Jam Sarapan Pagi untuk Diet yang Penting Diperhatikan Jika Mau Turun BB

Hestianingsih - wolipop Selasa, 08 Mar 2022 05:36 WIB
Ilustrasi sarapan Ilustrasi sarapan pagi. Foto: iStock
Jakarta -

Sarapan sangat penting untuk keberhasilan diet. Jika kamu ingin menurunkan berat badan, maka jangan lewatkan waktu sarapan supaya hasilnya lebih maksimal.

Jam sarapan pagi untuk diet penting diperhatikan. Menurut para pakar nutrisi, sarapan sebaiknya tidak lebih dari pukul 09.00.

Kamu juga harus mengatur waktu sarapan yang tepat. Disarankan makan pagi satu jam setelah bangun tidur untuk menjaga ritme sirkadian. Bagi kamu yang belum tahu, ritme sirkadian adalah siklus 24 jam dalam proses fisiologis untuk menentukan pola tidur dan pola makan.

Selain itu sarapan dalam rentang waktu satu jam setelah bangun tidur dapat menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah serta lebih cepat meningkatkan metabolisme tubuh. Namun tak hanya masalah jam sarapan pagi untuk diet, menu dan cara menyantapnya juga ada aturannya. Apa saja?

1. Tinggi Protein, Rendah Gula

Pilihlah makanan yang tinggi protein seperti telur, selai kacang, alpukat, atau sedikit daging ayam. Makanan tinggi protein memberikan ekstra energi agar bersemangat pada pagi hari serta membantu kamu supaya tidak berlebihan saat makan siang.

Jangan terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula, seperti pancake atau roti dengan selai cokelat. Makanan dengan gula tinggi dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang membuat lebih cepat lapar.

2. Sarapan Minimal dengan 8 Gram Serat

Salah satu kunci menurunkan berat badan adalah mengonsumsi makanan yang membuat kamu kenyang sehingga tidak ingin melahap lebih banyak dan berkalori tinggi. Untuk makan pagi, konsumsilah sedikitnya 8 gram serat. Bila kamu punya waktu lebih sebelum berangkat ke kantor, cobalah membuat sarapan yang mengandung 10 gram serat dan bebas gluten, misalnya bubur oatmeal atau buah-buahan seperti apel, pisang dan jeruk.

3. Sarapan Secukupnya

Penting menjaga jumlah kalori ketika sarapan. Asupan kalori yang dianjurkan sekitar 300 sampai 600 agar berat badan tetap seimbang. Maka dari itu, pilih makanan rendah kalori. Yoghurt, buah, dan roti gandum adalah pilihan yang tepat.

Jadi, coba periksa lagi, sudah tepatkah jam sarapan pagi untuk diet yang sedang kamu jalani?



Simak Video "KuTips: Simak Cara Diet Sehat saat Puasa Ala Ahli Gizi!"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)