Arti Masya Allah dan Cara Penggunaannya Agar Tak Salah Kaprah

Arina Yulistara - wolipop Senin, 22 Nov 2021 18:30 WIB
Young beautiful Muslim Woman Praying In Mosque. Arti masya allah. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Sering mengucap masya Allah dalam kehidupan sehari-hari? Jika sering menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari maka perlu memahami arti masya Allah. Siapa tahu kamu selama ini salah kaprah dengan arti masya Allah?

Banyak orang salah kaprah dengan arti masya Allah sehingga sering mengucapkannya saat melihat sesuatu yang buruk. Hal ini terjadi karena kurang memahami arti masya Allah sesungguhnya. Terkadang suka tertukar dengan pengucapan Subhanallah.

Apa Arti Masya Allah?

Arti masya Allah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah apa yang dikehendaki Allah (kata seru untuk menyatakan perasaan heran, sayang, dan keterkejutan). Sementara menurut Al Quran arti masya Allah adalah 'apa yang dikehendaki oleh Allah, maka itulah yang terjadi'.

Setelah mengetahui arti masya Allah maka harus tepat dalam menggunakannya. Sesuai dengan arti masya Allah, diucapkan ketika melihat sesuatu yang menakjubkan dan keindahan. Hal ini pun tertuang di Al Quran dalam surat Al-Kahfi ayat 39 yang berbunyi;

وَلَوْلَآ إِذْ دَخَلْتَ جَنَّتَكَ قُلْتَ مَا شَآءَ ٱللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِٱللَّهِ ۚ إِن تَرَنِ أَنَا۠ أَقَلَّ مِنكَ مَالًا وَوَلَدًا

Walau laa iz dakhalta jannataka qulta maa syaa`allaahu laa quwwata illaa billaah, in tarani ana aqalla mingka maalaw wa waladaa

Artinya:

"Dan mengapa kamu tidak mengatakan waktu kamu memasuki kebunmu, 'Maasyaallaah, laa quwwata illaa billaah' (sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah). Sekiranya kamu anggap aku lebih sedikit darimu dalam hal harta dan keturunan."

Kapan Masya Allah Diucapkan?

Penggunaan dan arti masya Allah ditujukan sebagai bentuk pujian untuk Allah SWT karena hal-hal indah yang kamu lihat di sekitar. Selain itu, masya Allah bisa digunakan ketika kamu ingin berdoa untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan tanda syukur kita. Jadi menurut arti masya Allah, pengucapannya bisa kamu lakukan saat melihat kuasa Allah SWT yang menakjubkan.

Berbeda dengan Subhanallah yang memiliki arti 'Maha Suci Allah' dan penggunaannya diucapkan saat melihat sesuatu yang buruk. Namun banyak umat Muslim yang sering tertukar pengucapan masya Allah dan Subhanallah karena kurang memahami arti masya Allah.

Arti masya Allah dan penggunaannya sedikit mirip dengan Tabarakallah yang artinya 'semoga Allah memberkahi'. Mirip dengan masya Allah, pengucapan Tabarakallah juga digunakan sebagai pujian atas kuasa Allah SWT.

Perbedaan Masya Allah dan Tabarakallah

Ada sedikit perbedaan arti masya Allah dan Tabarakallah. Meski keduanya diucapkan saat melihat hal baik seperti arti masya Allah namun maknanya sedikit berbeda.

Sesuai dengan arti masya Allah, diucapkan saat melihat hal yang indah atas kuasa Allah SWT. Berbeda dengan masya Allah, kalau Tabarakallah diucapkan ketika seorang Muslim mendapatkan rezeki dan berkah yang melimpah dari Allah SWT.

Setelah paham arti masya Allah, jangan salah kaprah lagi ya. Ingat, ada sedikit perbedaan arti masya Allah dan penggunaannya dengan Tabarakallah maupun Subhanallah.



Simak Video "Nuansa Gelap Poster Drakor Jisoo BLACKPINK-Jung Hae In 'Snowdrop'"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)