Jenis Tanaman Hias Pilea Untuk Indoor, Bagi yang Hobi Berkebun

Tim Wolipop - wolipop Minggu, 09 Agu 2020 08:03 WIB
pilea Foto: Getty Images/iStockphoto/dropStock/Jenis Tanaman Hias Pilea Untuk Indoor, Bagi yang Hobi Berkebun
Jakarta -

Berkebun bisa jadi kegiatan pilihan saat pandemi virus Corona agar tidak jenuh saat di rumah saja. Kalau lahan di luar rumah sempit, Anda bisa memilih tanaman hias seperti pilea yang bisa diletakkan indoor atau di dalam rumah.

Dilansir The Spruce, pilea (Pilea spp.) adalah genus yang terdiri dari lebih dari 600 spesies tanaman tropis. Beberapa spesies yang lebih kecil biasanya dibudidayakan sebagai tanaman hias karena mudah tumbuh dan dipelihara.

Tanaman ini cocok bagi pemula yang belum berpengalaman atau menanam hanya sekadar hobi. Pilea bisa ditanam di dalam ruangan Anda atau indoor. Biasanya kamu dapat memulai menanam pilea kapan saja.

Dedaunan Pilea sangat bervariasi, mulai dari daun bertekstur 7 cm dan berbentuk tombak sampai dedaunan kecil berbentuk hati dan seperti lumut. Pilea kadang-kadang berbunga tetapi bunga merah muda atau kremnya sangat kecil dan sering tidak terlihat.

Bagaimana Cara Merawat Pilea?

Pilea adalah tanaman dengan pemeliharaannya mudah. Bahkan dengan sedikit disiram, mereka akan berkembang dan terus mengeluarkan dedaunan baru selama bulan-bulan saat musim kemarau. Pada musim hujan, pertumbuhan akan melambat.

Semua pilea memiliki batang yang cukup rapuh. Agar tanaman tumbuh padat dan lebat, Anda bisa mencabut ujung pertumbuhan baru pada pilea bercabang.

Sebagian besar spesies pilea menyukai cahaya terang dan tidak langsung terkena matahari. Jangan biarkan mereka terkena langsung sinar matahari karena dapat membakar daun. Pada ruangan indoor, jendela yang terang adalah tempat yang cocok. Pastikan untuk mengubah posisi pot setidaknya beberapa kali seminggu, karena tanaman akan meregang ke arah matahari dan mulai tumbuh miring jika Anda. Pilea dapat mentolerir cahaya rendah, tetapi dedaunannya akan berubah menjadi hijau gelap.


Tanah

Tanaman Pilea lebih menyukai tanah yang kering. Tanah yang basah dapat menyebabkan akar busuk.


Air

Tanaman Pilea memiliki kebutuhan air sedang hingga tinggi. Saat cuaca panas, Anda mungkin harus menyiram lebih sering.


Jenis Pilea

Ada banyak jenis pileas yang dapat Anda pilih, tergantung pada ukuran dan penampilan yang Anda sukai. Berikut jenis pilea populer:

1. Pilea Mollis 'Moon Valley'

Pilea Moon Valley memiliki dedaunan hijau. Daunnya berbentuk seperti gergaji dengan tekstur yang dalam seperti kawah. Jika berbunga, tanaman ini sangat cantik sekali. Namun ukuran bunganya sangat kecil.

2. Pilea Microphylla

pileapilea Foto: Getty Images/iStockphoto/dropStock

Pilea Microphylla juga dikenal sebagai rockweed, artileri, dan mesiu. Spesies ini memiliki dedaunan hijau muda dengan daun kecil.

3. Pilea Cadierei

pileapilea Foto: Getty Images/iStockphoto/dropStock

Pilea Cadierei juga disebut tanaman aluminium. Tanaman ini memiliki warna hijau tua, daun lonjong dengan empat bidang seperti perak yang hampir menyerupai logam. Karena itu tanaman ini disebut tanaman aluminium.

4. Pilea Nummulariifolia

Pilea ini umumnya dikenal sebagai creeping Charlie, tanaman herba abadi yang tumbuh cepat. Beberapa tukang kebun menganggap tanaman ini sebagai gangguan karena kemampuannya untuk menyebar.

5. Pilea Peperomioides

pileapilea Foto: Getty Images/iStockphoto/dropStock

Jenis tanaman pilea ini dikenal sebagai Chinese Money, tanaman pancake, dan tanaman UFO. Tanaman pilea yang paling populer ini memiliki daun bundar berwarna hijau gelap dan batang.



Simak Video "Patricia Gouw Dibikin Kaget dengan Protokol Covid-19 di Luar Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)