8 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet, Roti hingga Pizza

Arina Yulistara - wolipop Senin, 28 Feb 2022 15:00 WIB
Makanan yang harus dihindari saat diet. Foto: Getty Images/iStockphoto/Oksana_Bondar Makanan yang harus dihindari saat diet. Foto: Getty Images/iStockphoto/Oksana_Bondar
Jakarta -

Sedang diet? Ada sejumlah makanan yang harus dihindari saat diet. Apa saja makanan yang harus dihindari saat diet?

Makanan yang kamu konsumsi dapat memiliki pengaruh besar pada berat badan. Beberapa makanan, seperti yogurt, minyak kelapa, dan telur, mungkin membantu menurunkan berat badan.

Meski demikian, ada makanan yang harus dihindari saat diet, terutama pada produk olahan. Roti putih menjadi salah satu asupan yang harus dihindari saat diet.

Berikut deretan makanan yang harus dihindari saat diet, seperti dilansir dari Healthline:

1. Kentang Goreng

Makanan yang harus dihindari saat diet pertama adalah kentang goreng. Mungkin kentang utuh sehat dan mengenyangkan tapi kentang goreng dan keripik kentang merupakan makanan yang harus dihindari saat diet.

Kentang goreng sangat tinggi kalori dan mudah untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak. Dalam studi observasional, mengonsumsi kentang goreng dan keripik kentang telah dikaitkan dengan penambahan berat badan sehingga masuk ke dalam daftar makanan yang harus dihindari saat diet.

Satu studi bahkan menemukan bahwa keripik kentang bisa berkontribusi pada penambahan berat badan lebih banyak per porsi daripada makanan lain. Terlebih lagi, kentang goreng mungkin mengandung zat penyebab kanker yang disebut akrilamid sehingga masuk kategori makanan yang harus dihindari saat diet.

2. Roti Putih

Roti putih sangat halus dan sering mengandung banyak gula tambahan sehingga menjadi makanan yang harus dihindari saat diet. Roti putih tinggi menjadi makanan yang harus dihindari saat diet karena juga meningkatkan kadar gula darah.

Satu studi terhadap 9.267 orang menemukan bahwa makan dua potong (120 gram) roti putih per hari dikaitkan dengan risiko kenaikan berat badan dan obesitas 40% lebih besar. Jadi roti putih termasuk daftar makanan yang harus dihindari saat diet.

3. Permen Bar

Permen batangan atau permen bar sangat tidak sehat dan merupakan makanan yang harus dihindari saat diet. Permen mengemas banyak gula, minyak tambahan, dan tepung.

Permen batangan tinggi kalori dan rendah nutrisi karena itu menjadi makanan yang harus dihindari saat diet. Permen bar rata-rata dilapisi cokelat yang mengandung sekitar 200 sampai 300 kalori.

4. Jus Buah Kemasan

Sering membeli jus buah kemasan? Jangan terlalu sering karena menjadi salah satu makanan yang harus dihindari saat diet.

Kenapa jus buah kemasan harus dihindari? Apalagi makanan yang harus dihindari saat diet? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2