Mengenal Metode Konmari Skincare Sesuai Jenis Kulit, Simpel Tapi Efektif

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 01 Des 2020 18:00 WIB
NEW YORK, NEW YORK - JANUARY 08: Author and series host Marie Kondo poses before taking part in Netflixs Foto: iStock
Jakarta -

Beberapa tahun lalu muncul tren metode '10 step skincare' ala Korea yang diklaim bisa bikin kulit bening dan glowing. Tapi sebenarnya kamu tidak selalu perlu 10 produk untuk perawatan wajah di keseharian. Apalagi tidak semua tipe kulit cocok ditempeli berlapis-lapis kosmetik. Sebagai solusinya, kamu bisa menerapkan metode Konmari Skincare sesuai jenis kulit.

KonMari sendiri bisa diartikan cara menata barang yang terdiri dari mengumpulkan, mengkategorikan, lalu menyimpan hanya yang menciptakan kesenangan. Metode yang dipopulerkan Marie Kondo dan terinspirasi dari ajaran Shinto itu pun belakangan diterapkan dalam berbagai hal, termasuk skincare dengan tujuan kepraktisan dan keefektifan.

NEW YORK, NEW YORK - JANUARY 08: Author and series host Marie Kondo poses before taking part in Netflix's Marie Kondo yang Menginspirasi Metode Konmari Skincare, Simpel Tapi Efektif Foto: Getty Images

Pakar pun telah menyetujui bahwa untuk memiliki kulit ideal sesuai impian tidak perlu berlebihan menggunakan produk skincare. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba menerapkan metode Konmari ala Marie Kondo ke dalam rutinitas perawatan wajah sehari-hari. Berikut tipsnya sesuai dengan jenis kulit.

Kulit Kering

Dilansir cnnindonesia.com, memiliki jenis kulit kering berarti fokus kamu tertuju pada upaya untuk menjaga hidrasi kulit. Kemudian setidaknya ada rutinitas untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Yang perlu diperhatikan adalah hindari bahan-bahan keras, khususnya alkohol.

Ahli kecantikan selebriti Renee Rouleau mengatakan jenis alkohol yang aman dan biasa digunakan pada produk skincare antara lain retinol, cetyl alcohol dan oleyl alcohol. Untuk jenis produk, ada tiga yang musti jadi pertimbangan yakni cleanser yang lembut, serum dan pelembap.


- Gentle cleanser, hindari sabun muka berbahan dasar sulfate karena pH tinggi dan kulit jadi kering.

- Serum, pilih serum dengan lactic acid untuk melembutkan dan memperbaiki 'barrier' kulit.

- Pelembap, tidak harus pelembap yang 'berat' tetapi pastikan pelembap bisa memperbaiki skin barrier.

Beauty concept of asian woman.Metode Konmari Skincare Sesuai Jenis Kulit, Simpel Tapi Efektif. Foto: iStock

Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi akan cukup berminyak di beberapa area dan kering di area lain. Perawatannya pun cukup rumit karena pemakaian produk skincare untuk kulit kering akan membuat beberapa area makin berminyak. Sedangkan penggunaan produk untuk kulit berminyak membuat area yang kering makin kering. Bagaimana solusinya? Terinspirasi metode Konmari Skincare, ada tiga jenis produk skincare yang sebaiknya tetap ada di meja rias Anda.

- Cleansing milk, pembersih yang ideal untuk kulit kombinasi adalah jenis cleansing milk. Pembersih tetap membuat kulit bisa bernapas, formulanya yang mirip susu membuat kulit lebih tenang, bersih dan cerah.

- Serum, sebaiknya pilih serum yang mampu memberikan eksfoliasi lembut dan hidrasi. Serum akan membuat kulit lebih bersih, menyamarkan garis dan kerutan, juga bekas jerawat.

- Masker yang mencerahkan, kulit kombinasi rentan kusam sehingga perlu masker yang mencerahkan sekaligus mengencangkan.

Kulit Sensitif

"Kulit sensitif memerlukan perlakuan khusus," kata Rouleau.

Ini tidak main-main sebab sekali produk tidak cocok, bahan terlalu keras bisa menimbulkan reaksi seperti breakout (jerawat besar dan tersebar), radang juga kemerahan. Untuk menghindari risiko ini, pertimbangkan produk yang minim alergen. Selain itu, cek lagi jika Anda sudah memiliki produk berikut.

- Cleanser dengan pelembap, pilih pembersih muka yang sedikit busa agar kelembapan kulit tidak mudah terkikis. Cleanser juga mengandung pelembap sehingga kulit tetap lembut.

- Serum untuk menenangkan kulit, sebaiknya gunakan produk skincare dengan kandungan yang bisa menenangkan kulit. Serum pun demikian, pilih dengan kandungan yang menenangkan seperti chamomile, sea whip, azulene dan teh putih.

- Krim antiinflamasi, untuk kulit sensitif, sebaiknya gunakan krim/balm yang menstimulasi produksi lipid dan menguatkan skin barrier.

Begitulah tips perawatan wajah yang simpel tapi efektif terinspirasi dari metode Konmari Skincare.

(ami/ami)