7 Cara Diet untuk Pemula, Bisa Kamu Coba Sekarang Juga

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 19 Feb 2022 16:01 WIB
Young Asian woman received a box full of colourful and fresh organic groceries ordered online by home doorstep delivery. She is planning to cook a healthy meal in the kitchen at home. Healthy eating lifestyle Ilustrasi diet. Foto: Getty Images/AsiaVision
Jakarta -

Ingin memulai pola makan sehat tapi bingung harus mulai dari mana? Sebagai pemula wajar saja jika kamu dibuat bingung dengan berbagai cara diet yang ada.

Cara diet untuk pemula sebenarnya mudah namun diperlukan kedisiplinan sampai akhirnya jadi rutinitas yang sehat. Kunci diet sukses adalah tidak memaksakan hingga membuat tubuh menderita dan kelaparan. Berikut ini cara diet untuk pemula yang bisa dipraktekkan mulai dari sekarang:

1. Perlahan Tapi Pasti

Diet tidak selalu harus menahan lapar atau nafsu makan. Masalah yang sering dialami para pemula adalah mereka sering kali merasa malas menjalani diet sehat karena berarti menjauhkan mereka dari pola makan biasanya.

Oleh karena itu mulailah lakukan perubahan-perubahan kecil terlebih dahulu. Mengganti atau menukar asupan makanan bisa jadi solusinya. Misalnya saja dengan mengurangi konsumsi karbohidrat per hari dari yang biasanya memenuhi setengah piring dengan nasi jadi hanya 1/4 nya.

2. Tambahkan Porsi Sayuran

Tambahkan porsi sayuran pada setiap kali makan seiring dengan semakin sedikitnya karbohidrat yang dikonsumsi. Cara ini akan membuat kamu lebih mudah kenyang tanpa mengonsumsi banyak kalori. Nilai bonusnya adalah mendapatkan nutrisi yang lengkap serta serat. sehingga tubuh semakin sehat.

3. Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Cara diet untuk pemula selanjutnya, saat merasa perut sudah cukup terisi, maka berhentilah makan. Dua hingga tiga jam kemudian pasti kamu akan merasa lapar, maka makanlah kembali. Tetapi jangan makan dengan porsi lengkap lagi, gantilah dengan buah atau salad. Sebuah apel bisa mengganjal perut yang mulai kosong.

4. Sedikit-sedikit Kurangi Gula

Bagi orang dewasa, asupan gula sebaiknya dikurangi. Karena di usia yang menua, metabolisme tubuh pun semakin melambat. Hal ini menyebabkan kemampuan tubuh untuk mengubah gula jadi energi juga berkurang, terutama jika asupan gula melebihi kadar normal.

Akibatnya, gula bisa menyumbat aliran darah dan 'mengundang' berbagai penyakit untuk menyerang tubuh Anda. Beberapa penyakit yang rentan diderita karena kelebihan gula, diantaranya diabetes, gagal ginjal dan kanker liver.

Jadi, mulai sekarang hindari konsumsi permen, soda, es krim juga cake. Selain penganan manis, gula juga terdapat dalam nasi dan roti putih. Jadi sebaiknya batasi juga asupannya. Selain bermanfaat bagi kesehatan, mengurangi konsumsi gula juga bisa bantu program penurunan berat badan lebih efektif.

5. Jangan Lewatkan Jam Makan

Rencanakan jam makan dengan benar. Makan yang dimaksud adalah sarapan, makan siang dan makan malam. Sangat penting bagi kamu agar tidak melewatkan salah satu dari ketiganya. Sebab telat makan berpotensi membuat kamu makan berlebihan akibat pertu yang terlalu lapar.

6. Makan Camilan Sehat

Mengonsumsi camilan di sela jam makan akan memastikan kamu tidak merasa lapar sepanjang hari, sehingga tidak membuat makan berlebihan. Buah-buahan dan sayuran yang kayak akan serat, nutrisi, antioksidan dan energi sangat baik untuk Anda tambahkan ke dalam daftar makanan. Makanlah kudapan antara beberapa jam sebelum dan setelah makan siang.

7. Perbanyak Minum Air Putih

Terkadang rasa lapar yang kamu rasakan disebabkan kurangnya cairan. Cara diet untuk pemula, perbanyaklah minum air putih minimal 6-8 gelas/hari. Pastikan minum setengah jam sebelum makan agar Anda merasa lebih kenyang, sehingga bisa mengontrol makan.

Tonton juga Video: Perancang Istana Negara Baru, Tak Mau Dibayar Malah Mau Menyumbang

[Gambas:Video 20detik]




(hst/hst)