus persen dan butuh waktu tidak sebentar, bahan-bahan aktif di dalam skincare ini bisa membantu mengurangi penampakan bekas jerawat yang mengganggu. Asalkan digunakan dengan cara yang tepat dan bijak.

"Bekas dan warna tidak merata terjadi akibat cedera pada kulit, dan dalam kasus jerawat, cedera ini berkaitan dengan produksi minyak berlebih, peradangan dan bakteri," jelas dokter spesialis kulit Marisa Garshick, seperti dikutip dari Allure.

Saat kulit berusaha memperbaiki diri dari cedera tersebut, biasanya akan meninggalkan bekas seperti pigmentasi berwarna merah, pink, kecokelatan atau kehitaman. Terkadang juga menimbulkan jaringan parut atau bopeng, tergantung dari keparahan jerawat dan jenis kulit.

Nah, menghilangkan atau setidaknya meminimalisir bekas jerawat, diperlukan perawatan rutin dan berkelanjutan dengan bahan-bahan yang tepat. Berikut ini bahan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang direkomendasikan dokter kulit.

1. Salicylic Acid

Salicylic acid merupakan salah satu bahan aktif yang diunggulkan untuk membasmi jerawat. Kemampuannya mengelupas sel kulit mati juga bisa membantu menghilangkan bekas jerawat.

"Salicylic acid membantu menyingkirkan sel kulit mati dan mendorong terbentuknya sel kulit baru, memperbaiki rona kulit dan tekstur yang berkaitan dengan bekas jerawat," jelas Marisa.

2. Ekstrak Licorice

Ekstrak licorice bermanfaat memudarkan bekas jerawat dan biasanya digunakan dalam produk skincare yang menargetkan flek atau bintik hitam. Sebab di dalam licorice terdapat zat glabiridin yang bisa mengurangi produksi melanin.

"Ekstrak licorice dipercaya mengandung glabiridin, yang membantu mengurangi sintesa melanin dengan menghalangi pembentukan enzim tyrosinase," tuturnya.

3. Vitamin C

Dalam proses menghilangkan bekas jerawat, vitamin C merupakan bahan skincare yang berperan sangat besar. Salah satu jenis antioksidan ini telah terbukti dapat mencerahkan kulit kusam dan memudarkan bekas jerawat kecokelatan.

"Vitamin C juga membantu mencerahkan bekas jerawat menghitam," tambahnya.

4. Vitamin E

"Vitamin E membantu menutup retakan pada lapisan kulit terluar dan memperbaiki pelindung kulit yang rusak sekaligus membuat bopeng jadi lebih rata setelah luka akibat jerawat benar-benar sembuh," ungkap Marisa.

5. Sunscreen

Perawatan semahal apapun tidak akan efektif dan terlihat hasilnya tanpa proteksi yang benar. Maka dari itu produk sunscreen sangat penting untuk membantu proses menghilangkan bekas jerawat. Ya, perlindungan kulit terhadap sinar matahari adalah kunci utama.

Gunakan produk sunscreen mengandung minimal SPF 30 dan PA+++ sebelum keluar rumah atau terpapar sinar matahari. Gunakan dengan dosis yang tepat, yakni sepanjang dua jari telunjuk agar sunscreen cukup untuk melindungi dari efek merusak sinar matahari.

6. Retinol

Produk mengandung vitamin A dalam bentuk retinol penting untuk peremajaan kulit. Retinol bisa menghaluskan penampakan garis-garis halus dan kerutan, tanda-tanda kerusakan kulit akibat sinar matahari, juga menghilangkan noda hitam dan kecokelatan bekas jerawat. Selain it retinol juga membantu memperbaiki tekstur kulit yang bopeng.

"Retinol membantu pembentukan kolagen yang bisa mengatasi perubahan tekstur kulit akibat bekas jerawat," tambah Marisa.

7. Alpha Hydroxy Acids

AHA berfungsi mengelupaskan sel kulit mati sekaligus meredakan peradangan pada kulit berjerawat. Selain itu AHA juga menstimulasi pembentukan sel-sel kulit baru sehingga kulit lebih bersih, halus dan pori-pori tampak mengecil.

Ada dua jenis AHA yang bisa ditemui dalam produk skincare, yakni glycolic acid dan lactic acid. Biasanya berbentuk losion, serum atau toner. AHA bisa jadi solusi yang lebih lembut untuk pemilik kulit kering, normal atau sensitif.

8. Niacinamide

Niacinamide adalah salah satu bentuk dari vitamin B3 yang berkhasiat meredakan peradangan dan kemerahan karena jerawat. Selain itu Niacinamide juga membantu memperbaiki warna kulit tidak rata.

"Mekanisme bahan ini bekerja memang belum banyak diketahui, tapi diyakini dapat mengurangi pigmentasi," pungkas Marisa.

Itulah delapan bahan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat. Perlu diketahui bahwa kamu tidak harus memakai semua produk yang mengandung bahan tersebut. Sebab beberapa ada yang bekerja mengelupaskan dan meningkatkan sensitivitas kulit jika dipakai bersamaan.

Kenali terlebih dahulu jenis dan kondisi kulit, baru tentukan bahan mana yang cocok dengan kulitmu. Namun pengecualian untuk sunscreen, produk ini wajib dipakai dengan bahan aktif manapun, sebagai perlindungan terhadap sinar matahari.

(hst/hst)