Arti Yaumul Milad dan Contoh Penggunaannya untuk Ucapan Ultah Islami

Arina Yulistara - wolipop Minggu, 03 Okt 2021 17:30 WIB
lifestyles in Sydney Australia Arti yaumul milad, ucapan ulang tahun Islami. Foto: Getty Images/Tempura.
Jakarta -

Sering mendengar ucapan 'yaumul milad' saat berulang tahun? Atau mungkin pengucapan yaumul milad ketika anak atau pasangan berulang tahun? Apa arti yaumul milad?

Istilah yaumul berasal dari kata yaum yang berarti 'hari'. Kemudian untuk kata milad jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia maka artinya 'kelahiran'.

Jika kedua kata tersebut digabungkan maka arti yaumul milad adalah hari kelahiran'. Frase ini sering digunakan secara umum sebagai ucapan untuk orang yang berulang tahun. Arti yaumul milad dalam bahasa Arab adalah 'selamat ulang tahun'.

Ucapan yaumul milad hanya digunakan ketika sangat bahagia, bertambah usia, dan pada hari kelahirannya ke duia dalam keadaan sehat serta selamat. Ucapan yaumul milad sangat populer dan banyak digunakan oleh umat Muslim di Indonesia saat ada yang berulang tahun.

Jadi, arti yaumul milad sama dengan pengucapan 'selamat ulang tahun' atau 'happy birthday'. Umumnya, ucapan yaumul milad sering digabungkan dengan kalimat 'barakallah fii umrik.

Yaumul milad barakallah fii umrik dalam bahasa Arab tulisannya:


يَوْمُ الْميلاد, بارك الله في عمرك

Sedangkan pengucapannya menjadi ungkapan 'yaumul milad barakallah fii umrik', yang artinya 'Selamat ulang tahun, semoga Allah memberkati usiamu'.

Salah satu contoh ucapan atau penggunaan kalimat yaumul milad: Yaumul milad, barakallah fii umrik. Semoga Allah selalu memberimu kebahagiaan dan kesuksesan.

Bagaimana hukum mengucapkan yaumul milad atau selamat ulang tahun?

Setelah mengetahui arti yaumul milad, bagaimana hukum mengucapkannya? Hukum mengucapkan selamat ulang tahun dalam Islam adalah mubah atau boleh. Mengutip lamanIslam.nu.or.id, mengucapkan selamat tahun diperbolehkan dalam Islam tapi tidak mendapatkan pahala ataupun berdosa.

Jika tidak melakukannya pun tak berpahala atau berdosa. Hukum mubah sering diterapkan pada kasus yang sifatnya duniawi. Dalam keterangan dari kitab 'Al-Iqna', juz 1 halaman 162, Imam Bukhari meriwayatkan bahwa sahabat Ka'ab bin Malik

Segala tindakan manusia pada dasarnya tergantung niatnya. Niatlah yang akan menentukan nilai tindakan tersebut. Selama tidak bertentangan dengan syariat Islam, semua perkara layak dikerjakan, termasuk mengucapkan selamat ulang tahun.

Dikutip dariislam.nu.or.id, hukum mengucapkan selamat ulang tahun adalah mubah atau boleh dilakukan. Mubah maknanya, jika dikerjakan tak mendapatkan pahala juga tak berdosa. Jika pun ditinggalkan tidak berdosa dan tidak berpahala.

Itulah arti yaumul milad. Sekarang kamu sudah tidak bingung lagi kan kapan menyampaikan kalimat tersebut?



Simak Video "Selesaikan Misi Permen Dalgona 'Squid Game' Dapat Buku Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)