Ini Diet Terbaik di 2021 Menurut Pakar Nutrisi dan Kesehatan

Hestianingsih - wolipop Rabu, 06 Jan 2021 15:41 WIB
diet Mediterania Foto: iStock
Jakarta -

Diet Mediterania kembali mendapat predikat sebagai pola makan atau diet terbaik 2021. Untuk keempat kalinya secara berturut-turut, US News World Report, panel beranggotakan pakar nutrisi dan spesialis kesehatan menetapkan bahwa pola makan a la Mediterania adalah yang paling sehat di 2021.

Dari 39 jenis diet yang ada, diet Mediterania berada di ranking pertama. Diet ini dinilai sebagai pola makan yang paling aman dan efek kesehatannya nyata.

Pola makan berbasis nabati ini telah terbukti secara ilmiah membantu mencegah berbagai penyakit kronis bahkan memperpanjang harapan hidup. Sementara itu panel menyatakan bahwa diet keto atau ketogenic sebagai diet terburuk di 2021.

Ranking diet terbaik dan paling buruk ditentukan berdasarkan tujuh kategori dengan skala penilaian 1 sampai 5. Kategori tersebut adalah kelengkapan nutrisi, seberapa mudah diet bisa diikuti, potensi penurunan berat badan jangka panjang-jangka pendek, tingkat keamanan, efek samping serta kemampuan mencegah penyakit seperti gangguan jantung dan diabetes.

Diet Mediterania mendapat nilai tertinggi untuk beberapa kategori. Di antaranya diet terbaik untuk pola makan sehat, paling mudah diikuti, terbaik untuk penderita diabetes, diet berbasis nabati terbaik dan diet jantung sehat terbaik.

diet MediteraniaDiet Mediterania. Foto: iStock

"Tidak mengejutkan jika melihat daftar tiga atau lima teratas diet yang paling baik... satu persamaan dari kelima diet ini (termasuk Mediterania) adalah pola makan yang kaya akan buah-buahan, sayuran, gandum utuh dan lemak sehat," kata Kathie Beals, pakar diet dari University of Utah, seperti dikutip dari Insider.

Konsep diet Mediterania berasal dari negara-negara yang terletak di perbatasan Laut Mediterania. Secara budaya, orang-orang di sana terbiasa mengonsumsi banyak kacang-kacangan dan lemak sehat.

Mereka juga mengandalkan pangan dari laut dan diolah langsung saat masih segar. Selain itu orang Mediterania juga banyak mengonsumsi gandum utuh, biji-bijian dan sesekali minum wine yang kaya antioksidan.

Sebagian besar makanan yang mereka konsumsi kaya akan vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya seperti serat dan polifenol, senyawa kimia yang membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Diet Mediterania juga membantu menurunkan risiko diabetes dan beberapa jenis kanker.

diet MediteraniaDiet Mediterania. Foto: iStock

Selain itu diet Mediterania juga bisa membantu program penurunan berat badan dengan cara yang sehat. Sebab diet ini menghindari konsumsi makanan tinggi kalori, tinggi gula dan produk hasil olahan pabrik.

Diet Mediterania lebih fokus pada makanan yang 'ramah jantung' dan lemak sehat seperti minyak zaitun, alpukat, salmon, mackerel, dan sebagainya. Pada intinya diet ini tidak fokus pada penurunan berat badan secara drastis, tapi mendorong orang agar mau makan sehat sebagai gaya hidup sehari-hari dengan bonus tubuh ramping.

Berikut diet terbaik untuk tahun 2021:

1. Diet Mediterania

2. Diet flexitarian dan DASH

3. WW atau Weight Watchers

4. Diet MIND, diet Mayo Clinic

5. Diet Ornish, diet vegetarian, dan diet Nordik

(hst/hst)