ADVERTISEMENT

Intimate Interview

Cerita Lengkap Anak Driver Ojol Kuliah di UK, Belajar di KRL Demi Beasiswa

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 23 Feb 2022 06:45 WIB
Nisa Sri Wahyuni (Foto: Dok. Pribadi) Nisa Sri Wahyuni (Foto: Dok. Pribadi)
Jakarta -

Kegigihan untuk belajar diiringi doa orangtua mengantarkan Nisa Sri Wahyuni meraih pendidikan tinggi hingga ke negeri orang. Ia berhasil membuktikan, latar belakang pendidikan orangtuanya yang hanya tamatan SD bukan penghalang baginya untuk berprestasi.

Sosok Nisa mendadak viral setelah perempuan 27 tahun itu berbagi cerita di jejaring karier LinkedIn baru-baru ini tentang pencapaian akademisnya yang mustahil terwujud tanpa dukungan penuh orangtua meski kondisi ekonomi mereka yang serba terbatas. Unggahan tersebut disertai foto dirinya bersama sang ayah yang berjaket ojek online.

Nisa lahir di Jakarta pada 17 Juni 1995 dari keluarga yang sangat sederhana. Orangtuanya, Sukatno dan Sunarsih, merupakan perantau dari Jawa Timur. Sukatno berasal dari Pacitan, sementara Sunarsih orang Nganjuk.

Diceritakan Nisa kepada Wolipop baru-baru ini, ketika orangtuanya hijrah ke Jakarta, usia mereka masih sangat belia. Kala itu, ibu dan bapaknya belum saling mengenal sampai akhirnya bertemu dan memutuskan untuk berkeluarga.

"Salah satu harapan Mama dan Bapak jika diberi keturunan, anak-anak harus memiliki pendidikan yang lebih baik dari mereka," ungkap anak tengah dari tiga bersaudari ini.

Nisa Sri Wahyuni, anak driver ojol yang sukses kuliah di Inggris dan kerja di WHO.Nisa Sri Wahyuni dan ayahnya yang seorang driver ojol. (Foto: Dok. LinkedIn)

Ia pun mengamini harapan orangtuanya itu sebagai sebuah amanah. Apalagi melihat orangtuanya banting tulang demi menyambung hidup sekaligus agar anak-anaknya bisa bersekolah semakin memotivasi Nisa untuk belajar dengan tekun.

Sebelum menjadi supir ojol, Sukatno bekerja sebagai petugas keamanan di sebuah sekolah swasta selama puluhan tahun. Dulu pada masa awal merantau, ia hanyalah seorang tukang bersih-bersih halaman.

Untuk menambah pemasukan keluarga, Sunarsi pun menjadi asisten rumah tangga (ART) di rumah tempat mereka menumpang. Mereka tinggal di sana sampai Nisa duduk di bangku SMP dan pindah ke rumah kecil yang dibeli dari hasil menabung.

"Saking mereka pedulinya sama pendidikan, Bapak dan Mama cari rumah yang dekat sekolah untuk memudahkan aku belajar," kata Nisa.

Prestasi Nisa mulai terlihat saat SMA. Oleh karena itu, guru BK dan teman-temannya memotivasi dia untuk kuliah di Universitas Indonesia (UI) lewat jalur beasiswa. Orangtuanya pun mendukung.

Alhasil, ia memberanikan diri untuk mendaftar meski sempat ragu karena merasa lemah dalam berbahasa Inggris yang merupakan salah satu syarat mendapat beasiswa. Sadar bahwa mempersiapkan berkas beasiswa memakan biaya yang tak sedikit, ia pun mencari 'modal' dengan berjualan kue di sekolah.

Nisa Sri WahyuniNisa Sri Wahyuni saat diantar keluarga besarnya untuk menimba ilmu di luar negeri. (Foto: Dok. Pribadi)

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Karier Cemerlang Anak Ojol di Organisasi Kesehatan Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
Breaking News
×
Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-77 TNI
Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-77 TNI Selengkapnya