5 Kesalahan Diet yang Harus Dihindari, Penyebab Gagal Turun Berat Badan

Hestianingsih - wolipop Jumat, 06 Agu 2021 19:30 WIB
Asian woman in joyful postures with hand holding salad bowl Kesalahan diet yang harus dihindari. Foto: Getty Images/iStockphoto/amenic181
Jakarta -

Kenapa diet sering gagal? Bisa jadi kamu melakukan deretan kesalahan diet yang harus dihindari berikut ini.

Bagi kamu yang sedang menjalani diet penurunan berat badan dan merasa tidak ada dampaknya, mungkin ada beberapa kesalahan yang kelihatannya sepele tapi ternyata berdampak besar terhadap kesuksesan diet kamu. Pakar diet yang menulis buku 'The Good Mood Diet and The Power Food Nutrition Plan' Susan Kleiner, mengungkapkan apa saja kesalahan diet yang harus dihindari. Salah satunya adalah kamu menunda sarapan.

Berikut selengkapnya kesalahan diet yang harus dihindari:

1. Tidak Membatasi Konsumsi Gula

Hanya karena kamu tidak makan permen atau cupcakes, bukan berati tidak mengonsumsi banyak gula. Yoghurt, smoothies, oatmeal bahkan nasi sekalipun juga mengandung gula. Saat diet penurunan berat badan, jumlah konsumsi gula sebaiknya dibatasi hanya sebanyak 22 gram atau 6 sendok teh per hari. Alternatifnya, hitunglah gula dari makanan yang akan kamu konsumsi. Pilihlah oatmeal yang mengandung 8 gram gula, plain yogurt, atau buah-buahan yang rata-rata memiliki 10 gram gula.

2. Kesalahan Diet: Kurang Asupan Lemak

"Banyak orang yang terfokus pada menghilangkan lemak sehingga mereka lebih memilih mengonsumsi makanan bebas lemak. Padahal kebutuhan kalori dari lemak yang dibutuhkan manusia adalah sekitar 20 - 35 persen," ujar Susan Kleiner.

Jika kebutuhan kalori kamu kurang tercukupi, hal tersebut dapat memengaruhi suasana hati. Selain itu juga bisa menyebabkan timbulnya rasa marah maupun kecemasan.

Efek buruknya, kamu tidak merasa kenyang sehingga dapat memicu untuk makan lebih banyak lagi. Cara mengatasinya adalah dengan makan sayuran yang dikukus seperti bayam, brokoli, wortel, kemudian mencampurkan sayuran tersebut dengan minyak zaitun atau taburan kacang almond yang kaya lemak sehat. Bisa juga dengan mengonsumsi ikan tuna atau salmon.

Diet 20/20, Pola Diet yang Sarankan Konsumsi 20 Makanan SuperKesalahan diet yang harus dihindari. Foto: Getty Images/iStockphoto/Kiwis

3. Menunda Sarapan atau Malah Tidak Sarapan

Kesalahan diet yang harus dihindari berikutnya adalah tidak sarapan. Seringkali kamu bangun kesiangan sehingga memilih menunda sarapan setelah sampai kantor. Mungkin juga kamu sudah bangun pagi, namun menunda sarapan. Hal ini merupakan sebuah kebiasaan buruk yang harus kamu tinggalkan.

Otak kamu bekerja dengan bantuan glukosa. Sehingga ketika kamu menunda atau bahkan meninggalkan sarapan, maka kerja otak akan menurun dan meningkatkan risiko stres, terlebih ketika kamu harus menghadapi beban pekerjaan. Sarapan meningkatkan metabolisme dalam tubuh sebesar 10 persen, sehingga kalori yang terbakar cukup banyak.

4. Kesalahan Diet: Tidak Makan Setelah Olahraga

Kebanyakan orang memilih tidak makan setelah olahraga. Mereka takut aktivitas tersebut akan terbuang percuma karena khawatir kalori yang dikonsumsi tidak sebanding dengan kalori yang dibakar.

Padahal makan makanan ringan setelah olahraga cukup penting untuk mengisi nutrisi pada otot agar cepat pulih, serta mencegah makan berlebihan pada jam berikutnya. Kleiner menyarankan untuk meminum secangkir susu cokelat, whey protein atau buah setelah berolahraga. Susu mengandung banyak leucine dan asam amino yang baik untuk perbaikan dan pertumbuhan otot.

Mengonsumsi makanan olahan seperti nugget, sosis, bakso atau french fries memang memudahkan kamu dalam menyajikan masakan. Namun perlu kamu ketahui, makanan ini tidak benar-benar padat gizi juga tinggi lemak dan kalori.

Kebanyakan makanan olahan mengandung sedikit antioksidan dan serat, selain itu makanan jenis ini juga cenderung memiliki kadar natrium yang cukup tinggi. Sebaiknya kamu memasak sendiri makanan yang berasal dari bahan-bahan alami, atau istilah populernya whole foods karena masih mengandung nutrisi lengkap.

Itulah tadi kesalahan diet yang harus dihindari. Coba perhatikan lagi apakah dalam menjalani diet, kamu melakukan kesalahan-kesalahan di atas.



Simak Video "Jalani Diet, Berat Badan Ivan Gunawan Turun 25 Kg"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)