Bacaan Doa untuk Kedua Orangtua yang Sakit, Masih Hidup, Meninggal Dunia

Arina Yulistara - wolipop Jumat, 18 Mar 2022 05:30 WIB
Doa untuk kedua orangtua. Foto: Dok. iStock Doa untuk kedua orangtua. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Hidup berjauhan dengan kedua orangtua dan sekarang mereka lagi sakit? Yuk amalkan doa untuk kedua orangtua agar Allah SWT selalu melindungi mereka dan memberikan kesembuhan bagi yang sedang sakit.

Sebagai bentuk bakti anak, kamu bisa membaca doa untuk kedua orangtua setiap selesai salat. Kirimkan doa untuk kedua orangtua terutama saat mereka sakit agar segera diberikan kesembuhan.

Doa untuk kedua orangtua juga bisa diamalkan setiap waktu. Bahkan meski mereka sudah meninggal dunia, kamu dianjurkan untuk terus mengirimkan doa untuk kedua orangtua.

Berdasarkan hadist, doa untuk kedua orangtua dari anak yang saleh akan membantu orangtuamu setelah meninggal dunia. Doa untuk kedua orangtua yang telah meninggal dunia bisa menjadi penolong mereka.

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya:

"Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga hal, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa dari anak yang sholeh." (HR. Muslim)

Yuk amalkan doa untuk kedua orangtua setiap hari. Doa untuk kedua orangtua bisa membantu meringankan penyakit mereka hingga menjadi penolong setelah meninggal dunia.

Berikut doa untuk kedua orangtua yang sedang sakit hingga meninggal dunia:

1. Doa untuk Kedua Orangtua yang sedang Sakit

Saat orangtua sakit, bacalah doa untuk kedua orangtua agar segera diberikan kesembuhan. Ingat, membaca doa untuk kedua orangtua selama mereka sakit termasuk salah satu usaha kita meminta bantuan Allah SWT yang Maha Penyembuh agar segera pulih kembali.

Berikut bacaan doa untuk kedua orangtua saat sedang sakit:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًاAllahumma rabbannaasi adzhibil ba'sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a Illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama

Artinya:

"Ya Allah, hilangkanlah penyakit dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain."

2. Doa untuk Kedua Orangtua Saat Kritis atau Menunggu Ajal

Ada pula bacaan doa untuk kedua orangtua saat sedang kritis atau menunggu ajal. Mungkin usia orangtua yang sudah sangat sepuh membuat mereka sering sakit keras.

Berikut doa untuk kedua orangtua yang sedang sakit keras;

اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِى

Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khairalli, watawaf fanni adza kaanat aafaatu khiralli

Artinya:

"Ya Allah, sembuhkanlah penyakitnya jika itu lebih baik baginya. Dan cabutlah nyawanya jika kematian itu lebih baik baginya."

3. Doa untuk Kedua Orangtua yang Sudah Meninggal Dunia

Kemudian kamu bisa mengirimkan doa untum kedua orangtua jika mereka sudah meninggal dunia. Ingat, doa untuk kedua orangtua yang dipanjatkan oleh anak saleh sepertimu bisa membuat mereka mendapatkan keberkahan di akhirat.

Yuk panjatkan doa untuk kedua orangtua yang sudah meninggal dunia. Berikut bacaan doa untuk kedua orangtua yang telah meninggal dunia;

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfir lahu warhamhu wa 'aafihi aa'fu 'anhu wa qkrim nuzulahu wa wassi' madkhalahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khathaa ya kamaa yunaqqats-tsawbul abyadhu minad danas.

Wa abdilhu daaran khairan min daarihii wa ahlan khairan min ahlihii wa zawjan khairan min zawjihi, wa adkhilhul kannata wa a'idzhu min 'adzaabil qobri qqa fitnatihi wa min 'adzaabin naar.

Artinya:

"Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orangtuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran.

Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orangtuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka."

Selain doa untuk kedua orangtua yang sakit, bagaimana untuk yang masih hidup? KLIK DI HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2