ADVERTISEMENT

Makan Pedas Sampai Batuk-batuk, Tulang Rusuk Wanita Ini Retak

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Kamis, 08 Des 2022 15:45 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil Batuk Ilustrasi wanita batuk. Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kejadian yang menimpa wanita satu ini mungkin bisa membuat kamu lebih berhati-hati saat makan pedas. Akibat menyantap makanan pedas, wanita asal China ini batuk parah sampai tulang rusuknya retak.

Wanita yang hanya diketahui bermarga Huang tersebut sedang menikmati lezatnya makanan pedas ketika dia secara mendadak batuk-batuk. Kandungan cabai pada makanan tersebut memicu reaksi pedas dan gatal pada tenggorokan sehingga dia terbatuk dengan keras.

Saat batuk hingga tubuhnya menegang, wanita asal Shanghai itu mendengar bunyi retakan pada dadanya. Seketika itu juga dia merasakan sakit di daerah rusuk saat bernapas dan mencoba bicara.

"Saya pikir saya terkena stroke atau yang lain, saya tidak mengira rasanya akan sakit sekali. Saya bahkan tidak bisa berjalan," kata Huang, seperti dikutip dari Oddity Central.

Dalam kondisi sulit berjalan, Huang akhirnya bisa mencapai rumah sakit dan menjalani CT scan. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa ada empat tulang rusuknya yang patah.

Saat Huang menjelaskan bahwa tulang rusuknya patah setelah batuk-batuk, dokter langsung melakukan sejumlah pemeriksaan lainnya, termasuk kepadatan tulang. Berdasarkan pemeriksaan toraks, keretakan pada tulang rusuk disebabkan lemahnya jaringan otot.

Dokter menjelaskan bahwa Huang memiliki tubuh yang sangat kurus sampai tulang-tulangnya terlihat. Dia juga kekurangan massa otot yang seharusnya menopang tulang.

"Tulang-tulang rusuk Anda bisa terlihat jelas di bawah kulit. Tidak ada cukup otot untuk menopang tulang, jadi tulang rusuk Anda mudah retak hanya karena batuk," jelas dokter yang menangani Huang.

Perawakan Huang memang terbilang kurus dengan tinggi 171 cm dan berat 57 kg. Untuk memperbaiki tulang rusuknya yang retak, Huang harus istirahat total dan harus memakai korset medis khusus selama satu bulan.

Setelah sembuh dan pulih, dia harus diet untuk menambah berat badan dan meningkatkan massa otot. Diet perlu dijalani agar kejadian yang sama tak terulang lagi.



Simak Video "Wajah Memar Jeremy Renner 'Hawkeye' Usai Alami Kecelakaan"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)