Kisah Wanita Ungkap Kasus Dokter 'Our Father' yang Diam-diam 'Hamili' Ibunya

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 19 Mei 2022 07:15 WIB
Jacoba Ballard Foto: Dok. Netflix
Jakarta -

Kisah Donald Cline yang diangkat dalam film Our Father membuat para penonton ikut merasa horor. Terungkapnya kasus tersebut berawal ketika salah satu 'anaknya', Jacoba Ballard, merasakan kejanggalan karena tidak mirip dengan anggota keluarganya lain. Ketika Jacoba akhirnya tes DNA, ia terkejut mengetahui ternyata punya puluhan saudara lain.

Jacoba Ballard selalu merasa ada yang aneh dengan dirinya yang berbeda secara fisik dengan keluarganya. Ia berambut pirang dan bermata biru sedangkan yang lain berkulit dan bermata lebih gelap. Di 2014, ia akhirnya melakukan tes DNA dan terkejut saat melihat hasilnya di situs 24andMe. Sejak saat itu, hidup Jacoba yang baru tahu ia punya tujuh saudara lain tidak pernah sama lagi.

"Itu benar-benar menghapus identitasmu. Kamu benar-benar tidak tahu siapa dirimu yang sebenarnya lagi," katanya dilansir Time.

Our FatherOur Father Foto: Dok. Netflix

Ketika dilakukan investigasi, ternyata mereka semua dilahirkan setelah ibu mereka menjalani perawatan kesuburan dengan Donald. Yang lebih parah, mereka bisa saja punya puluhan saudara lain karena sang dokter diduga menukar dan menggunakan spermanya sendiri kepada banyak pasien wanita yang sedang kesulitan hamil.

Untuk mengungkap 'penipuan kesuburan' yang dilakukan Donald, Jacoba melakukan pencarian sejak 2017. Ia pun harus membawa kabar buruk itu kepada saudara-saudara satu ayahnya yang lain yang dikatakannya tidak mudah. "Itu adalah perasaannya yang memuakkan," tuturnya.

"Banyak dari mereka yang tidak tahu mereka didapatkan dari donor (sperma) dan beberapa percaya mereka datang dari sperma ayah mereka. Setiap kali kami dapat kecocokan aku memberikan berita ini dan aku seperti menghancurkan hidup mereka," kata Jacoba dilansir The Guardian.

Our FatherOur Father Foto: Dok. Netflix

Jacoba dipuji sebagai sosok yang hebat karena bisa menghadapi situasi ini. Bagi dirinya sendiri, pencarian anak-anak Donald Cline dan pembuatan film 'Our Father' adalah sebuah penyembuhan. Ia pun merasa perlu untuk kasus ini diketahui banyak orang.

"Yang aku pikirkan hanyalah ibuku, tidak tahu selama 20 tahun, dan pria yang seumuran dengan kakekku ini memanfaatkannya. Dan ketika itu aku tidak tahu ada ratusan orang seperti kita. Dan aku ingin orang di negara bagian Indiana yang pernah pergi (pengobatan) kepadanya sadar dan tahu," ucapnya.

Ternyata tragedi ini bukan hanya menimbulkan masalah kesehatan mental bagi Jacoba tapi juga fisik. Ia mengaku mengalami penyakit yang sulit didiagnosis. Penyakit itu pun dirasakan oleh anak-anak Donald Cline yang lain. "Aku sudah lebih baik sekarang. Tahun lalu sangat parah. Terkadang aku tidak tahu apa aku akan sembuh. Aku benar-benar berpikir aku akan mati," kata Jacoba yang tampil di film 'Our Father'.

(ami/ami)