4 Kesalahan Saat Pakai Skincare untuk Jerawat, Waspada Malah Makin Parah

Kiki Oktaviani - wolipop Jumat, 04 Des 2020 11:46 WIB
Beauty. Beautiful woman in spa Foto: iStock
Jakarta -

Kulit wajah yang bersih dan mulus tanpa jerawat menjadi impian banyak orang. Namun karena hormon, dan masalah eksternal jerawat bisa saja muncul dan tidak kunjung sembuh.

Ketika jerawat tak hilang juga, maka skincare sangat diandalkan. Pemakaian skincare memang penting dan dapat membantu menghilangkan jerawat, namun ada kesalahan-kesalahan saat menggunakan skincare jerawat. Inilah tipsnya dari Female Daily.

1. Langsung Pakai Skincare dengan Persentase Tinggi
Pastinya jerawat ingin cepat hilang sehingga penasaran untuk mencoba obat jerawat dengan persentasi tinggi. Tapi ada baiknya untuk menggunakan obat jerawat dengan persentase rendah terlebih dahulu. Misalnya, pakai Benzoyl Peroxide 2.5% sebelum naik ke 5% atau 10%.

Seperti produk skincare lainnya, obat jerawat pun sifatnya personal. Bisa saja di teman kamu Benzoyl Peroxide 10% cocok, tapi di kulitmu malah menyebabkan iritasi. Kebanyakan kandungan dalam skincare jerawat bisa membuat kulit jadi kering yang justru jadi semakin mudah iritasi.

2. Dipakai di seluruh wajah
Sifat beberapa kandungan skincare jerawat bisa bikin kulit wajah kering dan bahkan lebih sensitif. Kalau produk yang kamu pakai merupakan spot treatment, pakaikan di area yang berjerawat saja, jangan di seluruh wajah. Jerawat juga bisa muncul akibat moisture barrier rusak dan kulitmu dehidrasi.

Bukannya hilang, justru jadi ada kemungkinan jerawat baru akan muncul di area lain. Berbeda kasusnya kalau yang dipakai adalah Salicylic Acid toner. Tentunya tidak masalah dipakai di seluruh wajah. Tapi kuncinya adalah jangan terlalu banyak dan tidak perlu mengusap dengan tenaga ekstra atau dipakai terlalu sering.

3. Terlalu Sering Mengulang Pemakaian
Kamu tidak perlu lho terlalu sering re-apply skincare jerawat. Yes, konsisten itu perlu, namun kalau berlebihan kulitmu malah akan jadi iritasi, memerah, atau bahkan sampai mengelupas. Ini malah bikin penyembuhan jerawat jadi semakin lama.

Untuk spot treatment, pada umumnya cukup pakai dua kali sehari saja, yaitu setelah membersihkan wajah di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Exfoliating toner bisa dipakai satu sampai dua kali seminggu. Kalau dua kali dirasa terlalu berlebihan buat kulitmu (misalnya kulit jadi kering, perih, kemerahan), sekali seminggu pun sudah cukup asalkan konsisten. Dan penting banget untuk pakai sunscreen juga ya pagi atau siang harinya.

4. Terlalu Cepat Ganti ke Skincare Lain
Banyak orang yang terlalu cepat mengganti skincare, padahal produk perawatannya baru digunakan sebentar. Hal ini biasanya karena kurang sabar dan ingin hasil yang cepat. Kamu belum memberikan waktu untuk skincare-nya bekerja dan sudah memutuskan untuk ganti produk lain.

Umumnya produk skincare memerlukan tiga sampai empat minggu untuk menunjukkan hasilnya. Jadi wajar saja kalau baru dipakai tiga kali belum ada efeknya. Sebaiknya ditunggu dulu ya dengan sabar. Kecuali skincare jerawat yang kamu pakai ini menimbulkan efek samping negatif, seperti iritasi, mengelupas, perih berlebihan, maka kamu bisa menghentikan segera pemakaiannya.



Simak Video "Hobi Naik Gunung, Debi Sagita Tetap Skincare-an saat Mendaki"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)