7 Tanaman Hias Indoor yang Cantik dan Mudah Dirawat

tim detikcom - wolipop Senin, 07 Sep 2020 05:45 WIB
Spathe flower in flowerpot on wooden background Foto: iStock/7 Tanaman Hias Indoor yang Cantik dan Mudah Dirawat
Jakarta -

Bercocok tanam menjadi salah satu hobi yang dilakukan saat pandemi COVID-19. Salah satu pilihan bercocok tanam yakni menanam tanaman hias indoor yang mudah dirawat.

Ada banyak manfaat memelihara tanaman dalam ruangan. Mereka bisa membersihkan udara dan meningkatkan mood kamu. Tanaman indoor ini mudah dirawat, indah, memberikan kenyamanan, dan menambahkan sentuhan alam ke rumah kamu.

Berikut 7 tanaman indoor yang cantik dan mudah dirawat dilansir Lifehack:

1. Lidah Buaya

an aloe vera plantan aloe vera plant Foto: iStock

Aloe vera adalah tumbuhan tanpa batang atau berbatang pendek, dengan tinggi hingga 60-100 cm dan dapat berkembang biak dengan tunas. Lidah buaya tidak membutuhkan banyak disiram. Biarkan tanah mengering dan taruh di tempat yang hangat dengan banyak cahaya.

Tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk masker rambut. Hal ini agar rambut tidak kering, tebal, dan hitam. Namun tanaman ini berduri. Pastikan untuk jauhi tanaman ini dari anak agar tidak tertusuk.

2. Lavender

lavender flowers on windowsilllavender flowers on windowsill Foto: iStock

Tanaman hias indoor yang cantik dan mudah dirawat yakni Lavender. Tumbuhan berbunga warna ungu ini berasal wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika tropis dan ke timur sampai India. Selain itu tanaman ini juga tersebar di Kepulauan Canary, Afrika Utara dan Timur, Eropa selatan (terutama Prancis selatan), Arabia, dan India. Tanaman ini banyak ditanam dan dikembangkan secara luas di iklim sedang sebagai tanaman hias, dan ekstrak minyak esensial untuk keperluan komersial.

Tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk karena mengandung linalool dan lynalyl asetat. Kedua zat ini mampu mengusir keberadaan nyamuk. Perawatan tanaman lavender pun mudah. Taruh saja di tempat yang cerah dan air yang jarang.

3. Lidah Ibu Mertua/Tumbuhan Ular

Green houseplant in interior of modern roomGreen houseplant in interior of modern room Foto: iStock

Tanaman ular atau lidah ibu mertua atau Sansevieria memang bergaya dan kokoh. Tanaman itu bisa mentolerir cahaya rendah dan udara kering. Lidah Ibu Mertua memiliki daun keras, sukulen, tegak, dengan ujung meruncing. Dinamakan Lidah Ibu Mertua karena ujungnya yang runcing.

4. Spider Plant atau Tanaman Laba-laba

Ivy in a potIvy in a pot Foto: Getty Images/iStockphoto/chikaphotograph

Spider Plant atau tanaman laba-laba adalah tanaman hias indoor yang cantik dan mudah dirawat serta populer. Tanaman ini dapat digantung dan ditanam dalam pot. Mereka hanya membutuhkan cahaya dan air. Mereka mudah diperbanyak dengan menempatkan planlet (tanaman hasil kultur jaringan) di air atau tanah.

5. Peace Lily

White peace lily with lush dark green foliage in white plant pot on white table against white wall.White peace lily with lush dark green foliage in white plant pot on white table against white wall. Foto: iStock

Peace Lily adalah spesies tumbuhan hias berbunga yang berasal dari keluarga Araceae. Tanaman ini berwarna putih, merah muda, atau ungu. Sangat mudah menanam tanaman hias itu yakni membutuhkan cahaya rendah, suhu sedang, dan tanah lembab.


6. Sukulen

Close up shot of pilea leavesClose up shot of pilea leaves Foto: iStock


Sukulen adalah tanaman dengan daun atau batang berdaging tebal, yang menyimpan air dan melindungi tanaman dari kekeringan. Sukulen tidak identik dengan kaktus namun hampir setiap varietas kaktus adalah sukulen. Meski demikian tidak semua sukulen adalah kaktus.

Sukulen memiliki banyak varietas dan merupakan tanaman yang membutuhkan sedikit perawatan. Tanaman itu dapat bertahan hidup meski jarang disiram dan tumbuh subur di udara kering dan suhu hangat.

7. Kaktus

Schlumbergera truncata blooming white and pink at the window sillSchlumbergera truncata blooming white and pink at the window sill Foto: iStock

Kaktus adalah tanaman hias indoor yang cantik dan mudah dirawat. Kaktus mudah beradaptasi, bervariasi, dan kuat. Tanam dan biarkan saja tanaman kaktus. Kalau kamu jarang menyiraminya, kaktus tidak akan mati. Agar batang tidak busuk, kaktus harus disinari beberapa kali dalam seminggu.



Simak Video "Blush On Wardah, Membuat Wajah Cerah dan Segar"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)