ADVERTISEMENT

Cerita Pria Operasi Pasang Paku Peninggi Badan di Kaki, Biayanya Rp 2,4 M

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Jumat, 18 Nov 2022 18:40 WIB
Roy Conn, pria yang pasang paku peninggi badan melalui operasi. Roy Conn, pria yang pasang paku peninggi badan melalui operasi. Foto: Dok. ITV
Jakarta -

Seorang pria bertambah tinggi beberapa sentimeter hanya dalam waktu tiga bulan. Pria ini menjalani operasi menyakitkan demi membuat tubuhnya lebih tinggi 7 cm.

Roy Conn, nama pria tersebut, awalnya memiliki tinggi badan 167 cm. Setelah operasi, tingginya menjadi 175 cm.

Di usia 68 tahun, Roy memberanikan menjalani operasi tersebut karena dia sudah sangat lama menginginkannya. Sebab dia selalu merasa tubuhnya pendek.

"Sebenarnya tidak ada masalah yang terlalu besar. Saya selalu memikirkan tinggi badan saya sejak masih muda dan akhirnya saya punya cukup uang (untuk operasi pemanjangan tulang). Tidak ada yang benar-benar kompleks, tapi saya selalu merasa pendek. Jadi (operasi ini) untuk saya sendiri, bukan untuk orang lain," jelas Roy kepada ITV, saat ditanya kenapa memutuskan untuk operasi besar di usia yang sudah tidak muda lagi.

Roy Conn, pria yang pasang paku peninggi badan melalui operasi.Roy Conn, pria yang pasang paku peninggi badan melalui operasi. Foto: Dok. ITV

Operasi pemanjangan tulang merupakan prosedur yang sudah dilakukan sejak 1950-an. Operasi ini melibatkan proses pembedahan yang sangat rumit, meskipun memakan waktu relatif sebentar.

""Mungkin memerlukan waktu sekitar 1,5 jam untuk melengkapi prosedur itu. Lalu pasien harus melalui proses pemanjangan, yang tulangnya akan memanjang (secara bertahap) sekitar 1 milimeter per hari," jelas Dr Kevin Debiparshad, dokter bedah yang mengoperasi Roy.

Seperti dikutip dari GQ, prosedur pemanjangan kaki dilakukan dengan cara mematahkan kedua tulang paha, kemudian dokter akan memasukkan semacam paku di antara patahan tersebut. Setiap paku terbuat dari titanium yang fleksibel dan kokoh, seperti tulang, seukuran piccolo (seruling kecil).

Setelah pemasangan selesai, pasien harus kontrol ke dokter setiap hari selama tiga bulan. Paku akan memanjang dengan bantuan remote control sekitar satu milimeter per hari.

Setelah tiga bulan dan tulang yang dipatahkan sembuh total, voila! Pasien menjadi lebih tinggi.

Roy mengungkap bahwa proses pemulihan pascaoperasi adalah momen terberat. Namun dia bisa menghadapinya seiring waktu.

"Awalnya sangat berat, dan, ya, tentu saja sangat menyakitkan. Tapi saya cuma harus melewatinya," tuturnya.

Tidak hanya harus menahan sakit luar biasa, tapi biaya yang dikeluarkan untuk operasi pun terbilang fantastis. Roy harus membayar sebesar £130,000 atau sekitar Rp 2,4 miliar.



Simak Video "CEO HOOK Entertainment Minta Maaf Terkait Kasus dengan Lee Seung Gi"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)
Adu Perspektif
×
Geger Capres Rambut Putih Keriput
Geger Capres Rambut Putih Keriput Selengkapnya