Apakah Kacang Menyebabkan Jerawat? Cari Tahu Jawabannya di Sini

Arina Yulistara - wolipop Rabu, 02 Feb 2022 11:45 WIB
Young beautiful woman surprised to see pimple on skin. Unhappy girl with stunned funny face standing in towel in bathroom, looking in the mirror, pointing to zit Ilustrasi apakah kacang menyebabkan jerawat? Foto: Getty Images/iStockphoto/Sasha_Suzi
Jakarta -

Kacang umumnya dianggap sebagai makanan yang cukup sehat. Namun banyak orang bertanya-tanya, apakah kacang menyebabkan jerawat?

Jerawat menjadi musuh semua orang, terutama wanita. Jika kacang menyebabkan jerawat maka kamu perlu mengurangi mengonsumsinya.

Kebanyakan kacang dikemas dengan protein dan rendah karbohidrat sehingga disarankan menjadi camilan diet saat sore yang ideal serta sehat. Mengutip dari Good Glow, kacang memang sehat namun ada beberapa kekurangannya.

Jadi, apakah kacang menyebabkan jerawat?

Beberapa jenis kacang tinggi asam lemak inflamasi yang bisa menyebabkan masalah pencernaan, usus, hingga peradangan kronis. Sehingga faktanya, makan kacang tertentu atau terlalu banyak kacang menyebabkan jerawat serius bagi sebagian orang.

Banyak kacang menyebabkan jerawat karena peradangan. Kacang menyebabkan jerawat karena mengandung asam lemak omega-6 penyebab peradangan. Selain itu, intoleransi kacang sangat umum dan ini dapat menyebabkan jerawat.

Tanpa peradangan yang berlebihan, infeksi jerawat hanyalah infeksi bakteri rutin yang dapat diatasi oleh tubuh. Namun jika mengalami peradangan kronis maka infeksi jerawat bisa memberikan efek samping lebih buruk.

Kacang menyebabkan jerawat karena peradangan

Beberapa jenis kacang mengandung asam lemak omega-6 bersifat pro-inflamasi, yang berarti kacang menyebabkan jerawat. Banyak kacang yang sarat dengan asam lemak omega-6 membuatnya lebih mungkin memicu jerawat daripada makanan lain.

Hal utama yang perlu diingat mengenai kacang untuk kulit berjerawat adalah lebih sedikit omega-3. Itu karena makanan nabati mengandung ALA omega-3 untuk diubah menjadi DHA dan EPA omega-3 sebelum digunakan oleh tubuh. Namun hanya sebagian kecil dari ALA yang berhasil melewatinya. Yang tersisa akhirnya omega-6 penyebab peradangan.

Jenis kacang menyebabkan jerawat

Kacang menyebabkan jerawat karena mengandung asam fitat dalam jumlah tinggi. Selain kacang menyebabkan jerawat juga bisa melukai usus hingga peradangan kronis.

Meski demikian, beberapa kacang mengandung nutrisi penangkal jerawat, vitamin E, selenium, dan magnesium. Sejumlah kacang tidak menyebabkan jerawat.

Ada beberapa kacang yang tidak menyebabkan jerawat seperti macadamia, almond, hazelnut, dan chestnut. Sementara kacang menyebabkan jerawat terburuk adalah kacang pinus, kenari, dan kacang tanah.

Dilansir dari MD Acne, Dr. Jaggi Rao, MD, FRCPC, mengatakan memang benar ada beberapa kacang menyebabkan jerawat. Jika benar-benar ingin mengonsumsi kacang tanpa khawatir menyebabkan jerawat coba perhatikan cara pengolahannya.

Kamu disarankankan memanggang atau merendam kacang agar tidak menyebabkan jerawat. Prosedur ini akan membantu mengurangi kandungan proteinnya sehingga lebih mudah dicerna tubuh.

Jadi, apakah kacang menyebabkan jerawat padamu?



Simak Video "Solusi Mengatasi Jerawat Membandel Akibat Penggunaan Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)