10 Tips Diet Sehat yang Efektif Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Arina Yulistara - wolipop Jumat, 27 Mei 2022 15:45 WIB
Diet Nol Karbohidrat Foto: iStock

Jakarta -

Mencari tips diet sehat yang efektif turunkan berat badan tanpa berolahraga? Mungkin bisa ikuti beberapa tips diet sehat tanpa olahraga di bawah ini.

Beberapa orang merasa menjalani diet sehat dengan mengatur pola makan saja sudah cukup untuk menurunkan berat badan. Belum lagi jika kamu memiliki aktivitas fisik yang menguras tenaga setiap hari sehingga hasilnya sama seperti olahraga secara khusus.

Jika kamu hobi jalan kaki saja saat pergi ke kantor atau setiap pagi hari, itu sudah termasuk berolahraga. Untuk itu, kamu perlu mengimbanginya dengan mengikuti tips diet sehat dalam mengatur makanan.

Bagaimana tips diet sehat yang efektif menurunkan berat badan tanpa olahraga? Simak tips diet sehat yang bisa kamu jalani untuk menurunkan berat badan setelah Lebaran:

1. Minum air hangat setelah bangun tidur

Mengutip dari Times of India, tips diet sehat dengan mengawali hari mengonsumsi segelas air hangat. Coba mulai besok kamu bangun pagi hari jangan mengonsumsi minuman manis seperti teh tapi ganti dengan segelas air putih hangat.

Hampir 75% tubuh kita mengandung air dan elektrolit. Oleh sebab itu, tips diet sehat terbaik memulai hari dengan mengonsumsi segelas air hangat.

Minum segelas air putih pada pagi hari bisa membantu membuang racun dan memperlancar saluran pencernaan. Tips diet sehat pada poin satu ini juga akan memberikan manfaat ganda, seperti membantu mengurangi lemak perut dan kulit lebih bercahaya.

2. Minum air lemon

Tips diet sehat selanjutnya, setengah jam setelah minum air hangat lanjutkan dengan mengonsumsi air lemon. Manfaatnya bisa membantu membakar lemak dan mengeluarkan racun dari tubuh.

Jika ingin melakukan tips diet sehat poin kedua, cukup peras setengah lemon ke dalam air hangat yang akan membantu membakar timbunan lemak dalam tubuh. Jika tidak suka rasanya maka bisa menambahkan satu sendok teh madu sesuai selera. Hindari menambahkan gula.

3. Makan dalam porsi kecil tapi sering

Tips diet sehat untuk menurunkan berat badan dengan mengurangi porsi makan. Ahli diet bersertifikasi Salaamah Solomon mengatakan bahwa penting mengurangi jumlah makanan tapi tetap seimbang.

Kamu bisa mulai mengurangi porsi makan dengan menggunakan piring kecil. Tips diet sehat tanpa obat, makan menggunakan piring kecil bisa membantu kamu mengonsumsi makanan lebih sedikit namun membuat porsi terlihat besar.

Berbeda saat makan menggunakan piring besar maka yang terlihat akan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil sehingga merasa belum kenyang. Makan lah secara perlahan dalam porsi kecil tapi sering. Ganti camilan dengan buah atau biji-bijian untuk mendapatkan banyak serat sehat.

4. Makan tanpa nonton Netflix

Tahukah kamu kalau makan sambil nonton Netflix atau drama Korea bisa mempengaruhi berat badan? Untuk itu, salah satu tips diet sehat agar tidak makan berlebihan dengan menyimpan gadget ketika mengonsumsi makanan.

Tips diet sehat dengan memperhatikan apa yang kamu konsumsi bisa membantu makan lebih sedikit kalori. Orang yang makan sambil menonton televisi atau bermain komputer mungkin lupa berapa banyak yang telah mereka makan. Pada gilirannya bisa menyebabkan makan berlebihan.

Suatu ulasan dari 24 penelitian menemukan bahwa orang yang terganggu (gadget) saat makan akan mengonsumsi sekitar 10% lebih banyak makanan. Selain itu, kebiasaan tersebut juga akan berpengaruh besar pada asupan kamu di kemudian hari. Orang-orang yang terganggu saat makan bisa mengonsumsi 25% lebih banyak kalori nantinya daripada mereka yang tidak.

(eny/eny)