7 Kandungan Skincare yang Efektif untuk Atasi Kulit Kering

Kiki Oktaviani - wolipop Senin, 30 Nov 2020 17:34 WIB
Young woman at home Foto: iStock
Jakarta -

Memilih skincare untuk kulit kering perlu berhati-hati. Jika salah pilih kandungan maka kondisi kulit bisa semakin parah.

Bukan tidak mungkin, jika kulit kering semakin parah maka bisa menyebabkan bersisik hingga mengelupas. Untuk itu, saat memilih skincare ada baiknya mencari kandungan yang tepat agar efektif mengatasi mengatasi kulit kering. Seperti dikutip dari Female Daily, inilah tujuh kandungan skincare untuk atasi kulit kering:

1. Hyaluronic Acid
Hyaluronic Acid (HA) sudah bagai superstar ingredients yang digunakan di berbagai produk skincare. HA merupakan jenis humectant yang dapat menarik kandungan air di udara dan mengikatnya di permukaan kulit. HA memang sudah terkenal efektivitasnya dalam memberikan hidrasi dan cocok untuk semua jenis kulit.

Umumnya ada dua jenis Hyaluronic Acid yang digunakan pada skincare. Bisa berupa Hydrolized Hyaluronic Acid atau Sodium Hyaluronate. Jadi, jangan bingung kalau kamu nggak menemukan "Hyaluronic Acid" di list ingredients skincare-mu.

2. Polyglutamic Acid
Ingredient satu ini masih saudaraan sama Hyaluronic Acid. Sama-sama bisa melembapkan kulit, but even better, soalnya selain melembapkan, Polyglutamic Acid (PGA) juga dapat mencerahkan dan menghaluskan kulit. Molekul PGA yang lebih besar dibanding HA, sehingga PGA dapat mencegah terjadinya Transepidermal Water Loss (TEWL).

3. Vitamin E
Kamu pasti sering menemukan produk perawatan kulit yang mengandung Vitamin E. Terlebih lagi pada produk-produk pelembap, baik wajah ataupun body lotion. Vitamin E memang sangat bermanfaat untuk kulit, apa lagi dalam melembapkan kulit kering. Selain tu, Vitamin E juga berperan sebagai antioksidan untuk kulitmu. Pada ingredients list, kamu bisa menemukan Vitamin E dengan nama "Tocopherol" atau "Tocopheryl Acetate".

4. Peptide
Peptide adalah asam amino rantai pendek yang membentuk protein seperti kolagen dan keratin pada tubuh. Kandungan Peptide dalam skincare terbukti dapat melembapkan serta punya manfaat anti-aging. Kandungan Peptide membuat kulit keringmu jadi lembap dan plump seharian. Pada ingredients list, kamu bisa temukan kata-kata berakhiran "Peptide" atau berawalan "Palmitoyl". Misalnya saja, Palmitoyl Tripeptide, Copper Tripeptide, atau MatrixylTM.

5. Ceramide
Ceramide juga merupakan salah satu ingredient yang diperlukan oleh kulit kering. Pada dasarnya, Ceramide terdapat dikulit kita secara natural, tapi dapat hilang akibat berbagai faktor. Ceramide pada skincare dapat melembapkan kulit dengan cara mempertahankan kadar air di kulitmu, sehingga skin barrier tetap terjaga. Ceramide dalam skincare pun ada banyak jenisnya, seperti Ceramide Np, CeramideAp, dan Ceramide EoP.

6. Honey Extract
Madu yang manis dan menyehakan ini ternyata juga merupakan super ingredients yang punya segudang manfaat untuk kulit. Madu bersifat antibakteri, menenangkan dan melembapkan kulit. Makanya, selain dapat melembapkan kulit yang kering, ekstrak madu dalam skincare juga baik untuk kulit yang acne-prone.

7. Betaine
Humectant lainnya yang juga sebaiknya ada dalam ingredient list di skincare-mu adalah Betaine. Zat yang berasal dari tanaman sugar beet ini berfungsi sebagai anti-inflamasi dan mencegah penuaan dini. Betain juga mencegah hilangnya kelembapan dari kulit, serta memberikan efek silky-smooth skin. Manfaatnya ini bikin Betaine banyak digunakan dalam produk skincare maupun haircare. Betaine juga safe untuk kulit sensitif, sekalipun kulit bayi dan anak-anak.



Simak Video "Mengenal CTMP, Basic Skincare Routine yang Berkhasiat!"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)