Ini Arti Barakallah Fii Umrik, Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 04 Sep 2021 14:11 WIB
lifestyles in Sydney Australia Arti barakallah fii umrik. Foto: Getty Images/Tempura.
Jakarta -

Pernah menerima ucapan barakallah fii umrik ketika berulang tahun? Apakah kamu tahu apa arti Barakallah fii umrik?

Barakallah fii umrik bukan hanya sekedar ucapan, tapi juga mengandung sebuah arti dan doa di dalamnya kepada seseorang yang sedang berulang tahun. Sehingga orang muslim biasanya menggunakan kata-kata ini untuk memberi selamat pada sahabat, keluarga atau kerabat yang ulang tahun.

Barakallah fii umrik artinya adalah semoga Allah SWT memberkahimu dalam usiamu.

بارك الله في عمرك

'Barakallah fii umrik'

Namun bagaimana sebenarnya hukum dari mengucapkan "Ucapan Selamat Ulang Tahun" sebenarnya?

Menurut Nahdlatul Ulama (NU) barakallah fii umrik, dalil Mengucapkan selamat para ulama ahli hadits menjadikan hadits sahih berikut sebagai dasar Tahniah atau ucapan selamat :

ﻭﺁﺫﻥ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺑﺘﻮﺑﺔ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻨﺎ ﺣﻴﻦ ﺻﻠﻰ ﺻﻼﺓ اﻟﻔﺠﺮ، ﻓﺬﻫﺐ اﻟﻨﺎﺱ ﻳﺒﺸﺮﻭﻧﻨﺎ ... ﻭاﻧﻄﻠﻘﺖ ﺇﻟﻰ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ، ﻓﻴﺘﻠﻘﺎﻧﻲ اﻟﻨﺎﺱ ﻓﻮﺟﺎ ﻓﻮﺟﺎ، ﻳﻬﻨﻮﻧﻲ ﺑﺎﻟﺘﻮﺑﺔ، ﻳﻘﻮﻟﻮﻥ: ﻟﺘﻬﻨﻚ ﺗﻮﺑﺔ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻚ (رواه البخاري)

Rasulullah shalla Allahu alaihi wa sallama memberi tahu kepada kami tentang diterimanya taubat saat Subuh... Saya (Ka'b bin Malik) berjalan menuju Rasulullah shalla Allahu alaihi wa sallama, lalu para Sahabat menemui saya secara berkelompok seraya mengucapkan selamat. Mereka berkata: "Selamat atas diterimanya taubatmu oleh Allah"(HR al-Bukhari).

Two young Muslim women 30 years sitting on the sofa opening shopping carton, giftIlustrasi wanita yang memberikan kado. Foto: Getty Images/iStockphoto/JuFagundes.

Arti Barakallah Fii Umrik dan Hukum Mengucapkannya

Barakallah Fii Umrik berasal dari bahasa Arab. Arti Barakallah Fii Umrik adalah semoga Allah SWT memberkahimu dalam usiamu.

Hukum peringatan ulang tahun atau memberi ucapan selamat ulang tahun adalah mubah atau boleh dilakukan, seperti dikutip dari situs islam.nu.or.id. Mubah bermakna, jika dikerjakan tidak mendapatkan pahala juga tidak berdosa. Jika pun ditinggalkan juga tidak berdosa dan tidak berpahala.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits berikut:

Dari Abu Qotadah Al Anshori radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, lantas beliau menjawab:

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

"Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku." (HR. Muslim no. 1162).

Ucapan Balasan Barakallah Fii Umrik

Setelah kamu tahu arti Barakallah Fii Umrik, bagaimana cara membalasnya? Saat kamu menerima ucapan Barakallah fii umrik dari pria dan wanita, ada ucapan balasannya. Meski berbeda, keduanya sama-sama memiliki arti 'semoga Allah juga memberkahimu'.

1. (Wa Fiika Barakallah)
Semoga Allah juga memberkahimu (pria).

2. (Wa Fiiki Barakallah)
Semoga Allah juga memberkahimu (wanita).

3. (Wafiikum Baarakallah)
Semoga Allah juga memberkahi kalian semua (Jamak).

Demikian ulasan tentang arti barakallah fii umrik, ucapan selamat ulang tahun kepada sesama umat Muslim. Kamu bisa memberikan ucapan tersebut dan membalas ucapan dengan baik dan benar.

(gaf/eny)