7 Jenis Sukulen, Tanaman Hias yang Bisa Ditanam Indoor

Tim Wolipop - wolipop Sabtu, 01 Agu 2020 08:10 WIB
Close up shot of pilea leaves Foto: iStock/7 Jenis Sukulen, Tanaman Hias yang Bisa Ditanam Indoor
Jakarta -

Menanam dan memelihara tanaman hias indoor menjadi hobi yang populer selama pandemi corona. Salah satu tanaman hias indoor yang banyak dicari yakni jenis sukulen.

Sukulen adalah tanaman dengan daun atau batang berdaging tebal, yang menyimpan air dan melindungi tanaman dari kekeringan. Sukulen tidak identik dengan kaktus. Meskipun hampir setiap varietas kaktus adalah sukulen.

Cara merawat tanaman sukulen sangat mudah. Kalau kamu lupa menyiramnya, tanaman itu masih bisa bertahan hidup. Sukulen juga tumbuh subur di udara kering dan suhu hangat. Jadi kamu tidak perlu mengubah apa pun untuk menanam tanaman itu di ruang tamu atau keluarga.

Berikut jenis tanaman sukulen yang bisa ditanam Indoor dilansir Masterclass:

1. Roseum

Tanaman roseum adalah sukulen yang tumbuh rendah dengan tinggi hanya sekitar 10 hingga 15 cm. Pada musim panas, roseum tumbuh kelompok bunga bintang berwarna pink muda yang dapat menambah warna pada dekorasi rumah kamu.

Sukulen mini ini lebih menyukai sinar matahari penuh. Disarankan untuk menempatkannya di jendela yang mendapatkan jumlah cahaya yang banyak.

2. Burro's Tail

Burro's Tail alias Sedum morganianum atau ekor keledai adalah spesies kaktus bebas duri yang menghasilkan untaian panjang dedaunan menyerupai seuntai mutiara. Tanaman ini memiliki warna hijau lebih terang daripada banyak sukulen lainnya dan terlihat cantik di pot gantung. Burro's Tail bekerja dengan baik ketika digantung di jendela yang cerah dan sirami dengan air.


3. Snack Plant

plants such as betel leaf vinesplants such as betel leaf vines Foto: Getty Images/iStockphoto/Ana Widyastuti

Jenis sukulen yang dapat ditanam indoor yakni Snack Plant. Snack Plant dikenal sebagai Sansevieria trifasciata oleh para ahli botani. Tanaman ini bukan hanya cantik tapi dapat bertahan hidup dalam cahaya rendah dengan sedikit air. Bahkan, kamu sebaiknya jarang menyirami tanaman ular, karena rentan akarnya membusuk.

4. Zebra Plant

Salah satu sukulen indoor yang paling populer adalah tanaman zebra (Haworthia fasciata). Tanaman ini mirip tanaman Lidah Buaya. Zebra Plant juga memiliki bercak putih pada bagian dalam daunnya dan corak garis-garis putih mengikuti pola kulit zebra pada bagian luar daunnya.

Zebra Plant tumbuh lambat dan sebagian besar tetap tumbuh kecil. Karena itu tanaman ini cocok ditanam di pot kecil.

5. Jade Plant

Jade Plant atau Tanaman giok (Crassula ovata) memiliki daun kecil, berlilin, dan berbatang kayu. Mereka tumbuh dengan baik di pot kecil, tetapi bisa juga tumbuh di pot besar. Tanaman ini dapat menghasilkan bunga putih atau bunga merah muda, tergantung pada varietas yang tepat.

6. Flaming Katy

Close up shot of pilea leavesClose up shot of pilea leaves Foto: iStock

Flaming Katy yakni tanaman jenis sukulen yang berwarna menawan. Tanaman ini asli dari Madagaskar dan merupakan genus Kalanchoe.

Tanaman jenis sukulen ini memiliki daun bercahaya dalam beragam warna, seperti merah, oranye, merah muda, dan ungu. Flaming Katy membutuhkan banyak drainase, jadi letakkan di pot tanah liat dengan lubang di bagian bawah.


7. Palm Ponytail

Jenis tanaman sukulen yang bisa ditanam indoor lainnya yakni Palm Ponytail. Tanaman ini sebenarnya bukan pohon palem, tetapi mereka agak mirip pohon palem karena batangnya yang panjang dan terlihat seperti kayu.

Tanaman ini tidak terlihat seperti sukulen. Namun Palm Ponytail memiliki batang besar dan bulat untuk menyimpan air. Tanaman ini sangat mudah beradaptasi dengan kehidupan sebagai tanaman hias dan cocok untuk cahaya terang, suhu lebih hangat, dan kelembaban rendah.



Simak Video "Awasi Tanaman Hiasmu dari Pencuri"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)