ADVERTISEMENT

15 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Menurunkan Kolesterol hingga Detoks

Anggi Mayasari - wolipop Kamis, 29 Des 2022 11:30 WIB
Manfaat Daun Kelor Manfaat Daun Kelor. Foto: Ilustrasi Dok. istock

Jakarta -

Daun kelor dikenal dengang segudang manfaatnya terutama bagi kesehatan. Menurut para ilmuwan berikut manfaat daun kelor untuk kesehatan

Moringa oleifera merupakan tumbuhan asli India bagian utara yang juga dapat tumbuh di tempat tropis dan subtropis lainnya, seperti Asia dan Afrika. Pengobatan tradisional telah menggunakan daun, bunga, biji, dan akar tanaman ini selama berabad-abad.

Moringa oleifera atau yang juga dikenal sebagai kelor adalah tanaman yang telah dipuji, karena manfaat kesehatannya selama ribuan tahun. Ini sangat kaya akan antioksidan sehat dan senyawa tanaman bioaktif.

Kelor memiliki banyak vitamin dan mineral penting. Daunnya memiliki 7 kali lebih banyak vitamin C daripada jeruk dan 15 kali lebih banyak potasium daripada pisang. Ini juga mengandung kalsium, protein, zat besi, dan asam amino, yang membantu tubuh menyembuhkan dan membangun otot.

Daun kelor juga dikemas dengan antioksidan, zat yang dapat melindungi sel dari kerusakan dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ada beberapa bukti bahwa beberapa antioksidan ini juga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi lemak dalam darah dan tubuh.

Daun Kelor - Tinggi Nutrisi

Daun kelor sangat kaya nutrisi, meninggalkan wortel, jeruk bahkan susu dalam hal nilai gizi. Daunnya banyak digunakan dalam masakan India karena serbaguna dan dapat dimasukkan ke dalam makanan dengan banyak cara. Menambahkannya ke jus dan menggunakannya sebagai sayuran tumis adalah cara paling umum untuk memakannya. Bila dikonsumsi dalam bentuk alami, daun kelor tidak memiliki efek samping.

Selama ini banyak penelitian tentang kelor yang menggunakan hewan sebagai subjek uji. Para peneliti pun bekerja untuk mengetahui dengan tepat bagaimana ekstrak dari pohon ini memengaruhi manusia.

Sejauh ini, para ilmuwan telah menyelidiki manfaat daun kelor untuk kesehatan yang terkenal. Apa saja?

Berikut ini manfaat daun kelor untuk kesehatan seperti dikutip dari Healthline :

Moringa leavesManfaat Daun Kelor. Foto: Thinkstock

1. Kaya Vitamin dan Mineral

Daun kelor kaya akan vitamin A, C, B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B6 dan Folat. Mereka juga kaya akan magnesium, zat besi, kalsium, fosfor, dan seng.

Satu cangkir daun kelor akan mengandung 2 gram protein, magnesium (8 persen dari AKG), Vitamin B6 (19 persen dari AKG), Besi (11 persen dari AKG), Riboflavin (11 persen dari AKG). RDA) dan Vitamin A (9 persen dari RDA).

2. Kaya Asam Amino

Daun kelor kaya akan asam amino, penyusun protein. 18 jenis asam amino ditemukan di dalamnya dan masing-masing memberikan kontribusi penting bagi kesehatan.

3. Melawan Peradangan

Peradangan adalah bagaimana tubuh secara alami merespons rasa sakit dan cedera. Daun kelor bersifat anti-inflamasi karena adanya isothiocyanate. Mereka memiliki niazimicin yang diketahui menguasai perkembangan sel kanker. Peradangan adalah akar penyebab banyak penyakit seperti kanker, arthritis, rheumatoid arthritis, dan banyak penyakit autoimun. Makan daun kelor membantu mengurangi peradangan.

Daun Kelor (moringa oleifera) yang terkenal dengan peribahasa 'dunia tak selebar daun kelor'.Manfaat daun kelor. Foto: Ari Saputra

4. Kaya akan Antioksidan

Daun kelor memiliki sifat anti-oksidatif dan melindungi dari efek merusak dari radikal bebas yang ada di lingkungan. Kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas bertanggung jawab atas banyak penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, masalah jantung, dan Alzheimer.

Daun kelor kaya akan vitamin C dan betakaroten yang berfungsi melawan radikal bebas. Mereka juga memiliki Quercetin yang merupakan antioksidan yang membantu menurunkan tekanan darah. Antioksidan lain yang ada dalam daun kelor adalah asam klorogenat yang membantu menstabilkan kadar gula darah setelah makan.

Sebuah studi pada wanita menunjukkan bahwa mengonsumsi 1,5 sendok teh bubuk daun kelor secara teratur selama tiga bulan telah menunjukkan peningkatan kadar antioksidan darah yang signifikan.


5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah tinggi yang berkelanjutan menyebabkan perkembangan diabetes pada individu. Diabetes, pada gilirannya, dapat menyebabkan masalah jantung dan kerusakan organ dalam tubuh. Untuk menghindarinya, ada baiknya menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Manfaat daun kelor menjadi sumber yang sempurna untuk itu karena menstabilkan kadar gula darah karena adanya isothiocyanate.

6. Manfaat Daun Kelor: Menurunkan Kolesterol

Selain gandum, biji rami, dan almond, daun kelor adalah obat yang dapat diandalkan melawan kolesterol tinggi. Kolesterol adalah alasan utama mengapa orang menderita penyakit jantung dan makan daun kelor diketahui menunjukkan peningkatan yang cukup besar terhadap kadar kolesterol tinggi.

(eny/eny)