5 Bacaan Doa Kedua Orang Tua Agar Selalu Bahagia Dunia-Akhirat

Arina Yulistara - wolipop Kamis, 04 Nov 2021 05:30 WIB
Doa kedua orang tua. Foto: Getty Images/Alex Liew Doa kedua orang tua. Foto: Getty Images/Alex Liew
Jakarta -

Berbakti kepada orangtua diharuskan dalam Al Quran. Salah satu bentuk bakti kepada orangtua tentu dengan mengamalkan doa kedua orang tua setiap hari agar mereka selalu sehat, bahagia, dan diberikan pengampunan jika sudah meninggal dunia.

Untuk itu, buktikan baktimu kepada orangtua tak hanya lewat sikap tapi juga sering mengamalkan doa kedua orangtua. Perintah berbakti kepada kedua orangtua sesuai dengan firman Allah SWT terdapat dalam surat Al Israa ayat 23, berbunyi;

وَ قَضٰی رَبُّکَ اَلَّا تَعۡبُدُوۡۤا اِلَّاۤ اِیَّاہُ وَ بِالۡوَالِدَیۡنِ اِحۡسَانًا ؕ اِمَّا یَبۡلُغَنَّ عِنۡدَکَ الۡکِبَرَ اَحَدُہُمَاۤ اَوۡ کِلٰہُمَا فَلَا تَقُلۡ لَّہُمَاۤ اُفٍّ وَّ لَا تَنۡہَرۡہُمَا وَ قُلۡ لَّہُمَا قَوۡلًا کَرِیۡمً

Artinya:

"Dan Allah telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Allah dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Sekiranya salah satu di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka janganlah sekali-kali kamu mengatakan kepada orang tuamu perkataan "ah" dan janganlah kamu membentaknya, dan ucapkanlah kepada kedua orang tuamu perkataan yang sopan."

Jika kamu sekarang sedang berjauhan dengan orangtua, amalkan saja doa kedua orangtua setiap selesai salat. Ingatlah bahwa menurut hadist, doa kedua orangtua dari anak yang saleh akan membantu orangtuamu setelah meninggal dunia.

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya:

"Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga hal, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa dari anak yang sholeh." (HR Muslim)

Doa kedua orangtua sebenarnya tidak hanya satu. Ada beberapa doa kedua orangtua yang bisa diamalkan sesuai dengan kondisi mereka, mulai dari doa kedua orangtua untuk meminta kebahagiaan dan pengampunan Allah, doa kedua orangtua agar panjang umur, doa kedua orangtua saat mereka sakit, atau doa kedua orangtua yang sudah meninggal dunia.

Berikut bacaan doa kedua orang tua yang bisa diamalkan:

1. Doa Kedua Orang Tua untuk Meminta Kebahagiaan dan Pengampunan Allah SWT

Doa kedua orangtua yang satu ini mungkin sudah sering diajarkan sejak kecil. Selalu baca doa kedua orangtua ini agar mereka selalu bahagia dan mendapatkan pengampunan dari Allah SWT. Bahkan bisa menjadi bacaan doa kedua orangtua yang sudah meninggal dunia.

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Allahummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa

Artinya:

"Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orangtuaku, sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku di waktu kecil."

2. Doa Kedua Orang Tua Saat sedang Sakit

Saat orangtua sakit, bacalah doa kedua orangtua agar segera diberikan kesembuhan. Ingat, membaca doa kedua orangtua selama mereka sakit termasuk salah satu usaha kita meminta bantuan Allah SWT yang Maha Penyembuh agar segera pulih kembali. Berikut bacaan doa kedua orangtua saat sedang sakit:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمً
ا
Allahumma rabbannaasi adzhibil ba'sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a Illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama

Artinya:

"Ya Allah, hilangkanlah penyakit dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain."

3. Doa Kedua Orang Tua Saat Kritis atau Menunggu Ajal

Ada pula bacaan doa kedua orangtua saat sedang kritis atau menunggu ajal. Mungkin usia orangtua yang sudah sangat sepuh membuat mereka sering sakit keras. Berikut doa kedua orangtua yang sedang sakit keras.

اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِى

Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khairalli, watawaf fanni adza kaanat aafaatu khiralli

Artinya:

"Ya Allah, sembuhkanlah penyakitnya jika itu lebih baik baginya. Dan cabutlah nyawanya jika kematian itu lebih baik baginya."

Bagaimana doa kedua orang tua agar panjang umur? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Nuansa Gelap Poster Drakor Jisoo BLACKPINK-Jung Hae In 'Snowdrop'"
[Gambas:Video 20detik]