Mau Makan Nasi Putih Saat Diet? Ini Caranya Supaya Berat Badan Nggak Naik

Tim Beautynesia - wolipop Jumat, 24 Jun 2022 05:30 WIB
A bowl of steamed white rice in a Padang eatery. The cooked rice is served in a big bowl that serves several portion for a group of diners. In the background is Padang side dishes that accompanies the rice. Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008
Jakarta -

Nasi putih termasuk makanan yang dihindari pelaku diet. Kamu ingin makan nasi putih saat diet? Berikut cara yang bisa dilakukan agar timbangan nggak naik setelah makan.

Orang yang melakukan diet biasanya akan menghindari nasi dengan harapan bisa lebih cepat menurunkan berat badan. Padahal jika kamu salah dalam mengukur porsi makan dan membiarkan dirimu kekurangan karbohidrat, maka kamu justru akan lemas seharian.

Karbohidrat sendiri penting bagi tubuh karena menyediakan energi. Kamu tetap boleh makan nasi ketika ingin menurunkan berat badan asal memahami caranya.

Berikut hal-hal yang bisa dilakukan agar bisa tetap makan nasi putih saat diet:

Tidak Makan Nasi Bersamaan dengan Karbo Lain

Aturan yang pertama, ketika makan nasi maka kamu jangan sampai memakannya berdampingan dengan karbo lain. Karbo yang dimaksud adalah mie atau olahan tepung lainnya. Mengapa?

Bayangkan saja kamu mengkonsumsi karbo yang sudah banyak kalori digabung dengan jenis karbo lain yang tak kalah banyak mengandung kalori. Tubuh otomatis akan kelebihan kalori sehingga mengubahnya ke dalam bentuk lemak. Tak heran jika akhirnya berat badanmu akan naik.

Memperbanyak Porsi Sayur dan Protein Dibanding Nasi

Ketika kamu makan nasi namun masih dalam program diet, maka kamu perlu perhatikan porsinya. Jangan sampai porsi nasi melebihi sayur dan lauk yang menjadi pendampingnya. Kamu bisa coba untuk mengkonsumsi 3-4 sendok dan melengkapinya dengan sayur serta lauk berupa protein.

Penting untuk memperbanyak porsi sayur karena sayur sendiri mendatangkan manfaat bagi tubuh dan tentunya rendah kalori. Melansir dari laman laman Eating Well, mengkonsumsi sayur mendatangkan banyak manfaat, di antaranya melawan peradangan, meningkatkan serat, melembapkan kulit, menurunkan risiko kanker, meningkatkan imun, dan berbagai banyak manfaat baik lainnya.

Bagaimana lagi cara bisa tetap makan nasi putih saat diet tanpa takut berat badan naik? KLIK DI SINI untuk meneruskan membaca.



Simak Video "KuTips: Simak Cara Diet Sehat saat Puasa Ala Ahli Gizi!"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)