Arti Fii Amanillah, Pengganti Kata Hati-hati di Jalan yang Penuh Doa

Arina Yulistara - wolipop Sabtu, 30 Apr 2022 08:00 WIB
Little baby boy with her muslim mom inside car going for a trip Ari fii amanillah. Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto

Jakarta -

Sering mendengar kalimat 'fii amanillah' saat akan pergi mudik? Yuk memahami mengenai arti fii amanillah, pengganti kata hati-hati di jalan yang penuh doa.

Beberapa orang mengucapkan fii amanillah, ucapan bahasa Arab jadi pengganti kata hati-hati di jalan, dengan harapan mereka bisa sampai selamat ke tujuan. Namun sebagian orang belum paham arti fii amanillah, ucapan bahasa Arab jadi pengganti kata hati-hati di jalan.

Karena belum memahami arti fii amanillah, ucapan bahasa Arab jadi pengganti kata hati-hati di jalan, kamu mungkin tak bisa menjawabnya dengan tepat. Sebenarnya, apa arti fii amanillah, pengganti kata hati-hati di jalan?

Simak ulasan mengenai arti fii amanillah, pengganti kata hati-hati di jalan yang penuh doa..

Arti Fii Amanillah

Mengutip dari situs My Islam, arti fii amanillah, ucapan bahasa Arab jadi pengganti kata hati-hati di jalan, menjadi salah satu doa agar selalu dilindungi dan diberikan keselamatan oleh Allah SWT.

Arti fii amanillah, ucapan bahasa Arab jadi pengganti kata hati-hati di jalan;

في امان الله

Fii amanillah
Artinya:

"Semoga engkau dalam perlindungan Allah SWT."

Waktu yang Tepat Ucapkan Fii Amanillah

Setelah memahami arti fii amanillah, ucapan bahasa Arab jadi pengganti kata hati-hati di jalan, kapan waktu yang tepat mengucapkan kalimat tersebut kepada orang lain? Haruskah saat akan berpergian jauh, seperti mudik?

Ada beberapa kondisi yang disarankan untuk mengucapkan fii amanillah, ucapan bahasa Arab jadi pengganti kata hati-hati di jalan. Ternyata tidak hanya untuk mendoakan orang yang dalam perjalanan tapi juga jika mengalami masalah.

Apa saja kondisi pengucapan fii amanillah, ucapan bahasa Arab jadi pengganti kata hati-hati di jalan, yang dimaksud?

- Saat melihat kerabat akan berpergian jauh
- Bertemu orang yang terkena musibah
- Seseorang yang menjalankan amanah, menduduki jabatan tertentu, atau bertanggung jawab pada suatu hal
- Menyelipkan kalimat fii amanillah dan artinya yang merupakan pengganti kata hati-hati di jalan, saat bertemu orang lain di jalan atau dalam sebuah percakapan.

(eny/eny)