Nenek Tertua di Dunia Masih Hidup di Usia 118 Bagikan Resep Panjang Umur

Tim Wolipop - wolipop Selasa, 02 Nov 2021 15:19 WIB
Kane Tanaka Foto: dok. AP
Jakarta -

Kane Tanaka adalah orang tertua di dunia yang masih hidup di usia 118 tahun. Nenek asal Jepang itu pernah mengalami dua kali kanker dalam hidupnya. Dalam kondisi medis yang mengkhawatirkan, Kane malah bisa hidup lebih panjang.

Kane Tanaka lahir di Jepang pada tahun 1901. Dia lahir secara prematur, bahkan lebih dari sebulan ia belum bisa minum susu karena ususnya belum sempurna. Siapa sangka, di masa depan Kane hidup kuat, bahkan mampu memecahkan rekor Guinness World Record sebagai orang yang hidup paling lama di dunia.

Di usia 45, Kane Tanaka didiagnosa kanker pankreas. Untungnya sudah sembuh total dan tidak kambuh lagi. Dia kemudian didiagnosa kanker kolorektal di usia 103 tahun. Karena faktor usia, dokter tidak menyarankan operasi. Namun Kane bersikeras untuk melakukan operasi. Tanpa diduga, keajaiban terjadi. Operasi kanker keduanya itu berhasil menyingkirkan kankernya.

Kane mendapatkan rekor dunia sebagai orang tertua di dunia pada 2019 saat usianya 116 tahun. Apa rahasianya panjang umur?

"Makan enak dan belajar," ungkapnya kepada koran The Mainichi.

Kane Tanaka Masih Rajin Belajar

Kane Tanaka punya kebiasaan baik setiap harinya. Kane bangun pukul 6 pagi, dan belajar matematika di siang hari. Kane yang kini tinggal di panti jompo itu juga sering bermain board game untuk melatih otaknya.

Kane Tanaka Makan Coklat

Nenek tertua itu juga rajin makan coklat. Coklat adalah makanan favoritnya yang sulit untuk dihindarinya. Coklat memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan, seperti antioksidan, dan beragam jenis mineral. Telah diteliti coklat bisa menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Kane Tanaka Diet Sehat

Selanjutnya, diet sehat merupakan faktor penting dalam membantu Kane Tanaka panjang umur. Kane Tanaka suka makan biji-bijian olahan, dia jarang makan biji-bijian mentah. Karena menurutnya dalam proses menanam, biji-bijian disemprot dengan pestisida, sehingga racun akan terkonsentrasi di lapisan terluar.

Kane Tanaka Hidup Bahagia

Hal yang tak kalah penting dari kondisi Kane Tanaka yang masih bugar di usia senja yakni dia selalu optimis dan bahagia. Kane Tanaka selalu menjaga mentalitas optimis, bahkan ketika dia menderita kanker. Dia pun masih sering pergi jalan-jalan untuk bertemu teman-teman untuk mengobrol.



Simak Video "Minta Maaf, Olvah Alhamid Ngaku Juga Sering Dapat Perlakuan Rasis"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)