11 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Diet, Wajib Kepo!

Anggi Mayasari - wolipop Selasa, 07 Jun 2022 11:00 WIB
Efek Konsumsi Kentang Goreng Terlalu Sering Foto: Getty Images/iStockphoto/Jobrestful

Jakarta -

Makanan memiliki pengaruh besar pada berat badan. Ada beberapa makanan yang tidak boleh dimakan saat diet. Apa saja?

Beberapa makanan, seperti yogurt, minyak kelapa, dan telur, membantu menurunkan berat badan. Sementara itu, makanan lain terutama produk olahan, bisa membuat kamu bertambah gemuk.

Berikut adalah 11 makanan yang tidak boleh dimakan saat kamu mencoba menurunkan berat badan:

1. Kentang Goreng dan Keripik Kentang

Kentang utuh sehat dan mengenyangkan, tetapi kentang goreng dan keripik kentang tidak. Mereka sangat tinggi kalori, dan mudah untuk makan terlalu banyak.

Dalam studi observasional, mengkonsumsi kentang goreng dan keripik kentang telah dikaitkan dengan penambahan berat badan. Kentang goreng dan keripik kentang adalah makanan yang tidak boleh dimakan saat diet, sebaliknya kentang utuh yang direbus sehat untuk dikonsumsi.

2. Minuman Manis

Minuman yang dimaniskan dengan gula, seperti soda, adalah salah satu makanan paling tidak sehat di bumi. Mereka sangat terkait dengan penambahan berat badan dan dapat memiliki efek kesehatan yang berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

Kalori gula cair tidak membuat kamu merasa kenyang, dan kamu tidak akan makan lebih sedikit untuk mengimbanginya. Jika kamu serius ingin menurunkan berat badan, pertimbangkan untuk berhenti minum minuman manis sepenuhnya.

3. Roti Putih

Roti putih sangat halus dan sering mengandung banyak gula tambahan. Ini tinggi pada indeks glikemik dan dapat meningkatkan kadar gula darah.

Ada banyak alternatif sehat untuk roti gandum konvensional. Namun, perlu diingat bahwa semua roti gandum mengandung gluten. Beberapa pilihan lain termasuk roti oopsie, roti jagung, dan roti tepung almond.

4. Permen

Permen sangat tidak sehat. Mereka mengemas banyak gula tambahan, minyak tambahan dan tepung halus ke dalam paket kecil.

Permen tinggi kalori dan rendah nutrisi, inilah yang membuat permen jadi salah satu makanan yang tidak boleh dimakan saat diet. Jika kamu menginginkan camilan, makanlah sepotong buah atau segenggam kacang sebagai gantinya.

(eny/eny)