ADVERTISEMENT

Nekat Operasi Hidung Sendiri di Rumah, Pria Ini Berakhir di Rumah Sakit

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Minggu, 07 Agu 2022 13:03 WIB
Handsome man at beautician. Plastic surgery concept. Ilustrasi pria operasi plastik. Foto: iStock
Sao Paulo -

Banyak tips kecantikan maupun kesehatan yang berseliweran di media sosial, khususnya YouTube. Tidak sedikit tips-tips yang beredar dan jadi viral bukan diberikan oleh ahli, melainkan hanya influencer, yang keamanannya belum teruji secara ilmiah.

Untuk itulah, kita harus berhati-hati mengikuti tips atau tutorial di YouTube karena bisa berbahaya hingga berakibat fatal. Seperti yang dialami pria asal Brasil ini.

Seperti diberitakan Oddity Central, pria yang identitasnya tidak diungkap itu nekat melakukan operasi hidungnya sendiri, hanya berbekal pengetahuan yang didapat dari tutorial YouTube. Alhasil pria tersebut berakhir di ruang gawat darurat rumah sakit karena infeksi parah.

Pria yang tinggal di Sao Paulo ini harus dilarikan ke rumah sakit dan dirawat di UGD Campo Limpo Emergency Care Unit dengan luka yang terinfeksi. Dia menceritakan kepada dokter bahwa dirinya melakukan prosedur operasi tanpa peralatan yang memadai dan tidak memakai sarung tangan.

Sebelum operasi, pria tersebut menggunakan alkohol sebagai desinfektan dan anestesi yang biasa dipakai dokter hewan agar kebal rasa selama proses pembedahan. Setelah selesai 'mengoperasi' hidungnya sendiri, dia menjahit bekas pembedahan dengan benang khusus dan superglue untuk menutup luka operasi.

Tentu saja, luka operasi yang tidak dilakukan dengan benar, menjadi infeksi. Sesaat setelah pria tersebut datang ke rumah sakit, tim medis bergerak cepat membersihkan luka, menutupnya dengan perban dan memberi instruksi perawatan yang benar.

"Pasien pulang dari rumah sakit di hari yang sama, dan disarankan untuk kontrol dengan bagian perawatan mulut dan rahang," demikian pernyataan tertulis dari pihak rumah sakit.

Kasus ini membuat para dokter khawatir sekaligus prihatin dengan tren DIY di YouTube yang membahayakan. Sebab belakangan ini ramai video tutorial bertema 'home rhinoplasty' yang diduga mengajarkan orang untuk membuat hidung lebih kecil dan tipis lewat pembedahan sendiri.

Dokter pun memperingatkan prosedur yang dilakukan amatiran, terlebih lagi di tempat yang tidak steril, bisa membahayakan pasien hingga membuatnya kehilangan nyawa. Asosiasi Operasi Plastik di Brasil juga sudah mengeluarkan peringatan tertulis di situs resminya tentang fenomena ini.

"Rhinoplasty (operasi hidung) merupakan prosedur medis eksklusif yang mengharuskan pelaku prosedurnya memiliki spesialisasi dan kualifikasi memadai," tulisnya.



Simak Video "Sempat Diragukan, Model Curvy Shahnaz Indira Buktikan Prestasi di LFW"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)