ADVERTISEMENT

8 Makanan untuk Diet Ketat Agar Tubuh Cepat Langsing Setelah Lebaran

Arina Yulistara - wolipop Selasa, 03 Mei 2022 07:30 WIB
A bowl with oatmeal next to bananas and eggs on a concrete table. Healthy pancakes ingredients. Makanan untuk diet ketat. Foto: Getty Images/iStockphoto/FoodieMedia

Jakarta -

Berat badan bertambah setelah Lebaran? Yuk coba atur makanan untuk diet ketat agar kembali langsing setelah Lebaran.

Kamu bisa mengatur makanan untuk diet ketat jika ingin kembali langsing setelah Lebaran. Bila belum bisa mengatur per porsinya, pilih makanan untuk diet ketat yang bantu turunkan berat badan.

Ada beberapa makanan untuk diet ketat yang mengandung banyak protein serta serat sehingga bagus dikonsumsi saat ingin cepat langsing. Tidak hanya memilih asupan buat makan besar tapi juga camilan makanan untuk diet ketat.

Bagi kamu yang ingin mengatur makanan untuk diet ketat setelah Lebaran, berikut beberapa pilihan makanan untuk diet ketat yang sehat dan bisa membantu menurunkan berat badan:

1. Makanan kelompok utama

Salah satu pilihan makanan untuk diet ketat bisa melakukan variasi pada makanan kelompok utama. Apa saja makanan yang termasuk ke dalam kelompok makanan utama?

- Buah-buahan dan sayur
- Roti, sereal, dan kentang
- Daging, ikan, dan ayam
- Produk susu seperti susu dan keju.

2. Telur

Telur merupakan pilihan sarapan pagi yang bisa masuk ke dalam menu makanan untuk diet ketat demi membantu mengecilkan lingkar pinggang. Telur kaya protein dan banyak vitamin serta mineral penting, seperti selenium dan riboflavin.

Berkat kandungan proteinnya yang tinggi, telur dapat mengurangi nafsu makan jika dikonsumsi sebagai makanan untuk diet ketat pada pagi hari. Tentu akan memberikan dorongan yang untuk menurunkan berat badan.

Salah satu penelitian pada 30 wanita yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa makan telur saat sarapan secara signifikan meningkatkan perasaan kenyang. Selain itu, juga dapat mengurangi asupan makanan pada siang hari dibanding makan bagel.

Demikian pula, penelitian lain pada 152 orang dewasa menemukan bahwa mengganti sarapan bagel dengan telur menghasilkan penurunan berat badan 65 persen lebih banyak dan lingkar pinggang menyusut 34% lebih besar selama periode delapan minggu.

Kamu bisa mencoba membuat telur pada pagi hari sebagai makanan untuk diet ketat, mulai dari direbus hingga orak-arik. Ada banyak cara berbeda untuk menikmati telur.

Cobalah memasak dua atau tiga telur dengan olahan apa pun, lalu gabungkan dengan sajian sayuran favoritmu. Jadikan telur sebagai sarapan pagi untuk diet yang bergizi dan lezat.

3. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu pilihan sarapan pagi sebagai makanan untuk diet ketat, terutama jika ingin menurunkan berat badan. Oatmeal rendah kalori tapi tinggi serat dan protein, dua nutrisi yang memengaruhi nafsu makan dan pengendalian berat badan.

Kandungan oatmeal yang memiliki beta-glukan dapat menurunkan gula darah dan nafsu makan. Penelitian menunjukkan bahwa beta-glukan dapat menyeimbangkan kadar gula darah, bekerja untuk mencegah lonjakan berat badan, dan gangguan yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Cobalah menggabungkan satu cangkir (235 gram) oatmeal matang dengan satu setengah cangkir (74 gram) buah beri. kamu bisa mencampurnya dengan tambahan almond yang enak dan mengenyangkan.

(eny/eny)