ADVERTISEMENT

Kisah Nyata Dokter 'Our Father' Diam-diam 'Hamili' Pasien dan Punya 94 Anak

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 18 Mei 2022 08:35 WIB
Our Father Foto: Dok. Netflix
Jakarta -

Terungkapnya malapraktik seorang dokter di klinik kesuburan menjadi kisah horor yang belakangan banyak dibicarakan. Diangkat sebagai film dokumentar di Netflix, kejahatan yang dilakukan pria bernama Donald Cline tersebut bisa dibilang keji dan tidak bisa dibayangkan. Dikatakan jika pria di balik 'Our Father' itu telah 'menghamili' pasien hingga diprediksi punya 94 anak.

Kisah Donald Cline yang diangkat dalam film Our Father berawal ketika salah satu 'anaknya', Jacoba Ballard, merasakan kejanggalan karena tidak mirip dengan anggota keluarganya lain. Ia berambut pirang dan bermata biru sedangkan yang lain berkulit dan bermata lebih gelap. Di 2014, Jacoba akhirnya tes DNA dan menemukan ia punya tujuh saudara lain.

Setelah dilakukan investigasi, ternyata mereka semua dilahirkan setelah ibu mereka menjalani perawatan kesuburan dengan Donald. Yang lebih parah, mereka bisa saja punya puluhan saudara lain karena sang dokter diduga menukar dan menggunakan spermanya sendiri kepada banyak pasien wanita yang sedang kesulitan hamil.

Our FatherOur Father Foto: Dok. Netflix

Pria yang pernah jadi dokter spesialis paling dihormati tersebut dikatakan punya anak biologis antara 50 sampai 90an selama masa prakteknya dari tahun 1979 hingga 1986.

Ketika diperkarakan, Donald Cline sendiri sempat mengelak tuduhan tapi akhirnya mengakui menggunakan spermanya sendiri sebanyak 50 kali. Ia pun dijatuhi hukuman denda tapi tidak penjara karena ketika itu belum ada hukumnya.

"Ini selalu tentangmu. Kamu berbohong. Kamu masih berbohong. Kamu bahkan punya keluarga yang mempercayaimu dan itu membuatku muak," kata Jacoba dilansir Indianapolis Monthly.

Di Mana Donald Cline Our Father Sekarang?

Sempat menjadi berita yang menggegerkan beberapa tahun lalu, kisah ini kembali dibicarakan setelah diangkat dalam film Netflix. Banyak orang ingin mengetahui di mana keberadaannya sekarang. Meski melakukan malapraktik, pria yang kini sudah berusia 80an itu tidak mendapat hukuman berat sehingga masih bisa hidup dengan bebas. Dikatakan jika ia sudah pensiun sejak 2009 dan izinnya sebagai dokter sudah dicabut.

Sosok Donald Cline yang digambarkan dalam film Our Father tentu bukan Donald asli melainkan aktor Keith Boyle. Keberadaan dan lokasi pasti Donald pun hingga kini tidak diketahui secara pasti. "Ini mengerikan tapi yang paling penting adalah Dr. Cline tidak lagi praktek sekarang," kata Laura Iosue yang ketika itu merupakan Wakil Jaksa Agung.

(ami/ami)