11 Tips Diet Tanpa Olahraga yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Virgina Maulita Putri - wolipop Kamis, 24 Okt 2019 05:30 WIB
11 Tips Diet Tanpa Olahraga yang Ampuh Turunkan Berat Badan Foto: iStock 11 Tips Diet Tanpa Olahraga yang Ampuh Turunkan Berat Badan Foto: iStock

Jakarta - Diet dan olahraga merupakan dua hal kunci yang harus dilakukan untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Tapi menuruti jadwal olahraga rutin mungkin sulit bagi sebagian besar orang, terutama mereka yang sibuk bekerja setiap harinya.

Lantas, bisakah diet tanpa olahraga? Tentu saja bisa dan tetap efektif dalam menurunkan berat badan.



Berikut adalah 11 tips diet tanpa olahraga yang ampuh turunkan berat badan secara alami seperti dirangkum Wolipop dari Healthline:

1. Kunyah Lebih Lama

Mengunyah makanan dengan lebih seksama akan membuat durasi makan kalian menjadi lebih lama. Durasi makan sendiri terkait dengan asupan makanan yang berkurang, rasa kenyang yang meningkat dan porsi makanan yang lebih kecil.

2. Gunakan Piring Kecil untuk Makanan Tidak Sehat

Makan dengan menggunakan piring kecil bisa membantu kalian makan lebih sedikit dengan membuat porsi makanan menjadi besar. Jadi jika ingin makanan tidak sehat, lebih baik menggunakan piring kecil sehingga porsi makanan tidak sehat menjadi lebih sedikit.

3. Makan Banyak Protein

Menu makanan diet tanpa olahraga harus mengandung banyak protein. Protein bisa meningkatkan rasa kenyang, mengurangi rasa lapar dan membantu mengonsumsi lebih sedikit kalori. Beberapa makanan yang kaya protein adalah daging, ikan, yoghurt, quinoa dan almond.

4. Sembunyikan Makanan Tidak Sehat

Menaruh makanan tidak sehat di tempat yang bisa dilihat bisa mendorong kalian mengonsumsi makanan tersebut. Lebih baik simpan makanan tidak sehat di tempat yang tidak terlihat seperti laci atau lemari sehingga tidak mudah dilihat ketika kalian sedang lapar.

5. Makan Banyak Serat

Menu makanan diet tanpa olahraga lainnya harus mengandung banyak serat. Serat bisa membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori. Selain itu, serat juga baik untuk kesehatan pencernaan.

Tips Diet Tanpa Olahraga yang AmpuhTips Diet Tanpa Olahraga yang Ampuh Foto: Instagram


6. Banyak Minum Air Putih

Minum air putih sebelum makan bisa membantu kalian makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan. Apalagi jika kalian menjadikan air putih sebagai pengganti dari minuman dengan banyak kalori seperti soda atau jus.

7. Porsi Makan yang Lebih Sedikit

Porsi makanan yang besar mendorong kalian untuk makan lebih banyak dan bisa menambah berat badan. Sajikan makanan dengan porsi yang lebih kecil agar bisa menurunkan asupan kalori dan membantu diet.

8. Makan Tanpa Gangguan Layar

Orang yang makan sambil menonton TV atau bermain video game seringkali tidak menyadari berapa banyak makanan yang mereka konsumsi. Ini bisa menyebabkan overeating. Jadi sebisa mungkin perhatikan apa yang kalian makan agar bisa makan lebih sedikit.



9. Tidur Cukup dan Hindari Stres

Kurang tidur saat diet bisa mengganggu hormon yang mengatur rasa lapar yaitu leptin dan ghrelin. Sedangkan stres bisa meningkatkan produksi hormon kortisol.

Adanya fluktuasi hormon ini bisa meningkatkan rasa lapar dan ngidam akan makanan tidak sehat, dan akan berujung pada asupan kalori yang lebih besar.

10. Kurangi Minuman Manis

Tips diet tanpa olahraga agar cepat kurus lainnya adalah mengurangi minuman manis. Karena minuman ini biasanya memiliki gula tambahan dengan kalori yang juga berlebih.

Sangat mudah mendapat asupan kalori berlebih dari minuman manis karena kalori cair tidak membuat kenyang seperti kalori padat dari makanan. Lebih baik ganti minuman manis dengan air putih, kopi atau teh hijau.

11. Gunakan Piring Merah

Salah satu strategi yang tidak biasa untuk diet tanpa olahraga adalah dengan makan menggunakan piring merah. Piring berwarna merah bisa membantu kalian makan lebih sedikit. Penjelasannya mungkin bahwa kita mengaitkan warna merah dengan tanda berhenti atau tanda peringatan lainnya. (vmp/eny)