ADVERTISEMENT

Kisah Wanita Jadi Pikun di Usia 37, Penyebabnya Ternyata dari Rumah Sendiri

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 30 Agu 2022 08:36 WIB
Amie Skilton Foto: Instagram @thatnaturopath
Jakarta -

Seorang wanita bernama Amie Skilton mengisahkan kondisi kesehatannya yang tidak biasa. Di usia 37 tahun, Amie pernah didiagnosa demensia atau pikun. Padahalnya sebelumnya ia tidak punya riwayat kesehatan apapun yang memicu penyakit tersebut. Tak disangka penyebabnya berasal dari rumahnya sendiri.

Amie Skilton adalah salah satu orang yang rentan dengan paparan jamur. Kondisi tersebut bisa menyebabkan peradangan bahkan kerusakan otak. Di negaranya sendiri di Australia, ada sekitar 35% populasi yang mengalami hal demikian. Karena jamur di rumahnya, lima tahun lalu Amie yang mendapati dirinya tiba-tiba sakit.

"Otakku sebelumnya baik-baik saja dan tubuhku baik-baik saja. Tapi kemudian aku mulai sakit, benar-benar sakit, sekitar dua bulan," kata wanita yang bekerja sebagai nutrisionis dan naturopath tersebut.

Sebagai seorang nutrisionis tentu selama ini Amie memperhatikan kesehatannya. Ketika memeriksakan kesehatan, dokter tidak menemukan hal yang aneh. Karena itu, kondisi kesehatan yang tiba-tiba menurun dirasa sangat aneh. Apalagi wanita yang kini berusia 42 tahun itu jadi kesulitan fokus dan bekerja.

Amie SkiltonAmie Skilton Foto: Instagram @thatnaturopath

"Beberapa hari aku tidak tahu caranya pakai baju. Aku melihat baju dan benar-benar bingung bagaimana memakainya," kata wanita yang pernah sampai lupa namanya sendiri kepada New York Post.

Sampai suatu hari Amie membaca postingan seorang teman bahwa suaminya rentan dengan paparan jamur dan mereka baru saja menemukan kebocoran jamur di apartemen. Ia lalu ingat dengan kondisi rumahnya sendiri dan sadar ada jamur di garasi bawah ketika baru pindah tapi tukang yang bertugas tidak melakukan apa-apa. Amie lalu terpikir untuk memeriksa bagian bawah karpetnya.

Amie SkiltonAmie Skilton Foto: Facebook Amie Skilton

"Karpetnya benar-benar tidak apa-apa di bagian atas tapi ketika dia angkat, semuanya dipenuhi jamur hitam. Ketika kami membuka cover kasur, kasurnya berwarna hijau," tuturnya.

Ternyata kondisinya disebabkan karena sejumlah bagian di rumah yang berjamur karena cuaca yang sangat panas. "Itu mungkin berlangsung sangat lama karena ketika itu musim panas dan matahari sangat terang, kami selalu membuka jendela dan kita tidak pernah tahu ada kebocoran sama sekali. Gejala pertama yang aku sadari adalah alergi, alergi parah, dan aku tambah 10 kg tiba-tiba," ungkapnya.

Setelah melakukan tes dan terbukti rentan dengan jamur, Amie dan keluarga akhirnya pindah rumah. Untungnya kondisi demensia yang pernah dialami tidak bertambah parah dan kini sudah bisa beraktivitas dengan normal. Amie pun menyarankan agar orang-orang memperhatikan bagian rumah dan mencegahnya terlalu lembap di musim yang panas.

(ami/ami)