Banyak Berkeringat Tanda Banyak Pula Kalori Terbakar? Ini Faktanya

Hestianingsih - wolipop Selasa, 21 Des 2021 07:39 WIB
seorang wanita berkeringat saat berolahraga di luar ruangan. Ilustrasi berkeringat. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Berkeringat sering kali dijadikan sebagai indikasi banyaknya kalori yang terbakar. Ada anggapan semakin banyak keringat keluar maka semakin banyak pula kalori yang dikeluarkan.

Faktanya tidak selalu seperti itu. Saat olahraga tubuh memang akan berkeringat dan aktivitas fisik membantu pembakaran kalori. Namun keringat yang mengucur deras bukanlah tanda kalori yang terbakar.

Berdasarkan penjelasan ilmiah, tubuh berkeringat bukan untuk membakar kalori tapi melindunginya dari panas yang berlebihan. "Berkeringat adalah cara tubuh mendinginkan diri saat olahraga atau dalam kondisi panas lainnya," ujar Thad E. Wilson, PhD, profesor dari departemen fisiologi di University of Kentucky College of Medicine, seperti dikutip dari Health.

Thad juga menjelaskan bahwa olahraga sebenarnya tidak menstimulasi keringat. Melainkan memicu kenaikan temperatur secara internal, dan memberitahu tubuh bahwa sudah saatnya berkeringat untuk mendinginkan diri.

Semakin banyak keringat bukan berarti lebih banyak kalori terbuang

Pada dasarnya dengan hanya berkeringat tidak memengaruhi jumlah pembakaran kalori. Memang benar tubuh membutuhkan energi untuk mengirimkan ion-ion yang memungkinkan air untuk mengalir menuju kelenjar untuk mendapatkan sekresi menjadi keringat, namun itu tidak banyak. Dengan kata lain, energi atau kalori dibutuhkan dalam proses keluarnya keringat, tapi tidak cukup banyak untuk membuat perubahan yang signifikan dalam pembakaran kalori untuk menurunkan berat badan maupun pembentukan tubuh.

"Berkeringat hanyalah sebuah indikasi bahwa tubuh telah kehilangan cairan, bukan lemak," ujar spesialis olahraga Gabbi Berkow.

Hal yang terpenting dalam pembakaran kalori adalah jenis aktivitas fisik itu sendiri. Secara umum setiap bentuk olahraga pasti membakar kalori. Semakin intens menggunakan kelompok otot besar saat olahraga, maka semakin banyak pula kalori yang terbakar, yang menyebabkan tubuh makin panas, sehingga keluarlah keringat.

Jadi jangan khawatir ketika kamu sudah berolahraga tapi tidak mengeluarkan banyak keringat seperti orang lain. Sebab setiap individu mempunya sistem tubuh dan jumlah kelenjar keringat yang berbeda-beda.



Simak Video "4 Bulan Menikah, Foto Pernikahan Barbie Hsu dan DJ Koo Akhirnya Dirilis"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)